Youth-Skills : “Build Your Confidence with Public Speaking Skills.”

Surabaya, 24 Oktober 2021 – Youth-Skill merupakan series dari Young On Top Surabaya yang berfokus pada keterampilan dan skill anak muda. Youth-Skill #1 ini dilaksanakan via Live Instagram dengan mengangkat tema Build Your Confidence with Public Speaking Skills. Youth-Skill #1 berhasil menghadirkan pembicara yang berpengalaman dalam bidang Public Speaking yaitu Shania Indira Putri. Ia merupakan seorang digital creator TikTok, Advocates of Gender Equality Education Youth Connect Indonesia, dan Parlemen Remaja DPR RI 2019 yang saat ini berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember jurusan Teknik Kelautan angkatan tahun 2019.

Meskipun Shania merupakan mahasiswi teknik, dia sangat gemar melakukan kegiatan di bidang sosial. Hal tersebut membuat kemampuan Public Speaking nya semakin meningkat. Motivasinya bermula saat dia mengikuti Organisasi Pramuka dan melihat kakak pembinanya dapat menyuarakan pendapatnya dengan lantang. Melihat hal itu, Shania memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru. Akhirnya, dia menyadari bahwa kenyamanannya ada saat dia menjalin interaksi dan berbicara dengan orang lain. Menurut Shania, “kita tidak akan bisa berhasil jika tidak belajar dari pengalaman dan kegagalan”. Dan setelah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi, Shania dapat berada di titik saat ini. Shania menyebutkan bahwa Public Speaking bukan bakat yang didapat dari lahir, melainkan keterampilan yang dapat dilatih. Percaya diri, persiapan dan latihan merupakan faktor penting yang mendukung seseorang bisa menjadi seorang public speaker yang baik.

Menurut Shania, Public Speaking dalam perkembangan karir merupakan hal yang sangat penting, karena komunikasi menjadi jembatan untuk bisa membagikan ide maupun pendapat tentang sebuah permasalahan. Salah satu kutipan yang selalu Shania pegang adalah “Be Brave and Don’t Be Stupid” yang berarti bahwa jika kamu tidak berani, maka kamu tidak akan maju. Tetapi jika kamu berani, maka kamu harus mengetahui dasar dari hal yang kamu lakukan. Kutipan tersebut dapat membantu Shania untuk menghadapi tantangan. Jika kita ingin berbicara di depan umum, penting untuk mempelajari hal dasar. “Jangan lupa berdiskusi dengan orang lain agar kamu mendapatkan wawasan baru,” Tutur Shania.

Cara agar tidak gugup dalam melakukan Public Speaking adalah dengan mempersiapkan dan memahami materi dengan baik. Point pentingnya, jangan terlalu memikirkan pandangan orang lain, tetapi tingkatkan kualitas dan kepercayaan diri. Profesionalitas juga kunci untuk menjadi seorang public speaker yang berkualitas. “Ambil baiknya buang buruknya. Shania percaya bahwa ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari hasil pendapat orang lain. Jangan lupa tetap improve dari setiap kesalahan yang ada, terus berlatih agar bisa menjadi seorang Public Speaker yang baik. Mulai coba pengalaman baru, maka kamu akan menemukan kejutan indah dibalik itu semua. Rangkaian series Youth-Skill #1 ditutup dengan komentar audience, “Terimakasih Shania, kamu sangat memotivasi anak muda, tutur akun @nandaikaws.

Mulai dari awal hingga akhir acara, audience sangat antusias mendengarkan diskusi dari Shania. Talkshow Instagram ini berhasil mendapatkan 133 audiences dengan sangat interaktif. Audiens berharap bahwa semua episode Youth-Skill selalu bisa memberikan wawasan baru mengenai skill yang harus dimiliki anak muda.

Kunjungi situs resmi YOT Surabaya di instagram yaitu @yotsurabaya untuk mengetahui tentang Youth-Skill #1 atau informasi terbaru dari YOT Surabaya.

 

Instagram: @yotsurabaya

E-mail: youngontopsurabaya@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *