Versi Guru Idaman Siswa Masa Kini

Apa yang kalian bayangkan ketika seorang guru mengajar?
Sungkan, takut menjawab pertanyaan, selalu membosankan ketika mengajar dan masih banyak jawaban yang lain. Belakangan ini pergeseran platfom belajar yang beralih ke internet membuat siswa kurang berinteraksi dengan guru.

Lantas versi guru idaman siswa sebenarnya seperti apa sih apakah hanya dipandang guru yang baik saja, yuk simak beberapa sifat yang menjadikan pengalaman diriku sebelumnya saat mengajar.

Guru yang sabar menghadapi siswa
Sabar yang dimaksud adalah dapat mengerjakan apa yang menjadi tututan menjadi seorang guru.  Menjadi guru yang dicintai siswa adalah yang sabar menghadapi siswanya pada segala kemungkinan buruk yang terjadi dalam proses belajar mengajar.

Guru yang peduli terkait kondisi pada siswanya
Guru yang peduli akan menjadi partner siswa dalam membantu menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran. Guru yang pintar memang mahal tapi guru yang peduli jauh lebih mahal lagi. Jaman sekarang istilahnya dibutuhkan guru yang peka.

“Setiap guru yang baik tahu betapa pentingnya berhubungan dengan siswa dan memahami budaya kita.” – Adora Svitak

Guru yang berprinsip dan bisa menjadi diri sendiri
Setiap guru pasti memiliki metode mengajar yang berbeda. Ketika guru bisa menjadi diri sendiri adalah guru yang paham akan mengenali potensi dirinya. Sehingga saat merasakan ada yang kurang dalam mengajar, ia akan bisa memperbaiki dengan caranya sendiri.

Guru yang friendly
Guru yang friendly membuat siswa nyaman merupakan hal yang paling susah. Maka dari itu menjadi guru yang friendly adalah solusinya, tidak hanya menjadi teman yang baik guru juga menjadi sahabat yang baik untuk siswanya. Dengan siswa yang merasa nyaman, apapun yang guru berikan akan terasa selalu menyenangkan bagi siswanya. Dimanapun berada dan pelajaran yang disampaikan kepada siswa dapat dicerna dengan baik. Bisa dibayangkan jika guru cemberut, jutek, marah, pasti muridnya tidak akan bersemangat.

“Salah satu wujud keagungannya sebagai guru sejati adalah: beliau tak pernah memosisikan orang-orang yang mengikuti ajaran yang dibawanya sebagai murid, tapi sebagai sahabat”. -Anis Sholeh B.

Suatu kebanggaan bisa diberikan kesempatan mengajar dan menjadi guru yang sebenarnya, bertemu perangkat pembelajaran, soal tugas, soal ulangan harian, guru lainnya, dan juga siswa yang beragam.  Terimakasih atas kesempatan dalam pengalaman mengajar di salah satu sekolah favorit di Jember yaitu SMAN 2 JEMBER, tidak hanya itu bisa menjadi sahabat yang baik untuk siswaku XI MIPA 4 adalah semangat untuk diriku.

“Kalian adalah pemenang disetiap apa yang kalian perjuangkan”

Bagaimana Yoters, apakah kalian mau menjadi seorang guru idaman siswa atau guru yang biasa saja?
Yuk sharing pengalaman kalian disini, karena jauh lebih asik daripada hanya membayangkan. Karena guru terbaik adalah pengalaman.

@dwinoviita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *