Shanna Shannon Rilis Single Perdana “Rela”

Shanna Shannon Rilis Single Perdana

Di usianya yang masih sangat muda, Shanna Shannon membuktikan bahwa dirinya adalah seorang penyanyi yang mumpuni. Hal itu dia buktikan lewat single perdananya yang berjudul “Rela”. Single tersebut khusus diciptakan oleh musisi senior Melly Goeslaw untuk Shanna Shannon.

Menyanyikan lagu yang ditulis Melly Goeslaw tidaklah mudah karena memiliki bobot tersendiri. Namun, Shanna Shannon mampu menyanyikan ”Rela” dengan baik dan sepenuh hati. Sebelumnya, Shanna Shannon telah meng-cover lagu Melly Goeslaw yang berjudul “Kamu dan Kenangan” (OST Habibie & Ainun 3, sebelumnya dinyanyikan Maudy Ayunda) dan video cover-nya telah diputar lebih dari 23 juta kali di YouTube. Dia juga meng-cover lagu “Bunda” yang kini sudah diputar lebih dari 647 ribu kali di YouTube.

“Orang tua aku ingin aku bisa menyanyikan lagunya Auntie Melly karena menurut mereka, suara aku cocok dengan lagu-lagu ciptaan Auntie Melly. Aku pun mencoba meng-cover “Kamu dan Kenangan”. Lagunya rilis di YouTube pada Juli 2020 dan aku bersyukur sekali responsnya sangat positif,” kata Shanna Shannon.

Hal itulah yang membuat Melly Goeslaw jatuh cinta pada sosok Shanna Shannon. Selain itu, menurut Melly Goeslaw, Shanna Shannon adalah remaja yang usianya sangat muda, tapi pemikirannya sudah jauh ke depan. Selain mencintai dunia seni, Melly Goeslaw juga melihat Shanna Shannon sangat dekat dengan dunia sosial.

“Saya tidak ingin menjadi manusia yang menyesal. Saya menyambut baik dengan penuh rasa syukur saat pihak Shanna Shannon memercayakan lagu untuk single pertamanya diciptakan oleh saya. Saya selalu percaya, bahwa sesuatu yang didasari oleh trust selalu membuahkan hasil yang menyenangkan.

Shanna Shannon menyanyikan lagu “Rela” seperti sedang di tengah terik matahari lalu diguyur air kendi, rasanya sejuk tapi tetap deep. Shanna Shannon bernyanyi dengan apa adanya, tak ada tendensi apapun, kejujurannya dalam bernyanyi membuat lagu yang dibawakan terasa mengalir. Saya berharap “Rela” menjadi sejarah yang tak terlupakan dalam perjalanan karier Shanna Shannon di dunia seni, dan “Rela” bisa menjadi theme song bagi para hati penyanjung cinta,” jelas Melly Goeslaw.

Kisah di Balik Perilisan Single Rela

“Rela” adalah lagu tentang kehilangan seseorang yang dicintai, dan orang itu pergi tanpa pamit. Bernuansa mellow namun megah karena sentuhan orkestra, “Rela” juga bercerita tentang perasaan sedih yang mendalam dan rindu yang tak berujung ketika ditinggal oleh seseorang. “Karena hidup harus tetap berjalan, kita tidak ada pilihan lagi kecuali merelakan,” ujar Shanna Shannon.

Proses rekaman berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Bahkan, proses rekaman yang dijadwalkan selama satu hari, selesai dalam waktu beberapa jam saja.

“Di umur 15 tahun, Shanna Shannon bisa menyanyikan lagu Melly Goeslaw dengan tingkat penghayatan yang bagus. “Rela” sesuai dengan dengan karakter Shanna Shannon yang dewasa dan penjiwaannya dalam. Lagu-lagu Melly Goeslaw punya bobot tersendiri dan banyak kata-kata puitis yang secara metaforis cocok sama Shanna Shannon yang punya big personality,” jelas Simhala Avadana, A&R Trinity Optima Production.

Shanna Shannon berharap, ”Rela” dapat  dinikmati oleh semua umur dan memberikan pembelajaran moral. Bahwa, seseorang yang kita cintai bisa pergi dan meninggalkan kita tanpa mengucapkan selamat tinggal dan alasan.

“Kita harus menghargai waktu saat masih bisa bersama orang-orang tercinta. Seperti quote favoritku, perlakukan semua orang di sekitarmu seolah-olah itu perjumpaan terakhir kalian,” ucap Shanna Shannon.

“Aku senang berada di posisi sekarang karena sudah melewati banyak hal, terutama rasa takut saat menyanyi di depan banyak orang dan rasa kurang percaya diri. Harapannya, aku semakin bisa mengoptimalkan potensi dalam diri aku lebih dari sebelumnya dan semoga karya-karya aku bisa dinikmati lebih banyak orang. Juga, karena aku mengawali karier dengan membawakan lagu-lagu nasional, aku tetap berkomitmen menyanyikannya di samping lagu-lagu yang universal,” tutup Shanna Shannon.

Profil Shanna Shannon

Shanna Shannon yang akrab dipanggil Shannon mulai dikenal publik lewat cover lagu-lagu kebangsaan yang dia unggah ke akun YouTube-nya sejak 2015. Video cover pertama gadis kelahiran 4 April 2006 ini adalah lagu “Indonesia Pusaka” yang kini sudah ditonton lebih dari 4,4 juta kali.

Di tahun 2017, dia dinobatkan sebagai Duta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Anies Baswedan. Shannon dipercaya untuk menyanyikan lagu “Indonesia Raya” di ASEAN Paragames 2018. Sejak itu, Shannon kerap mengisi berbagai acara di kementerian dan perusahaan untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Shannon sendiri adalah seorang remaja yang berjiwa nasionalis dan peduli terhadap isu-isu sosial dan pendidikan. Selain memiliki Yayasan Shanna Shannon, dia juga didapuk sebagai ambassador LSM Plan International Indonesia yang menyoroti tentang isu kesetaraan anak dan perempuan di berbagai wilayah di Indonesia.

Kepeduliannya terhadap isu sosial inilah yang menjadi motivasi utama Shannon mau terjun ke industri musik. Shannon ingin membantu dan membangun sekolah untuk anak-anak di wilayah terpencil. Tak hanya itu, Shannon juga sering diundang menjadi pembicara di berbagai sekolah dan kampus terkait motivasi.

“Rela” (Lirik)

CINTA, DENGARKAN HATI

NURANI MENELADANI

BARU KUSADARI

AKU KINI

KEHILANGANMU

 

MALAM

REMBULAN BERLALU

HATI MASIH BERTALU

BAHAGIA DENGANMU

KINI SENYAP JIWA TAK BERTUAN

 

TANPA BERPAMITAN KAMU

MENGHILANG BAGAIKAN DITELAN SAMUDRA

KU INGAT INGAT APAKAH AKU SALAH

DAN MENYINGGUNG PERASAANMU

 

MESKI SEJUTA SENJA AKU MENANGIS MERINDUKAN BAYANGANMU

NAMUN HIDUP KU HARUS TERUS BERJALAN DENGAN HATI RELA

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *