10 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

10 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Saat memasuki dunia kerja, kita nggak hanya dituntut memiliki hard skill namun juga penting menguasai berbagai soft skillTanpa soft skill, bisa-bisa kamu ketinggalan dan nggak mampu bersaing dengan orang lain. Lantas, apa aja sih soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja?

Apa itu soft skill?

Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu tahu dulu nih apa sih sebenarnya soft skill itu? Melansir dari The Balance Careers, soft skill merupakan kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan cara seseorang bekerja. Kemampuan ini melibatkan bagaimana karyawan berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga memanajemen pekerjaan. 

Dari pengertian tersebut, tentunya soft skill sangat berbeda jauh dengan hard skill. Gimana enggak? Jika biasanya hard skill bisa didapat dan dikembangkan melalui pelatihan dan pengalaman di bidang tertentu, sedangkan soft skill dapat dipelajari dengan membaca buku dan mendengarkan pengalaman orang dalam menghadapi suatu masalah.

Artinya, kamu perlu mengasah sendiri soft skill mu dengan melihat permasalahan di lingkungan sekitar

Soft skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja

Seiring berkembangnya zaman, kemampuan kita baik hard skill maupun soft skill juga perlu ditingkatkan. Jika dulu kita dituntut untuk pandai berkomunikasi, kini pandai komunikasi aja nggak cukup lho. 

Berdasarkan World Economic Forum, ada sejumlah skill yang perlu kita tingkatkan karena skill ini nantinya dibutuhkan di dunia kerja pada 2025 mendatang. Berikut soft skill yang patut kamu miliki:

  • Berpikir analitis dan inovatif.
  • Mampu belajar secara aktif dan mandiri. 
  • Skill memecahkan masalah yang kompleks.
  • Berpikir kritis dan analisis.
  • Kreatif, original, dan inisiatif.
  • Kemampuan untuk memimpin dan bersosialisasi.
  • Ketahanan, toleransi stres dan fleksibilitas di dunia kerja.
  • Mampu menggunakan teknologi terbaru serta mengontrol dan memonitornya. 
  • Kemampuan untuk mendesain teknologi dan programing. 
  • Mampu memecahkan masalah, penalaran, dan membuat ide. 

Alasan kenapa kemampuan personal penting dalam dunia kerja dan bisnis

Setiap pekerjaan tentunya membutuhkan hard skill dan soft skillAgar hasil pekerjaan jadi lebih maksimal, kedua kemampuan ini harus saling beriringan. Kemampuan soft skill yang baik tentunya akan mendukung karier kamu meningkat dengan lebih baik. Ada begitu banyak alasan kenapa soft skill sangat penting, diantaranya:

  • Soft skill berguna untuk melatih pengelolaan diri
  • Soft skill membantu kamu dalam melatih kemampuan kepemimpinan.
  • Kemampuan personal akan berpengaruh terhadap mental yang kamu miliki. 
  • Dunia kerja masa depan akan mengandalkan kemampuan personal.

Jadi YOTers, nggak hanya hard skill aja yang kita butuhkan tapi soft skill juga penting untuk menunjang karier kita ke depannya.

Ingin mendapatkan lebih banyak konten inspiratif dari narasumber berpengalaman? Yuk, segera daftar Paket Muda Hebat yang dibuat oleh ekosistem Young On Top. Di sini kamu bisa mendapatkan berbagai kisah inspiratif dari para ahli, tips dan trik seputar karir, bisnis, dan masih banyak pembahasan menarik lainnya.

Menariknya lagi, konten-konten YOT Premium dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari artikel, video, hingga podcast. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung aja daftar di sini!

Atau, langsung aja klik gambar di bawah ini ya!

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karier, bisnis, dan dunia perkuliahan untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *