Kenapa Penampilan Menarik Jadi Syarat Penerimaan Karyawan? Ini Alasannya

Kenapa Penampilan Menarik Jadi Syarat Penerimaan Karyawan

Selain skill atau kemampuan, tak jarang penampilan menarik juga jadi salah satu syarat dalam proses perekrutan karyawan. 

Meski tak semua perusahaan memiliki kualifikasi yang sama, namun syarat berpenampilan menarik masih menjadi permasalahan tersendiri bagi para pencari kerja. 

Tahu gak sih YOTers? Ternyata penilaian seperti ini juga terjadi di beberapa negara, lho. Lantas, kenapa ya penampilan menarik jadi hal yang dipertimbangkan dalam proses perekrutan karyawan?

Berpenampilan menarik bukan berarti cantik atau tampan

Melansir dari GRID, Vulcan Post (portal media Malaysia dan Singapura) pernah melakukan survei pada sejumlah HRD di beberapa perusahaan Singapura. Hasil dari survei tersebut menunjukkan bahwa lima dari tujuh HRD mengaku bahwa mereka seringkali mempertimbangkan penampilan calon karyawan selama proses perekrutan. 

Baca juga: Apa yang Bikin Kita Ditolak HRD?

Namun sayangnya, mereka tak menyebutkan secara spesifik penampilan seperti apa yang membuatnya tertarik. Syarat berpenampilan menarik ini bukan berarti YOTers harus tampan atau cantik. Sebab, sejatinya semua manusia dilahirkan dengan kelebihannya masing-masing. 

Akan tetapi, dalam proses perekrutan karyawan, calon karyawan yang berpenampilan menarik atau berpenampilan rapi akan jauh lebih enak dipandang dan HRD pun bisa melihat seberapa keseriusan calon kandidat untuk bergabung di perusahaannya.

Ibaratnya, apabila penampilan kamu terlihat rapi, maka hal itu membuktikan bahwa kandidat tersebut telah berusaha memberikan kesan yang baik dari penampilan. Jadi, first impression HRD pun juga akan baik ke kamu. 

Lain halnya jika kamu berpenampilan kurang baik dan kurang sopan selama proses rekrutmen. Pastinya HRD akan men-cap kamu tidak serius dalam proses rekrutmen.

Baca juga: Tips Menciptakan First Impression yang Baik

Meski penampilan kerap kali menjadi syarat dalam melamar pekerjaan, nyatanya HRD tidak menilai dari situ saja lho YOTers. Pasalnya, HRD juga akan menilai calon karyawan dari kepribadian atau pembawaan diri, kemampuan, keseriusan, dan profesionalitas di dunia kerja.

Jadi, bagi YOTers yang sedang mencari kerja juga perlu memenuhi kualifikasi lainnya agar HRD tertarik untuk memilih kamu sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Kehabisan ide dan bingung harus mencari inspirasi di mana lagi? Yuk luangkan waktumu untuk melakukan kegiatan positif seperti mengikuti seminar atau bergabung bersama komunitas. Salah satu event komunitas yang bisa kamu ikuti, yaitu Connext Community Festival 2021. Di event komunitas ini kamu bakal dapetin banyak inspirasi dari para founder komunitas.

Selain itu, kamu juga bisa menjalin networking dengan ratusan komunitas di berbagai bidang. Mulai dari komunitas beautysport, tech, lifestyle, lingkungan, art, pendidikan, kesehatan, sosial dan wirausaha.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan CCF dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

connext fest

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karir, bisnis, dan dunia kuliah untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *