CV ATS Friendly atau CV Kreatif, Mana yang Lebih Optimal?

CV ATS Friendly atau CV Kreatif

Selain surat lamaran kerja, Curriculum Vitae (CV) juga menjadi salah satu persyaratan umum yang wajib jobseeker persiapkan apabila ingin melamar kerja. 

Namun, belakangan ini semakin banyak pencari kerja yang mulai bertanya-tanya “CV seperti apakah yang paling efektif untuk melamar kerja? Apakah CV ATS friendly atau justru malah CV kreatif yang bisa menarik perhatian rekrutmen?”

Untuk mengetahui perbedaan dan pengaplikasian kedua CV ini, yuk simak penjelasannya di bawah in!

CV ATS Friendly

Bagi YOTers yang belum tahu, ATS atau Applicant Tracking System merupakan sebuah sistem yang dapat membantu tim rekrutmen atau HRD dalam menyeleksi CV pelamar kerja yang masuk ke perusahaannya. Untuk cara kerjanya, sistem ATS akan melakukan scanning atau membaca konten dari CV dengan menggunakan algoritma dan berdasarkan kata kunci. 

Kata kunci ini umumnya meliputi pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, atau skill. Nantinya sistem ATS akan scanning seluruh informasi pelamar yang tentu memudahkan perusahaan mencari kandidat sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Jadi kalau YOTers mau lolos dalam proses seleksi berkas, maka kamu harus mengikuti kriteria sistem tersebut. 

Membedakan antara CV ATS friendly dan CV kreatif sebenarnya mudah sekali. CV ATS friendly biasanya berdesain minimalis dengan background warna hitam putih, menggunakan jenis font standar, dan tidak memerlukan foto pendukung.

Mengapa demikian? Sebab, sistem ATS tidak bisa memilih jenis font yang terlalu beragam. Biasanya font yang dapat dibaca oleh sistem ini adalah Arial, Times New Roman, atau Helvetica. Selain itu, CV bergambar juga akan menyulitkan sistem untuk screening informasi sang pelamar.

Baca juga: Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Cover Letter

CV Kreatif

Berbeda dengan CV ATS friendly, format CV kreatif biasanya lebih berwarna. Selain itu, font, pemilihan warna, serta desainnya pun jauh lebih beragam. Meski terkesan lebih kreatif, namun apabila terlalu banyak desain dengan font yang beragam, kemungkinan besar CV kreatif tidak terbaca oleh sistem ATS.

Ciri khas CV kreatif ini lebih enak dilihat karena selain tulisan, CV kreatif juga didukung dengan visual yang menarik. Biasanya format CV seperti ini banyak dicari oleh perusahaan yang memang membutuhkan karyawan dengan kreativitas tinggi.

Memilih CV Sesuai Bidang yang Dilamar

Lantas, jenis CV yang seperti apakah yang tepat untuk digunakan melamar kerja? Menjawab pertanyaan ini, tentu ada beberapa hal yang harus YOTers perhatikan. 

Pertama pastikan perusahaan seperti apa dan posisi apa yang YOTers lamar. Umumnya perusahaan besar seperti corporate  akan menggunakan ATS dalam proses rekrutmen. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah CV ATS friendly. Hal yang sama juga perlu diterapkan apabila kamu melamar melalui situs job portal.

Namun, apabila YOTers tertarik melamar pekerjaan di industri kreatif, sebaiknya gunakanlah CV kreatif karena CV ini dinilai relevan dengan dunia kreatif. Biasanya, CV Kreatif dibutuhkan untuk posisi di bidang kreatif juga, seperti graphic designer, content writer, illustrator, animator, art director, dan sebagainya.

Selain penting untuk memilih CV sesuai bidang yang dilamar, kamu juga perlu membuat CV serelevan mungkin dengan lowongan pekerjaan yang dibuka. Gunakanlah kalimat yang efektif agar recruiter mampu memahami isi CV-mu.

Nah, itu dia bedanya CV ATS friendly dengan CV kreatif. Dengan menggunakan jenis CV yang tepat dan memang relevan dengan lowongan yang tersedia, peluang kamu untuk lolos seleksi berkas akan lebih besar.

Ingin mendapatkan inspirasi baru dan perspektif berbeda dari berbagai kalangan? Yuk segera daftarkan diri kamu di event komunitas Connext Community Festival 2021

Di event komunitas ini kamu bakal dapetin banyak inspirasi dari para founder komunitas.Selain itu, kamu juga bisa menjalin networking dengan ratusan komunitas di berbagai bidang. Mulai dari komunitas beauty, sport, tech, lifestyle, lingkungan, art, pendidikan, kesehatan, sosial dan wirausaha.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan Connext Community Festival 2021 dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karir, bisnis, dan dunia kuliah untuk kamu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *