Kelas Kesehatan Seksual YOT Bekasi, Menjaga Kesehatan Seksual Pada Remaja.

Hai YOTers!

Pada tanggal 24 oktober 2021 Young On Top Bekasi mengadakan Kelas Kesehatan Seksual dengan judul “Menjaga Kesehatan Seksual Pada Remaja. Kelas ini dihadiri sebanyak 65 peserta yang sangat antusias dengan materi yang dibahas narasumber. Banyak sekali pengetahuan baru yang didapatkan mengenai fakta dan mitos kesehatan seksual melalui kelas yang diadakan YOT Bekasi lho! Narasumber acara ini adalah orang-orang yang kompeten pada bidang kesehatan, yaitu dr. Bryant Roosevelt dan Diana Sagita Hasanah, A.Md, keb yang merupakan Youth AKAR Indonesia dan  AKAR Indonesia selaku komunitas partner acara ini. Kelas Kesehatan Seksual dimulai dengan bermain kuis online yang pertanyaan-pertanyaannya cukup membuat memutar otak dan tentunya berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.  Pembahasan pertama dalam Kelas Kesehatan Seksual  mengenai remaja. Apa sih yang dimaksud dengan remaja? apakah YOTers tahu? ternyata remaja itu dibagi menjadi tiga tahap lho!

Pertama, remaja awal berkisar usia 10-14 tahun. Remaja awal ditandai dengan munculnya pubertas seperti tumbuhnya bulu-bulu halus di area tertentu, perubahan suara, dan perubahan fisik lainnya. Yang kedua adalah remaja tengah berkisar dari umur 15-19 tahun pada tahap ini sering sekali terjadi perilaku berisiko tanpa memikirkan dampak jangka panjang sedangkan remaja akhir berkisar pada usia 20-24 tahun dan cara berfikir sudah mulai matang.

Pembahasan kedua mengenai seksualitas. Tahukah kalian? bahwa seksualitas tidak hanya mengenai hubungan seksual saja, melainkan persepsi diri mengenai pertumbuhan dan perkembangan tubuh dengan mengerti dan menunjukkan perasaan kedekatan, ketertarikan, dan rasa kasih sayang serta membangun hubungan yang sehat yaitu dengan menghormati, adanya kesetaraan, adanya rasa aman, adanya rasa percaya, serta menghargai antara satu sama lain. Membangun hubungan yang sehat tidak hanya ke pasangan melainkan juga untuk kehidupan bermasyarakat. Hal-hal tersebut dilakukan agar terhindar dari hubungan yang tidak sehat.

Berbicara mengenai kesehatan seksual dan remaja jaman sekarang yang sedang mencari jati dirinya, banyak sekali menemukan hal-hal yang tidak terduga bahkan tidak terkontrol terutama sesuatu hal yang berhubungan dengan hubungan seksual. Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis infeksi menular seksual seperti Gonorea, sifilis, Herpes, Klamida, dan lain sebagainya dengan gejala yang muncul juga bermacam-macam. Dampak dari infeksi menular seksual yang berulang  kali atau tidak diobati seperti kemandulan, keguguran, menularkan ke janin, kanker leher rahim, hingga menyebar ke bagian organ tubuh yang lainnya. Maka dari itu, YOTers perlu tahu cara pencegahannya seperti tidak berhubungan seks bebas, tidak berganti pasangan, menggunakan pengaman atau kondom, atau dengan melakukan vaksin HPV. Selain itu juga, perlu untuk menjaga kebersihan sehari-hari terutama untuk perempuan saat menstruasi dengan menggunakan tampon yang diganti secara berkala atau dapat menggunakan menstrual pack dan menstrual cup.

Nah, YOTers, setelah membaca sedikit penjelasan Kelas Kesehatan Seksual YOT Bekasi, diharapkan khususnya remaja indonesia mampu mengambil keputusan yang tepat untuk menentukan masa depan bangsa, menciptakan generasi yang sehat, cerdas, dan penuh karya.

Kelas kesehatan seksual ini didukung oleh Inez cosmetics, RedDoorz, dan Pakekudung, serta media partner yang membantu kelas kesehatan seksual yaitu, Webinar Nasional, Event Kampus, Mading Event, Event Center, Infokupedia.id, Seminar Up, Event Journal, dan Info Event. Dapatkan info kelas atau webinar terbaru YOT Bekasi melalui instagram, twitter, maupun youtube YOT Bekasi ya! See you on top, YOTers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *