Makna dan Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda

Makna dan Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan salah satu bukti sejarah perjuangan pemuda Indonesia dalam memerdekakan bangsa Indonesia. 93 tahun yang lalu, tepatnya pada 28 Oktober 1928, lahirlah Sumpah Pemuda yang tercetus dalam Kongres Pemuda II. 

Nah YOTers, di tahun ini, Hari Sumpah Pemuda 2021 diperingati pada Kamis, 28 Oktober. Sebagai pemuda dan bagian dari sejarah bangsa Indonesia, tentunya kita harus mengetahui sejarah dan makna dibalik pencetusan Sumpah Pemuda. Sebab, makna Sumpah Pemuda memiliki arti yang mendalam bagi sejarah bangsa.

Sejarah Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Peristiwa Sumpah Pemuda bukan hanya sekadar proses awal lahirnya bangsa Indonesia saja, melainkan juga sekaligus menjadi momen kelahiran bahasa Indonesia yang kini digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa. Seperti salah satu ikrar yang tertuang dalam Sumpah Pemuda, yaitu “Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Melansir dari website Museum Sumpah Pemuda, ikrar tersebut merupakan hasil keputusan rapat Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928. Kongres ini digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Sebelum adanya Kongres Pemuda II, para pemuda-pemudi Indonesia juga telah melaksanakan pertemuan untuk Kongres Pemuda I. Namun sayang, pertemuan tersebut tidak berjalan lancar dan tidak membuahkan hasil apa-apa hingga akhirnya terbentuklah Kongres Pemuda II.

Adapun tujuan pencetusan Kongres Pemuda II yaitu untuk melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia, membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, dan sebagai upaya untuk memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Isi Ikrar Sumpah Pemuda

Setelah melalui proses panjang, akhirnya pada rapat Kongres Pemuda II lahirlah sebuah ikrar yang kini terbukti dapat mempersatukan bangsa Indonesia. Rumusan dan ikrar tersebut pun kini diucapkan sebagai sumpah setia, Sumpah Pemuda.

Adapun isi teks Sumpah Pemuda, yaitu:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 untuk seluruh pemuda-pemudi serta bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke maupun di seluruh penjuru dunia. Semoga kita bisa menjadi pemuda yang bisa terus berkarya dan mengharumkan nama bangsa.

Bagi YOTers yang ingin menjalin networking dan dengan ratusan komunitas di berbagai bidang dan mendapatkan banyak inspirasi dari para founder komunitas, kamu bisa nih mengikuti event Connext Community Festival 2021. 

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan CCF dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

connext fest

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karir, bisnis, dan dunia kuliah untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *