5 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu Kepribadian Introvert

pekerjaan untuk introvert

YOTers pasti sudah tahu dong bahwa manusia memiliki tipe kepribadian yang beragam. Dari banyaknya kepribadian, introvert dan ekstrovert menjadi dua kepribadian yang paling banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat.

Berbeda dengan ekstrovert yang cenderung lebih menyukai berinteraksi dengan orang lain, orang dengan kepribadian introvert justru lebih berfokus pada diri sendiri dan lebih suka menyendiri.

Melihat kenyataan tersebut, pasti YOTers bertanya-tanya “Kira-kira pekerjaan apa ya yang cocok untuk seorang introvert?” mengingat rata-rata pekerjaan kebanyakan dilakukan secara bersama atau dengan tim.

Kendati demikian, kamu gak perlu khawatir karena di artikel kali ini kita akan kupas tuntas jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu seorang introvert. Berikut daftarnya.

1. Penulis atau Editor

Kamu suka menulis dan memiliki keahlian di bidang kepenulisan atau lihai dalam mengedit tulisan? Selamat! Pekerjaan ini ternyata cocok banget loh untuk kamu yang berkepribadian introvert. Meski penulis dan editor termasuk jenis pekerjaan dunia kreatif.

Namun, untuk menyelesaikan tugas, kamu ga melulu membutuhkan komunikasi dengan tim. Sebab, seorang penulis umumnya bekerja mandiri dan hanya memerlukan sumber bacaan atau topik untuk memaksimalkan kreativitas dan keahliannya dalam menulis. Begitu pun dengan editor.

2. Penerjemah

Meski kecanggihan teknologi penerjemah kian mumpuni, namun sampai saat ini masih banyak loh orang yang membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan dokumen atau tulisannya dari satu bahasa ke bahasa lain.

Melihat tanggung jawab penerjemah yang bertugas mengonversi tulisan ke suatu bahasa, tentunya kita bisa menilai bahwa pekerjaan ini bisa dikerjakan sendiri dan cocok banget untuk kamu yang berkepribadian introvert.

3. Pustakawan

Bagi kepribadian introvert yang juga memiliki hobi membaca buku, berkarier sebagai pustakawan mungkin menjadi salah satu impian. Bekerja sebagai pustakawan memang terkadang akan terlibat dengan banyak orang karena kamu tidak hanya bertugas menyimpan dan menyortir buku, melainkan juga membantu pengunjung perpustakaan dalam mencari buku yang dibutuhkannya.

Meski begitu, interaksi seorang pustakawan dengan orang lain tidak sebanyak profesi lain seperti halnya sales atau customer service.

4. Web Developer

Kamu yang introvert dan memiliki minat berkarir di bidang teknologi, pekerjaan web developer bisa menjadi pilihan, nih! Sebab umumnya, seorang web developer lebih mengandalkan komputer dan jaringan internet untuk menyelesaikan tugasnya.

Namun, bukan berarti web developer hanya bisa bekerja secara mandiri saja. Terkadang, web developer juga membutuhkan interaksi dengan orang lain khususnya client yang menggunakan jasanya untuk mengembangkan website.

5. Fotografer

Jenis pekerjaan yang cocok untuk orang berkepribadian introvert selanjutnya yaitu menjadi fotografer. Kepribadian introvert memang cenderung lebih sulit untuk mengekspresikan dirinya. Walaupun begitu, soal keahlian dan kreativitas, introvert tidak kalah dengan kepribadian lainnya.

Seorang introvert pun juga bisa mengekspresikan jiwa seni maupun pikirannya ke dalam sebuah karya. Bagi kamu yang suka hunting foto namun tidak suka berinteraksi dengan banyak orang, menjadi seorang fotografer mungkin menjadi hal yang menyenangkan dan patut dicoba.

Nah, itu dia YOTers jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu dengan kepribadian introvert. Meski berkepribadian introvert, bukan berarti kamu tidak bisa mengembangkan karier. Mengenai kesuksesan berkarir, introvert maupun ekstrovert punya kesempatan yang sama loh.

Apapun jenis kepribadianmu, kamu juga perlu menambah relasi dengan cara bergabung bersama komunitas agar wawasan, karir, maupun bisnismu nantinya bisa semakin berkembang.

Salah satu event komunitas yang bisa kamu ikuti, yaitu Connext Community Festival 2021. Di event komunitas ini kamu bakal dapetin banyak inspirasi dari para founder komunitas di berbagai bidang. Mulai dari komunitas beautysport, tech, lifestyle, lingkungan, art, pendidikan, kesehatan, sosial dan wirausaha.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan CCF dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

Dapatkan juga konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak bacaan inspiratif untuk kamu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *