Ketinggalan Acara Puan Bisa Festival? Yuk Simak Keseruannya!

Puan Bisa Festival

Puan Bisa merupakan organisasi non-profit yang bergerak dalam mengembangkan kemampuan perempuan muda Indonesia dan cinta terhadap dirinya. Dalam rangka merayakan ulang tahun, komunitas yang berdiri 1 Oktober 2020 ini pun mengadakan festival bertajuk Let’s Build Our Future

Dengan mengusung 3 pilar utama yaitu self-improvement, karier, dan mental health, Puan Bisa sudah berhasil menyebarkan pesan serta ilmu selama dua hari kepada peserta yang hadir.

Puan Bisa Festival merupakan program yang diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahun Puan Bisa. Di festival kali ini, Puan Bisa menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif dalam setiap rangkaian acaranya yang juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat perempuan muda sekaligus menjadi media hiburan.

Festival ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias yang baik dari para peserta, mau tau kilas balik keseruan acara Puan Bisa Festival:  Let’s Build Our Future? Yuk simak di bawah ini!

DAY ONE – 9 Oktober 2021

Beauty Class: Fresh Makeup for Doing Intern

 

Puan Bisa Festival

Hari pertama acara Puan Bisa Fest ini dibuka dengan acara Wardah Beauty Class. Dalam acara ini, para peserta diberikan tutorial langsung oleh Make Up Artist Kak Ayi Sumarni.

Dalam virtual make up class ini, Kak Ayi memberikan tips tampilan make up untuk kamu fresh graduate yang ingin tampil wawancara tidak berlebihan namun elegan yaitu dengan complexion (base) menggunakan foundation, cushion, compact powder atau loose powder, ditambah dengan menambahkan blush on.

Kemudian Kak Ayi juga memberikan tips untuk tampilan pada mata untuk teknik gradasi, dengan memberikan warna muda lalu dilanjutkan dengan warna yang lebih tua, Puan. Tak sampai disitu, peserta juga diberikan tips untuk mengaplikasi lipstik ombre. Pertama-pertama kamu dapat memilih lipstik berwarna coral ataupun pink nude kemudian pilih lipstik berwarna gelap untuk diaplikasi di bagian dalam bibir dengan cara tap-tap perlahan supaya warna tidak menyatu. Gimana, tertarik mencoba make-up look ini? Selamat berkreasi!

Career: How to Build Career for Students and Fresh Graduates

Siapa sih yang gak bingung sama karier? Apalagi kalau sudah memasuki umur 20 tahun ya. Dalam acara Puan Bisa Festival sesi karier ini, Kak Dinar Syarita sebagai narasumber membawakan topik “Bagaimana sih cara membuat plan karier dan idealnya kapan?”

Kak Dinar Syarita mengatakan tidak ada waktu ideal untuk membuat plan karier, jawabannya adalah “Better Late Than Never” buatlah coret-coretan kecil terlebih dahulu tentang hal-hal yang kamu lakukan dan jangan khawatir bila kamu belum mempunyai plan karier, teruslah cari hal yang kamu sukai dan ingin digeluti untuk masa depanmu. Karena tidak ada passion yang sia-sia bila kamu mendalaminya.

DAY TWO – 10 Oktober 2021

Puan Bisa Festival

Mental Health: Know Yourself Deeper to Optimize Your Potential

Pernahkah kamu merasakan kehilangan diri sendiri atau bingung dengan apa yang kamu inginkan? Rasanya dalam sesi ini, keresahan yang kamu alami akan terjawab. Sesi mental health yang dibawakan oleh Kak Gina Sinaga sebagai pembicara ini menyadarkan kita agar tidak kehilangan diri sendiri ketika kita terlalu fokus mengejar karir dan kuliah.

Kak Gina memberikan tips yang bisa kamu terapkan seperti melakukan meditasi, journaling dengan menulis kilas balik kehidupan yang sudah kamu jalani, me time serta melakukan afirmasi untuk diri sendiri. Tak hanya itu Kak Gina juga menyampaikan jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain karena setiap orang mempunyai pencapaiannya masing-masing termasuk kamu!

Self Development: Leading Ourselves Toward Gradual Process of Self-Development

Membangun serta menerapkan growth mindset dalam hidup dapat membantumu menghargai apa itu proses loh. Tapi gimana sih cara membangun growth mindset? Dengan berada di lingkungan yang tepat seperti mempunyai keluarga dan teman yang mendukungmu, merupakan langkah awal tumbuhnya growth mindset.

Dalam sesi Self Development ini juga Kak Maya Andzela sebagai narasumber ini seakan membuka pikiran para peserta bahwa setiap hal atau kegiatan yang kita lakukan selama ini merupakan proses hingga kamu mencapai hasilnya nantinya. Dengan kamu menghargai setiap proses tersebut, kamu sudah berada dalam growth mindset!

Environment: Let’s Protect Our Forest for Our Future

Kamu tahu gak sih seberapa penting hutan itu untuk kehidupan? Dalam sesi lingkungan ini Kak Dini Setyorini sebagai narasumber dari Hutan Itu Indonesia (HII) mengatakan bahwa menjaga hutan sangat penting bagi siapapun yang tinggal di bumi ini karena semua aspek kehidupan membutuhkan keberadaan hutan.

Langkah kecil dalam menjaga hutan dapat dimulai dari hal sehari-hari seperti:  membeli produk-produk hutan yang nanti akan memberikan dampak bagus untuk alternative income masyarakat sekitar hutan, menggunakan AC tidak lebih dingin dari 25°C dan memakai air secukupnya.

Selain itu kamu juga bisa loh gabung dalam program HII yaitu “Suka Hutan” untuk mendalami kegiatan jaga hutan dan sekaligus mendapat ilmu tentang kepemimpinan serta kerja sama tim. Sebagai anak muda kita dapat berperan aktif untuk menjaga hutan dan lingkungan, karena bila kita jaga hutan, hutan akan jaga kita!

Music Festival by Puan Bisa

Festival musik ini menjadi penutup sekaligus metode self healing untuk para peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara Puan Bisa Festival.  Dengan mengundang penyanyi berbakat seperti: Sandi Perdana, Jojo Laurens, Shena Malsiana, Mutiara Azka, dan Tiara Putri. Tak hanya bernyanyi, mereka juga menceritakan perjalanan karier musiknya kepada audiens. Festival musik ini menjadi penutup sempurna untuk semua rangkaiannya acara selama dua hari yang mendapatkan sambutan baik dari para peserta.

Gimana menurutmu dengan seluruh rangkaian acara di atas? Puan Bisa berterima kasih untuk kamu yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara. Sampai jumpa dalam acara-acara keren selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *