Semua Orang Itu Tidak Punya Kekurangan

Kamu tidak salah baca kok. Bener banget, ini aneh kan? aneh karena kita hanya mempercayai satu definisi aja. Definisi yang katanya membuat kita lebih semangat itu, loooo. Iya yang ini.

Semua orang punya kelebihan dan kekurangan

Kapan kita mendengarnya?

  • Saat kita lagi terpuruk
  • Saat sedang berhasil menguasai hal tertentu

Apakah definisi ini akan aku bilang “salah” ? tentu tidak ya hehehehe. Ini soal bagaimana kita memandang aja. Definisi itu baik bertujuan agar kita tetap rendah diri dan tetap semangat. NAMUN, sering kali maksudnya dipelesetkan pada hal yang kurang baik.

Yaudah, mungkin ini kekurangan ku, gak masalah kali ya

“Excuse”. Alasan ini akan timbul dari salahnya mengartikannya suatu definisi. Adanya definisi yang sudah bias di masyarakat, sering kali membuat kita untuk meng”iya”kan mentah-mentah maksudnya. Yang terjadi adalah, orang akan mewajarkan kekurangan jika itu muncul. Tapi, kita harus tetap sadari, bahwa waktu untuk kemunculan itu tidak bisa kendalikan sepenuhnya. Ada kalanya, kita akan merasa kekurangan kita muncul pada waktu yang tidak tepat, dan bisa jadi merugikan kita. Apakah tetap mewajarkannya?

Aku fokus disini aja selamanya, ini jalan ninjaku

Sebenarnya gak gini juga bahasanya, tapi dari segi maksudnya itu, sering kali orang menggunakannya. Mereka merasa bahwa hanya kelebihan mereka yang bisa menjadi senjata buat mereka. Tapi, kita lupa. Bahwa kelebihan kita juga tidak bisa sering digunakan pada segala kondisi yang ada. Jika kelebihanmu adalah mengetik dengan cepat, apakah setiap hari kebutuhanmu hanya mengetik saja? mungkin saja ada yang meng”iya”kan. Tapi bagaimana skill komunikasi, public speaking, dll? apakah ditinggalkan?

Kalau memberi definisi yang kurang tepat, hasilnya pun akan kurang tepat juga

Aku lebih senang menyebutnya, “Kelebihanku adalah standar diriku dan aku akan tingkatkan kelebihanku dengan mempelajari kekuranganku” sehingga apa? aku akan juga mengembangkan kekuranganku sampai standar ku terus meningkat. Dengan menggunakan definisi ini, aku menjadi sosok yang lebih dari pada umumnya.

Setiap orang ingin menjadi orang sukses, tapi mereka tidak meningkatkan standar dari hidup mereka. Mereka hanya terpaku pada “semua orang punya kelebihan dan kekurangan” yang mengartikannya dengan kurang tepat. Betul sekali, semua orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi boleh gak, kelebihannya 90% dan kekuranggannya 10%? BOLEH BANGET

Jadi dari aku pribadi, aku akan jauh lebih semangat lagi jika aku menyadari bahwa persentase dari kekurangan ku, aku bisa kurangi dan meningkatkan kelebihan ku. Generasi milenial sejatinya tidak memiliki batas dalam mengeksplor diri. Jadi gunakanlah masa muda ini untuk hal yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *