Istilah Makanan Korea yang Perlu Kamu Tahu

istilah makanan korea

Tak hanya serial drama dan lagunya saja, kini banyak masyarakat Indonesia yang juga “demam” makanan khas Korea. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya restoran Korea di Indonesia. Bagi pecinta drama Korea, mungkin sudah nggak asing dengan istilah  makanan Korea.

Tapi, buat kamu yang baru ingin mencicipi hidangan khas Korea tentunya harus tahu dulu nih nama-nama makanan Korea agar nggak salah saat memesan. Apa saja sih namanya? 

1. Tteokbokki

makanan khas korea
Sumber Foto: Canva.com

Tteokbokki adalah salah satu camilan khas Korea di mana hidangan ini menyajikan tteok yang terbuat dari tepung beras dan dimasak bersama dengan saus pedas asal Korea atau gochujang. Untuk teksturnya, tteobokki memiliki tekstur yang lembut namun sedikit kenyal.

2. Sundubu Jjigae

istilah makanan korea
Sumber Foto: Canva.com

Bagi YOTers yang belum tahu, jjigae merupakan sebutan untuk berbagai masakan sup khas Korea yang dimasak dan dihidangkan dalam panci. Nah kalau sundubu jjigae ini hidangan sup dengan isian tahu sutra halus di dalamnya. Tak hanya tahu, sup ini juga dilengkapi bahan-bahan lainnya, seperti irisan daging dan seafood.

Kuah untuk sup ini menggunakan kaldu sapi dengan tambahan kecap asin yang membuat sundubu jjigae semakin gurih. Biasanya jjigae biasanya disajikan dalam panci atau mangkuk khas Korea yang disebut ttukbaegi.

3. Bibimbap

istilah makanan korea
Sumber Foto: Canva.com

Istilah makanan Korea yang perlu kamu tahu selanjutnya yaitu bibimbap. Bibimbap merupakan hidangan asal Korea yang berisi nasi dicampur dengan sayur, daging, telur mata sapi, dan tambahan saus gochujang. Di Korea Selatan sendiri, bimbimbap biasanya dihidangkan saat kondisi masih panas karena cita rasa yang dihasilkan akan jauh lebih lezat. 

4. Jajangmyeon

istilah makanan korea
Sumber Foto: Canva.com

Nggak bisa dimungkiri bahwa Korea Selatan memiliki berbagai hidangan mi yang mengunggah selera. Nah salah satu hidangan mi yang sering kamu lihat di drama Korea ini namanya Jajangmyeon.

Saat kamu mencoba jajangmyeon mungkin kamu bakal heran dan bertanya “Kok mi warnanya hitam?” Yaps, jajangmyeon memang menggunakan pasta yang terbuat dari kacang kedelai hitam. Jadi, nggak heran deh kalo hidangan ini berwarna gelap. Fakta menariknya, di Korea Selatan jajangmyeon identik dengan kamu jomblo.

5. Kimchi

makanan khas korea
Sumber Foto: Canva.com

Kalau makanan yang satu ini sih sudah pasti kamu tahu kan? Yaps, kimchi merupakan makanan Korea yang terbuat dari sayuran fermentasi lengkap dengan bumbu lainnya. Proses fermentasi ini lah yang membuat kimchi menghasilkan cita rasa pedas dan asam. Bagi masyarakat Korea, rasanya nggak lengkap kalau makan tanpa kimchi di dalamnya. 

6. Bulgogi

makanan khas korea
Sumber Foto: Canva.com

Bagi kamu yang suka banget sama daging, wajib banget nih cobain bulgogi. Bulgogi merupakan hidangan yang terbuat dari potongan daging sapi lengkap dengan bumbu campuran marinasi seperti kecap asin, gula, minyak wijen, bawang putih, dan lada hitam. Ketika sudah matang bulgogi nantinya akan disajikan dengan taburan biji wijen di atasnya. 

7. Japchae

makanan khas korea
Sumber Foto: Canva.com

Selain jajangmyeon, japchae juga nggak kalah populernya nih. Hidangan berbahan dasar dang myeon atau soun khas Korea ini juga kerap tampil di berbagai serial drama atau film Korea.  Selain soun, japchae juga dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi.

Ingin mendapatkan informasi seputar bisnis, karir, dunia perkuliahan, kesehatan, dan informasi menarik lainnya? Kamu bisa mengunjungi kami di:

Website: youngontop.com

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Youtube: Young On Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *