5 Makanan Legendaris Khas Solo yang Wajib Kamu Coba

Surakarta atau yang akrab disebut Kota Solo ialah kota yang terkenal dengan keramahan masyarakatnya. Tak dipungkiri lagi, banyak wisatawan yang menjadikan Kota Solo sebagai salah satu destinasi tujuan mereka untuk melepaskan penat di tengah hiruk pikuk ibu kota. Masyarakat dan kesopanan yang sangat dijunjung tinggi di kota ini diimbangi dengan makanan khas Kota Surakarta yang tentunya akan memikat hati para pengunjungnya.

Apa saja makanan legendaris khas Surakarta yang wajib kamu coba? Yuk simak penjelasan di bawah ini, ya!

1.Serabi

Makanan khas yang pertama adalah serabi. Makanan ini berbentuk bulat pipih yang berpori-pori, terbuat dari adonan tepung beras, parutan kelapa, santan, dan ragi. Serabi dimasak menggunakan anglo, dibiarkan mengembang dan bagian bawahnya sedikit kering. Awalnya serabi dimakan dengan kuah gula jawa bercampur santan, tetapi seiring berkembangnya zaman serabi banyak dimodifikasi oleh para wirausahawan. Serabi saat ini memiliki berbagai macam topping seperti meses, nangka, dan pisang.

2. Lenjongan

Makanan tradisional khas Solo yang terdiri dari aneka cemilan dengan cita rasa manis. Lenjongan dilengkapi dengan ketan hitam, cenil, klepon, gethuk, tiwul, dan sawut, dan ada beberapa penjual yang menambahkan ketan putih sebagai pelengkap. Meskipun lenjongan termasuk dalam makanan tradisional, tetapi dengan rasanya yang manis ini lenjongan mampu melegenda diterima kalangan masyarakat hingga saat ini.

3. Selat

Sekilas hampir sama dengan timlo, tetapi isian selat lebih banyak dan beragam. Makanan yang sering dijuluki selat solo ini memiliki isian potongan daging sapi, wortel, buncis, tomat, telur semur, daun selada, kentang rebus, mayones, dan acar. Dilihat dari isiannya saja sudah mengenyangkan dan menyehatkan, bukan?

4. Es Kapal

Es khas Solo ini dijual menggunakan gerobak dorong yang memiliki bentuk menyerupai kapal, itulah yang menjadi alasan utama es ini disebut dengan “Es Kapal”. Minuman menyegarkan ini terbuat dari campuran santan dan susu coklat yang dilengkapi dengan serutan es di atasnya. Es kapal juga disajikan dengan sepotong roti tawar yang dicelupkan setengah bagiannya ke dalam es. Jajanan ini banyak dijumpai di pinggiran jalan Kota Solo dari pagi hingga sore hari.

5. Brambang Asem

Hijau menjadi ciri khas makanan khas yang satu ini. Yap! Brambang asem terbuat dari daun ubi jalar yang direbus dan memiliki rasa pedas yang mampu membuat lidah penikmatnya ketagihan. Brambang asem biasanya disantap dengan tambahan tempe gembus, tempe gembus ini adalah tempe yang terbuat dari ampas tahu. Perpaduan ini membuatnya menjadi cemilan khas yang memikat hati bagi pecinta pedas.

 

Menggiurkan sekali, bukan? Cemilan dan makanan khas Kota Surakarta di atas sangat mudah dicari dan jumpai ketika kalian berada di kota yang asri ini. Rasa yang tidak diragukan lagi sangat sebanding dengan harga yang ditawarkan, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mencoba beragam kuliner khas Kota Solo ini. Jadi bagaimana? Kalian tertarik untuk mengunjungi dan mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *