Tips Sukses Bangun Bisnis Bareng Teman

tips sukses bangun bisnis bareng teman

Sebagian dari YOTers pasti pernah berpikir untuk memulai bisnis di usia muda. Namun membangun bisnis memang terbilang gampang-gampang susah, ya? Terlebih bagi kita yang belum memiliki pengalaman sama sekali.

Bagi yang baru ingin terjun di dunia bisnis memang terasa berat apabila mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari membangun brand, mengatur modal, hingga masalah operasional lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya tak sedikit orang yang mengajak teman untuk ikut andil membangun bisnis bersama.

Meski terlihat menyenangkan, namun kenyataannya bangun bisnis bareng teman bukan lah perkara yang mudah loh YOTers. Nah, sebelum memulai bisnis bersama, kamu wajib ikuti nih tips sukses bangun bisnis bareng teman berikut ini!

1. Pilih Teman dengan Visi dan Misi yang Sama

Apabila ingin sukses membangun bisnis, pastikan bahwa kamu dan temanmu memiliki sebuah visi dan misi. Meski terkesan sepele, namun visi dan misi inilah yang nantinya akan membuat bisnis kamu menjadi lebih terarah.Untuk menentukan sebuah visi dan misi, diperlukan komunikasi antara dua pihak.

Saat membangun bisnis bersama teman, pastikan kamu juga telah mengetahui seluk beluk kehidupannya, seperti karakter atau kepribadiannya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya miskomunikasi.

2. Rencanakan dan Buat Perjanjian Kerja Secara Jelas

Agar bisnis kamu dapat berjalan dengan maksimal, pastikan bahwa bidang tersebut sesuai dengan keahlian kamu atau temanmu. Hal ini juga sebagai langkah untuk meminimalisir kegagalan dalam membangun usaha. Sebab, tak sedikit pelaku usaha yang gagal di tengah jalan karena kurangnya keahlian dalam bidang usaha yang mereka rintis.

Setelah menentukan bidang usaha, kamu bisa langsung membuat perjanjian secara jelas, baik perihal keuntungan, tugas masing-masing, maupun komitmen dalam menjalankan usaha.

3. Transparan dan Saling Percaya

Tips dan kunci sukses bangun bisnis bareng teman salah satunya yaitu transparansi dalam segala hal khususnya perihal bisnis. Selain itu, kedua pihak juga perlu menumbuhkan rasa saling percaya.

Apabila kedua hal tersebut belum terpenuhi, kemungkinan kegagalan bisnis akan menimpa kamu dan temanmu. Sebab, krisis kepercayaan menjadi salah satu kegagalan dalam berbisnis yang paling sering terjadi.

4. Tentukan Target Usaha

Tips bangun bisnis bareng teman selanjutnya yaitu menentukan target usaha. Setiap pengusaha sukses tentunya memiliki target usaha yang telah dibuat sedemikian rupa. Nah, apabila ingin bisnis yang kamu bangun bersama teman dapat sukses dan berkembang, kamu juga patut menentukan target usaha, termasuk perihal strategi penjualan.

5. Bedakan Masalah Bisnis dan Urusan Pribadi

Satu hal yang perlu YOTers ingat bahwa urusan pertemanan dengan urusan bisnis merupakan dua masalah yang tidak seharusnya disamakan.

Artinya, apabila kamu memiliki masalah pribadi dengan rekan kerjamu, maka selesaikan lah urusan tersebut di luar masalah bisnis dan jangan sesekali mencampuri kedua masalah tersebut. Sebab jika tidak, usahamu dengan teman kemungkinan akan terhambat di tengah jalan.

Nah, kelima tips sukses bangun bisnis bareng teman ini bisa kamu terapkan nih YOTers. Jangan sampai masalah pertemanan berdampak dengan urusan bisnis, ya!

Setiap orang berhak sukses, begitu pun dengan kamu yang ingin menjadi wirausahawan. Kamu bisa belajar dari para ahli yang sudah berpengalaman. Selain menerapkan kelima tips sukses bareng teman seperti yang telah disebutkan, kamu juga perlu menambah relasi agar bisnismu nantinya bisa semakin berkembang.

Salah satu event komunitas yang bisa kamu ikuti, yaitu Connext Community Festival 2021. Di event komunitas ini kamu bakal dapetin banyak inspirasi dari para founder komunitas.

Selain itu, kamu juga bisa menjalin networking dengan ratusan komunitas di berbagai bidang. Mulai dari komunitas beautysport, tech, lifestyle, lingkungan, art, pendidikan, kesehatan, sosial dan wirausaha.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan CCF dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

Untuk mendapatkan inspirasi dari berbagai narasumber hebat, kamu bisa mengunjungi channel Young On Top. Atau tonton video di bawah ini dan dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir dan bisnis.

Lebih banyak artikel entrepreneur untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *