Bisnis Online Tanpa Modal, Emang Bisa?

Kini banyak orang yang memilih untuk membangun bisnis online karena dianggap mudah dan praktis. Pasalnya, kamu bisa membangun usaha tanpa perlu menyewa toko untuk keperluan pemasaran. Selain itu, ada beberapa alasan yang membuat usaha online semakin diminati, misalnya karena usaha online bisa dilakukan di mana saja dan hanya membutuhkan modal yang terbilang kecil.

Bahkan, kini kamu bisa lho memulai bisnis online tanpa modal. Meski terdengar gak masuk akal, namun 7 rekomendasi bisnis ini beneran gak perlu pakai modal besar, kamu hanya perlu koneksi internet, gadget dan laptop saja, lho!

1. Penulis Lepas

Bagi YOTers yang hobi menulis dan jago merangkai kata, kamu bisa coba membuka jasa menjadi penulis lepas. Kini sudah banyak media maupun yang perusahaan mencari penulis lepas untuk berkontribusi di perusahaannya. Biasanya, perusahaan akan membayarnya dengan sistem pembayaran per hasil karya tulisan yang telah kamu buat.

Untuk pembayarannya sendiri, biasanya kamu dan perusahaan akan membuat kesepakatan di awal mengenai teknis penulisan sampai periode pembayaran. Sebagai penulis lepas, kamu hanya membutuhkan koneksi internet, gadget, ataupun laptop saja. Menarik banget, kan?

2. Buka Jastip atau Jasa Titip

YOTers pasti pernah mendengar istilah jastip atau jasa titip. Yaps, beberapa waktu belakangan memang banyak orang yang tertarik dengan usaha ini. Sekilas, jastip terlihat sama dengan dropshipper, namun bedanya dengan usaha jasa titip, kamu yang menawarkan jasa kepada orang lain yang membutuhkan barang.

Singkatnya, orang lain nitip dibelikan barang dan nantinya kamu yang akan membelikan barang tersebut. Untuk pembayarannya, pembeli akan membayar barang yang Ia cari sekaligus membayar jasa kamu karena kamulah yang membelikan barang tersebut.

Nah, agar keuntungan yang kamu dapatkan semakin banyak, kamu bisa mencari barang diskonan. Namun, jangan lupa juga untuk memerhatikan kualitas barangnya.

3. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Pada dasarnya usaha online membutuhkan modal karena Ia perlu membeli produk untuk nantinya dijual kembali melalui media sosial. Namun, dengan menjadi dropshipper atau reseller, kamu bisa berjualan tanpa membutuhkan modal.

Sebab, sistem reseller itu kamu hanya perlu menjual kembali produk orang lain tanpa perlu menyetok atau membeli barang tersebut. Berbeda dengan reseller, dengan sistem dropshipper kamu bisa menjual barang orang lain, namun menggunakan nama kamu. Jadi pembeli hanya tahu bahwa barang tersebut memang produk tokomu.

Kelebihan dua sistem ini kamu tak perlu repot memikirkan konsep bisnis atau bahkan membuat produk. YOTers hanya perlu memilih barang yang akan dijual, membuat akun media sosial untuk sarana bisnis, dan mempromosikan produk yang akan dijual.

4. Desain Grafis

Bisnis online tanpa modal selanjutnya yang patut kamu coba yaitu menjual jasa desain. Bagi kamu yang memiliki minat dan bakat menggambar atau desain, skill ini bisa menghasilkan pundi-pundi yang menggiurkan untukmu.

Pasalnya, kini banyak orang yang membutuhkan jasa desain,  baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan bisnis. Jadi, hanya bermodal keahlian kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan. Untuk langkah pertama, kamu bisa memasarkan jasa desainmu ke orang-orang terdekat.

5. Jasa Translate

Tak sedikit orang yang menyepelekan profesi jasa translate atau penerjemah. Padahal, kini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan kemampuan berbahasa asing. Nah, bagi kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, kamu bisa menjual jasa dan kemampuanmu kepada perusahaan.

Menariknya, banyak perusahaan yang tak segan-segan membayar mahal untuk keperluan jasa penerjemah. Sebagai penerjemah pemula, coba cari proyek-proyek kecil di internet. Misalnya dengan menawarkan jasa kepada teman terdekat terlebih dulu.

6. Jasa Pembuatan Website

Kecanggihan teknologi membuat banyak perusahaan atau bahkan pebisnis yang tertarik untuk menjual produknya melalui situs website. Nah, bagi kamu yang memiliki skill dalam pembuatan website, usaha online ini wajib kamu coba. 

Namun biasanya klien akan meminta terlebih dahulu portofolio atau contoh website yang berhasil kamu buat. Sebagai cara untuk meyakinkan klien, kamu bisa membuat website untuk diri sendiri terlebih dahulu.

7. Admin Media Sosial

Selain jasa pembuatan website, desain grafis, dan penulis lepas, jasa admin media sosial juga tengah digandrungi para pelaku bisnis loh YOTers. Pasalnya admin media sosial tak hanya bertugas untuk berinteraksi dengan calon pelanggan, namun admin media sosial juga berkewajiban menaikkan sales harian dengan membuat konten semenarik mungkin. Nah, bagi kamu yang kreatif dan jago merangkai kata-kata, menjadi admin media sosial layak kamu coba.

Saat membangun sebuah usaha, tentunya kita membutuhkan networking yang luas agar bisnis dapat berkembang nantinya. Untuk menjalin hubungan dengan banyak orang, sering-seringlah ikut seminar atau bisa juga gabung bersama komunitas.

Bagi YOTers yang ingin menjalin networking dengan ratusan komunitas di berbagai bidang, kamu bisa nih mengikuti Connext Community Festival 2021. Menariknya, kamu juga bakal dapetin banyak inspirasi dari para founder komunitas di event komunitas ini.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan CCF dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

connext fest

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karir, bisnis, dan dunia kuliah untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *