BUSS-LAB #3 : Doing Business or Saving the Environment, Why Not Both?

Surabaya, 23 Oktober 2021 – Buss-Lab adalah series talkshow YOT Surabaya yang dikemas dalam bentuk live instagram yang mempertemukan entrepreneur muda dengan pebisnis yang sudah berpengalaman di bidangnya. BUSS-LAB #3 kali ini mengusung tema “Sustainable and Zero Waste Business” dengan mengundang narasumber Jessica Halim selaku CO Founder @demibumi.id. Bersama 440+ partisipan, Jessica Halim membagikan cerita perjalanan Demi bumi yang ia dirikan pada November 2018.

Latar belakang @demibumi.id ini terbentuk karena keresahan Jessica ditambah dengan sekitar 3 tahun lalu, anaknya yang masih berumur 7 tahun menangis sambil mempertanyakan tentang prediksi 2030 Jakarta tenggelam dimana pada saat itu ia masih berumur 27 tahun. Sebagai seorang packaging designer, Jessica telah menyarankan material untuk solusi mengurangi banyaknya sampah di lingkungan sekitar kita. Namun, rasanya sangat sulit untuk menerapkan saran tersebut sehingga Jessica memilih belajar secara bertahap untuk mengurangi sampah rumah tangga dengan cara mengajak temannya untuk membangun platform @demibumi.id. Harapannya, platform ini mampu menjadi wadah diskusi dan edukasi masyarakat terkait gaya hidup yang berkelanjutan sehingga mendapatkan solusi dari banyaknya sampah rumah tangga. Cara mengurangi sampah bisa dengan memikirkan terlebih dahulu apa yang kita bawa sebelum membeli sesuatu seperti membawa tas belanja, membawa tumbler, membuat kompos dari sampah dan masih banyak cara lainnya.

Persiapan yang dilakukan Jessica dalam membangun bisnis ini yaitu meluangkan waktu untuk mengedukasi pengguna sosial media melalui Instagram dengan membuat ilustrasi dan infografis. Jessica merasa masih ada yang belum efektif dari ide-ide tentang lingkungan sehingga ia selalu mencari inovasi dari produk sekali pakai yang semakin memperbanyak sampah seperti sekarang memproduksi jaring serut untuk meminimalisir banyaknya sampah kantong plastik yang digunakan konsumen untuk membawa barang belanjaannya. Inovasi ini berkembang sangat cepat sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk menggunakannya. Tak lupa, Jessica juga selalu belajar untuk dapat mengedukasi dan menjawab berbagai pertanyaan dari masyarakat terkait sampah.

“..buat apa saya nyiapin akademis saja, buat apa saya nyiapin masa depan akademis anak hanya teknologi dimana lingkungannya akan hancur, jadi kenapa enggak kita nyiapin lingkungan yang lebih baik untuk generasi selanjutnya?” ucap Jessica.

Kunjungi situs resmi YOT Surabaya di instagram yaitu @yotsurabaya untuk mengetahui tentang BUSS-LAB #3 atau informasi terbaru dari YOT Surabaya.

 

 

Instagram: @yotsurabaya
E-mail: youngontopsurabaya@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *