Ingin Membuat Video Promosi Produk? Ini Tipsnya!

Di era digital ini mengharuskan kita sebagai manusia untuk melakukan berbagai aktivitas berbasis digital, tak terkecuali sektor bisnis seperti jual beli. Oleh karena itu, kita sebagai pebisnis harus bisa memanfaatkan media ini untuk mengembangkan bisnis.

Salah satunya adalah dengan melakukan usaha periklan. Dengan melakukan usaha periklan, kita dapat mengenalkan produk kita kepada khalayak ramai. Maka dari itu, iklan merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis. Nah, disini kita akan lebih menekankan pambahasan mengenai iklan menggunakan video, tepatnya tips membuat video promosi produk.

Dalam membuat video tidak bisa hanya sekedar aktivitas rekam dan unggah, banyak hal yang harus di perhatikan agar dapat menarik perhatian calon pembali. Berikut adalah cara dan tips dalam membuat video promosi produk:

  1. Lakukan Riset

Langkah awal sebelum membuat video dan menentukan berbagai hal lainnya adalah melakukan riset untuk mempermudah menentukan langkah selanjutnya. Topik tidak harus melulu deskripsi mengenai produk.  Oleh karena itu riset dibutuhkan agar mudah memahami dan menentukan target dan konsep. Berbagai hal harus di riset dan cari datanya terlebih dahulu.

Beberapa pertanyaan yang membantu dalam proses riset antara lain: Siapakah target iklan? Apa yang menjadi perbincangan? Keresahan apa yang kerap dialami target audiens? solusi apa yang akan diberikan? Keyword apa yang sedang booming?

  1. Buatlah Topik dan Konsep yang Relevan dan Jelas Tujuannya

Langkah selanjutnya, dalam membuat sesuatu tentunya kita harus memiliki topik yang menentukan arah tujuan video. Pilihlah topik menarik yang sesuai dengan produk yang di promosikan dan jangan melenceng dari brand image produk. Selanjutnya konsep dalam video harus jelas dan jangan bertele-tele. Pembuatan konsep ini juga harus berurutan, jangan acak-acakan dan tidak jelas agar audiens bisa menangkap tujuan dari video yang dibuat.

  1. Buatlah Video Singkat dengan Pembuka yang Memikat

Keep it short and simple. Video promosi produk tidak harus selalu mengandung cerita yang Panjang, justru video yang singkat namun padat dan jelas lebih menarik bagi audiens. Dalam kurun waktu kurang lebih 15-60 detik sudah cukup untuk membuat video iklan promosi.

Nah, selanjutnya pada bagian pembukalah yang menjadi penentu apakah audiens akan melanjutkan menonton video atau tidak. Sehingga kita harus menentukan opening semenarik mungkin. Opening yang menarik dapat berupa cuplikan kejadian yang mencerminkan kejadian terkini, atau berupa pertanyaan yang mengajak audiens menonton hingga akhir untuk menemukan jawabannya.

  1. Buatlah Konten yang Menjual

Walaupun video berdurasi singkat, namun harus tetap menjual. Setelah opening, bisa dilanjutkan dengan cerita atau memaparkan keresahan yang dialami target audiens. setelah audiens merasa relate dengan dirinya, buatlah solusi dari keresahan tersebut berupa produk yang kita tawarkan. Dan tahap terakhir adalah CTA atau call to action, maksudnya adalah mengajak audiens untuk membeli produk.

Contohnya jika menjual produk skincare, paparkan keresahan yang kerap dialami target audiens seperti muka kusam dan berjerawat, selanjutnya tawarkan solusinya dengan memaparkan produk skincare yang dijual dan jelaskan manfaatnya. Sebagai penutup ajak audiens untuk segera membeli produk dengan diadakan diskon atau produk terbatas (limited stock).

  1. Perhatikan Kualitas Video

Kualitas video yang baik akan mendapatkan kesan yang baik pula dari audiens. Memperhatikan kualitas video mulai dari Gambar visual, grafik, video, suara, musik, dan teks sangat berpengaruh terhadap kesan yang akan dirasakan oleh audiens. Video promosi harus membuat suasana video yang nyaman dan menarik. Jangan menambahkan teks yang berlebihan pada video, karena hal ini dapat mengganggu audiens dalam memahami video.

Video yang bagus tidak hanya berdasarkan cerita yang disampaikan, tetapi juga harus proporsional. Gambar visual, grafik, video, suara, musik, dan teks haruslah dirangkai dengan komposisi yang pas, sehingga membuat audiens lebih tertarik untuk terus menonton. Hal yang tak kalah pentingnya adalah penggunaan musik pada video, berhati-hatilah dalam memilih musik. Pastikanlah musik yang digunakan nyaman untuk di dengar dan tidak melanggar hak cipta.

Itulah tips dan cara yang bisa dilakukan untuk membuat video promosi produk agar lebih baik dan menarik. Semoga bermanfaat. See you on top.

 

Written by: Fani Ulfida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *