Kalau Kamu Berada di Posisi Terendah, Jalan Satu-Satunya adalah Keatas

Kata orang, menyerah adalah salah satu langkah yang aman daripada menyiksa diri dalam sebuah rintangan untuk mencapai tujuan yang besar. Apakah menyerah artinya bisa kabur dari masalah? nyatanya menyerah hanya akan menjadi bekas luka yang tidak akan sembuh dan terus dirasakan sampai kapanpun itu. Menyerah untuk tidak berusaha, akan meninggalkan rasa kekecewaan yang besar dikemudian hari saat sadar, bahwa itu mungkin saja berhasil kalau kita berjuang lagi dan lagi.

Menyerah tidaklah meninggalkan masalah. Tapi meninggalkan dirimu dalam sebuah penyesalan yang tidak ada ujungnya

Apa yang harus dilakukan? satu-satunya jalan adalah naik keatas. Tidak ada jalan ke kanan atau kiri. Tapi naik keatas lagi. Ingat tulisan ku mengenai “Lebih baik bodoh mencoba daripada bodoh untuk berdiam diri” ? begitulah analoginya. Diam atau menyerah akan menghasilkan hal yang sama. Yaitu diam. Bedanya hanya kamu diam untuk merasakan siksaan melihat yang lainnya sukses, atau siksaan penyesalan didalam dirimu yang sedang mencari pelarian.

Nangis, nangis lah. Teriak, teriak lah. Emosi hanya akan datang dan lewat, begitu juga masalah. Hidup itu tidak ada yang abadi, begitu juga masalah. Pasang surut akan tergantikan dengan pasang naik. Dengan memahami bagaimana kehidupan ini berjalan, maka semakin kita menyadari, apapun yang kita jalani adalah proses untuk mencapai tujuan hidup kita. Tidak ada tujuan hidup yang buruk, hanya proses buruk yang ingin menggodamu untuk mencapainya.

Aku percaya bahwa tuhan sedang membantu umatnya untuk mencapai tujuan dengan didikan didalam prosesnya. Kini saatnya kita belajar tiap hari, tiap jam, menit, maupun detik kehidupan. Karena kita tidak tau, mata pelajaran apa yang tuhan sedang ajarkan ke kita. See you on top.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *