Ingin Punya Penghasilan Tambahan? Begini Caranya!

Ingin Punya Penghasilan Tambahan? Begini Caranya!

Nggak bisa dimungkiri meskipun kita telah memiliki pekerjaan, kadang kali keuangan untuk kehidupan sehari-hari tak mencukupi. Jadi, mau tidak mau kita harus memikirkan bagaimana caranya punya penghasilan tambahan.

Namun di lain sisi, pekerjaan utama juga telah menyita banyak waktu dan tenaga. Lalu, bagaimana cara mendapatkan sumber penghasilan tambahan? Nggak perlu khawatir, berikut Young On Top rangkum cara menghasilkan uang tambahan yang bisa YOTers ikuti.

1. Menjadi Freelancer

Ingin memiliki penghasilan tambahan dengan cepat dan tanpa ribet? Kamu bisa menjadi freelancer sesuai minat dan keahlianmu. Misalnya aja kamu memiliki keahilan menulis, nah kamu bisa bekerja sama dengan media yang memang membuka kesempatan bagi penulis lepas. Dengan begitu, kamu jadi bisa deh menghasilkan uang tambahan dari kerja sampingan.

2. Buka Jasa Reseller atau Dropshipper

Di era yang serba digital ini, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membeli barang secara online ketimbang membeli langsung di toko. Nah kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara menjadi reseller atau membuka jasa dropshipper

Melansir dari Lifepal, reseller yaitu ketika seseorang membeli produk dengan harga tertentu dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi sehingga ia akan mendapatkan untuk dari selisih harga tersebut.

Sedangkan dropshipper adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan pemilik toko untuk memasarkan produk saja. Ketika ada pesanan datang maka pemilik toko lah yang akan melakukan penyediaan dan pengiriman barang sehingga dropshipper mendapatkan keuntungan atas jasa penjualan yang dilakukannya.

Dari perbedaan antara reseller dan dropshipper ini, kamu bisa memilih mana yang kiranya lebih menguntungkan.

Baca juga: 7 Usaha Rumahan Paling Menjanjikan, Cuma Butuh Modal Kecil!

3. Melakukan Investasi

Apabila YOTers ingin menambah penghasilan tapi nggak memiliki banyak waktu luang, melakukan investasi bisa jadi solusinya nih. Kini sudah banyak jenis-jenis investasi yang bisa kamu pilih.

Mulai dari investasi emas, investasi properti, reksadana, hingga deposito. Kamu tinggal pilih jenis investasi apa yang kiranya cocok dan menguntungkan. Namun, sebelumnya pastikan perusahaan tempat kamu berinvestasi telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Mengikuti Program Affiliate Marketing

Cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet tanpa modal yang terakhir yaitu mengikuti program affiliate marketing. Pada dasarnya, sistem affiliate ini seperti penjualan berbasis komisi. Artinya, ketika YOTers berhasil menjual barang atau jasa dari suatu perusahaan maka kamu akan mendapatkan uang sebagai komisi atas penjualan itu. 

Itulah keempat alternatif yang bisa YOTers lakukan apabila ingin memiliki penghasilan tambahan. Mudah banget, kan?

Saat membangun sebuah usaha atau ingin memiliki penghasilan tambahan, tentunya kita membutuhkan networking yang luas agar bisnis dapat berkembang nantinya. Untuk menjalin hubungan dengan banyak orang, sering-seringlah ikut seminar atau bisa juga gabung bersama komunitas.

Bagi YOTers yang ingin menjalin networking dengan ratusan komunitas di berbagai bidang, kamu bisa nih mengikuti Connext Community Festival 2021. Menariknya, kamu juga bakal dapetin banyak inspirasi dari para founder komunitas di event komunitas ini.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan CCF dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

POSTER CCF square

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karier, bisnis, dan dunia perkuliahan untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *