Keunikan Gili Trawangan

Hallo YOTers!
Kali ini aku mau ngebahas tentang keunikan di pulau Nusa Tenggara Barat tepatnya berada di Gili Trawangan.

Apa sih Gili Trawangan itu YOTers?
Gili Trawangan adalah pulau yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Gili Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa.

YOTers tau ngga, apa keunikan dari Gili Trawangan?
Keunikan dari Gili Trawangan adalah tidak adanya kendaraan bermotar yang melintas disana. Tidak adanya motor di Gili Trawangan ternyata bukan isapan jempol belaka. Terdapat banyak alasan mengapa tidak adanya motor di Pulau nan Indah ini.

Awal mula tidak adanya motor di kawasan ini yaitu karena alasan ekonomi penduduk setempat yang umumnya kurang mampu. Dan terdapat pula aturan tak tertulis secara adat atau yang disebut awig-awig yang memang melarang kendaraan bermotor melintas di Gili Trawangan. Tetapi setelah ramainya turis yang berdatangan ke salah satu wisata populer di NTB ini, peraturan itu pun mejadi peraturan desa yang dibuat demi membuat suasana baru dan nyaman bagi para turis.

Ukuran Gili Trawangan pun tidak terlalu luas. Hanya butuh waktu 1 jam untuk mengelilingi Pulau Gili jika seandainya memakai kendaraan bermotor. Kandungan garam udara di tiga Gili pun cukup tinggi yang bisa menyebabkan kendaraan bermotor cepat rusak.

YOTers pasti bingung, kalau kita mau menggelilingi Gili Trawangan itu pakai apa?
Sedangkan disana tidak ada kendaraan bermotor

Yoters ngga usah kawatir, karena disana disediakan sepeda untuk disewakan bagi para pengunjung yang datang kesana. Jasa yang menyediakan sewa sepeda di Gili Trawangan sangat banyak dengan biaya sewa sepeda sebesar Rp 50.000-100.000/hari. Naik sepeda mengelilingi pulau Gili Trawangan sangat menyenangkan sekali. YOTers bisa bersepeda meyisiri pantai dan mengelilingi pulau Gili Trawangan sambil berhenti di spot-spot indah untuk mengabadikan momen liburan YOTers di Gili Trawangan Lombok dengan berfoto-foto bersama keluarga atau pasangna YOTers. Selain sepeda , ada alternatif lain yang bisa dicoba untuk menikmati transportasi di Gili Trawangan yaitu dengan naik andong atau cidomo. Biaya naik Andong atau cidomo untuk berkeliling pulau Gili Trawangan yaitu sebesar 250.000-300.000.

YOTers tau ngga, kalau di negara lain juga ada yang seperti di Gili Trawangan?
Bukan cuma di Gili Trawangan, di negara lain juga ada yang melakukan peraturan tentang tidak adanya kendaraan bermotor.

Kira kira Negara apa aja ya YOTers?
YOTers tau ngga?

Kalau YOTers ngga tau, aku kasih tau ya YOTers. Berikut ini negara tanpa kendaraan bermotor:
1. Venesia Italia
Terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil di utara Italia, kota Venesia tidak mempunyai jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan bermotor. Satu-satunya transportasi yang dapat digunakan di daerah ini adalah perahu lintas kanal. Tetapi hal ini bukannya menjadi penghalang untuk berwisata. Malah dengan keunikannya, Venesia menjadi destinasi favorit para turis dari seluruh dunia. Bangunan-bangunan berwarna dengan arsitektur Venetian Gothic yang dapat ditemukan diseluruh wilayah kota ini.

2. Zermatt, Swiss
Terletak jauh di lembah pegunungan Alpen, kota Zermatt tidak bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor. Satu-satunya yang dapat mengantarkan wisatawan menuju kota ini adalah kereta yang terdapat di Täsch, kota kecil yang berjarak 5 km dari Zermatt. Sesampainya di kota ini terdapat beberapa pilihan transportasi yang dapat menunjang perjalanan wisatawan, seperti kereta kuda, eTaxi, sepeda, dan eBus.

3. Kota Tua Dubrovnik, Kroasia
Kota Tua Dubrovnik merupakan salah satu situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Wisatawan mungkin dapat menemukan berbagai kendaraan bermotor di kota Dubrovnik, namun tidak di dalam situs ini. Memamerkan pemandangan yang luar biasa, wisatawan dapat menikmati bangunan-bangunan peninggalan abad pertengahan yang megah. Arsitektur gereja yang menggabungkan gaya renaissance, gothic, dan baroque menjadi ikon terkenal dari kota ini.

4. Ghent, Belgia
Pada tahun 1996 pemerintah Belgia menerapkan peraturan larangan berkendara di pusat kota Ghent. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mengurangi polusi yang ada pada saat itu. Upaya itu terbukti berhasil, karena sekarang polusi yang terjadi sudah banyak berkurang dan membuat kota Ghent menjadi lebih nyaman untuk wisatawan.

5. Fes el Bali, Maroko
Salah satu situs warisan dunia UNESCO dan juga rumah bagi universitas tertua di dunia, Fes el Bali, merupakan salah satu kota bebas kendaraan bermotor terluas di dunia. Jalanan-jalanan yang sempit membuat daerah ini tidak mungkin dilewati oleh mobil. Oleh sebab itu masyarakat lebih memilih berjalan kaki, menggunakan gerobak, atau menaiki keledai.

Apa sih YOTers keunikan lain dari Gili Trawangan, selain pulau bebas polusi?

Keunikan lain dari Gili Trawangan, selain tidak adanya kendaraan bermotor, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sejarah Gili Trawangan
Tahukah YOTers, bahwa dulunya pulau ini tak seindah sekarang. Sebagai wilayah kerajaan Sumbawa, lokasi ini dulunya adalah penjara bagi para pemberontak Suku Sasak. Hal ini dilakukan oleh raja yang berkuasa saat itu karena penjara di kota sudah sangat penuh. Baru setelah itu tempat ini menjadi persinggahan orang-orang Bugis yang hendak pergi ke Jawa melalui Bali. Dan sampai saat ini, di obyek wisata ini hidup berdampingan masyarakat yang berasal dari suku Sasak, Bali, dan Bugis.

2. Spot Sunrise dan Sunset
Di Pantai yang terdapat di gugusan ini, YOTers akan bisa menikmati sunrise di pagi hari dan juga sunset di sore hari. Dengan hanya sedikit mengubah posisi YOTers saja. Menyenangkan bukan? Menyambut hari dan menyambut petang di tempat yang sama tanpa harus berpindah jauh-jauh.

3. Olahraga Air Lengkap
Seperti halnya wisata di pulau lain, di pulau kecil ini juga tersedia fasilitas olahraga air seperti snorkeling, diving, selancar dan juga bermain kayak. Hal terakhir inilah yang tidak ada di tempat lain. Bermain kayak disini dijamin aman karena ombak pantainya yang tenang.

Scuba Diving juga bisa dilakukan disini. Di lokasi ini fasilitas scuba diving sudah memiliki sertifikat PADI (Professional Association of Diving International). Sehingga tak perlu khawatir lagi untuk diving disini terutama jika YOTers adalah seorang pemula.

4. Harga Makanan dan Minuman 3 Kali Lipat Harga Normal
Meski bagian dari wilayah Lombok dan Indonesia, transaksi ekonomi di pulau ini memang sedikit berbeda. Keberadaannya yang ramai dengan kedatangan para turis membuat level perekonomian yang terjadi meningkat.

Banyak turis yang membawa uang dari negara mereka sedangkan nilai tukarnya terlalu tinggi dibandingkan nilai tukar rupiah. Untuk menyesuaikan, para pedagang di sini mematok harga yang secara rupiah bisa menjadi 3 kali lipat harga normal yang secara mata uang asing masih dianggap normal.

Nah dari penjelasan tersebut, YOTers sudah bisa tebak kan, apa alasan tidak adanya kendaraan bermotor di Gili Trawangan?
Negara mana saja yang memiliki peraturan sama seperti Gili Trawangan?
Dan apa saja keinikan lain dari Gili Trawangan?
Yuk YOTers jawab di kolom komentar ya!

Sekian penjelasan mengenai Keunikan Gili Trawangan. Semoga bermanfaat dan dapat menjawab rasa penasaran YOTers sekalian tentang Keunikan Gili Trawangan.
See You YOTers! ~(Yesy Noviantari)

 

Sumber:
https:www/cnnindonesia.com
https:www/firstlomboktour.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *