Ingin Menunda Kuliah? 5 Kegiatan Produktif Ini Bisa Kamu Lakukan Selama Gap Year

kegiatan produktif selama gap year

Setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri mengapa Ia memutuskan untuk gap year atau menunda kuliah selama beberapa waktu. Begitu pun dengan YOTers.

Sayangnya, tak sedikit orang yang memandang sebelah mata dan berasumsi bahwa gap year hanya membuang-buang waktu saja. Padahal, gap year juga memiliki sisi positif karena kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan melakukan kegiatan produktif.

Bagi YOTers yang ingin menunda kuliah tak perlu berkecil hati. Kamu bisa lakukan sejumlah kegiatan produktif ini selama gap year.

1. Belajar untuk Persiapan Kuliah Tahun Selanjutnya

Apabila niat kamu gap year karena ingin masuk kampus favorit, belajar menjadi langkah yang tepat untuk mengisi waktu luang selama menunggu pembukaan pendaftaran kampus pilihanmu. 

Kamu bisa memulai dengan mengerjakan latihan soal masuk perguruan tinggi dan menghafal materi yang kiranya penting atau sesuai dengan jurusan yang akan kamu pilih. 

Jika memang kesulitan dalam mengatur waktu belajar mandiri, gak ada salahnya loh coba untuk mengikuti les agar waktu belajar menjadi maksimal.

2. Ikut Volunteer

Selain belajar, kamu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan yang positif seperti halnya bergabung untuk menjadi volunteer di suatu organisasi tertentu. 

Kegiatan ini tak hanya mampu mengembangkan skill kamu tapi juga bisa menumbuhkan jiwa sosial, memperluas relasi, dan menambah wawasanmu.

3. Mengikuti Pelatihan

Ada banyak kegiatan positif yang bisa kamu ikuti selama mengisi waktu gap year. Salah satunya dengan mengikuti berbagai pelatihan, khususnya di bidang yang kamu minati. Selain itu, dengan mengikuti berbagai pelatihan, kamu jadi bisa tau apa sebenarnya passion-mu.

Menariknya lagi, kini sudah banyak organisasi yang membuka kesempatan pelatihan secara gratis. Jadi, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, kamu sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan.

4. Coba Magang atau Freelance

Sambil menunggu waktu pembukaan pendaftaran kuliah, kamu bisa mengembangkan diri dengan mencoba magang atau sebagai pekerja lepas (freelance).

Namun biasanya beberapa perusahaan memberikan kontrak untuk kegiatan magang sehingga kamu harus menyelesaikan masa magang sampai batas waktu kontrak yang telah ditentukan.

Jika kamu lebih suka menyukai kerja tidak terikat kontrak, freelance bisa menjadi pilihan tepat.

5. Menekuni Hobi

Daripada hanya bermalas-malasan di rumah, kamu bisa mengisi waktu gap year dengan kegiatan produktif, misalnya dengan menekuni hobimu selama ini. 

Meski terkesan sepele, namun kegiatan ini bisa jadi salah satu jawaban kamu dalam menemukan passion. Bahkan, tak sedikit loh orang sukses yang berawal dari menekuni hobinya.

Gimana YOTers? Sudah tahu doang apa saja yang mau dilakukan selama gap year? Selain kegiatan di atas, kamu juga bisa loh gabung bersama komunitas.

Salah satu event komunitas yang bisa kamu ikuti, yaitu Connext Community Festival 2021. Di event komunitas ini kamu bakal dapetin banyak inspirasi dari para founder komunitas.

Selain itu, kamu juga bisa menjalin networking dengan ratusan komunitas di berbagai bidang. Mulai dari komunitas beautysport, tech, lifestyle, lingkungan, art, pendidikan, kesehatan, sosial dan wirausaha.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan CCF dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karir dan dunia kuliah untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *