10 Universitas Terindah di Dunia

Universitas Terindah di Dunia

Tak hanya dari segi kualitas sistem pembelajaran, banyak calon mahasiswa yang juga memilih universitas berdasarkan fasilitas dan keindahan pemandangannya. Memang bisa mengenyam pendidikan di kampus dengan tata bangunan yang indah pastinya bisa menambah semangat belajar ya YOTers?

Adanya faktor ini lah yang membuat kampus-kampus di Indonesia maupun dunia akhirnya berupaya untuk meningkatkan kenyamanan kampus, salah satunya dengan memperindah arsitektur bangunannya. Saking uniknya, sejumlah universitas di dunia ini berhasil memperoleh predikat sebagai universitas terindah di dunia, lho!

Melansir dari campuspedia, berikut 10 universitas terindah di dunia versi Times Higher Education.

1. Heidelberg University, Jerman

Bagi YOTers yang suka dengan keindahan bangunan tua, Heidelberg University ini cocok jadi pilihan. Arsitektur dengan ciri khas jembatan batu, menara, dan gedung-gedung berbahan bata merah bergaya baroque ini akan membuat kamu takjub karena pemandangannya seperti bangunan di negeri dongeng.

Selain mendapat predikat sebagai universitas terindah di dunia, Heidelberg University yang didirikan pada tahun 1386 ini juga menjadi salah satu universitas tertua di dunia, lho!

2. Sorbonne University, Perancis

Di balik julukan Paris, Perancis sebagai ibukota pusat mode dunia ini, ternyata Paris juga memiliki universitas dengan arsitektur megah dan memesona. Yaps, namanya Sorbonne University. Sorbonne University resmi menjadi perguruan tinggi negeri di Perancis setelah penggabungan Paris Sorbonne University dan Pierre and Marie Curie University pada 2018 silam.

3. Flagler College, Amerika Serikat

Nggak mau ketinggalan, Amerika Serikat juga memiliki universitas dengan sejuta pesona keindahan. Bangunan utamanya didominasi dengan konstruksi gaya renaisans Spanyol lengkap dengan susunan dinding bata merah dan jendela melengkung. Nggak banyak yang tahu bahwa dulunya kampus ini adalah bangunan hotel yang cukup megah.

4. Royal Roads University, Kanada

Tak jauh dari Amerika, universitas terindah di dunia kali ini berada di negara Kanada. Kalau kamu ke Royal Roads University, kamu pasti akan merasa berada di kastil layaknya negeri dongeng. Nggak hanya itu, di sini kamu juga bisa menikmati waktu bersantai di taman jepang dengan suguhan pemandangan laut dan keindahan pegunungan Olimpiade. 

5. University of Otago, Selandia Baru

Universitas yang berdiri di tahun 1869 ini merupakan universitas pertama dan tertua di daratan Selandia Baru. Berkat keunikan bangunannya yang mengusung arsitektur bergaya neo-gothic tradisional dan memadukan unsur modernis di dalamnya, University of Otago sukses mendapat predikat sebagai universitas terindah di dunia.

Baca juga: Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL dan IELTS

6. The Hongkong University of Science and Technology, Hongkong

Nggak cuma negara-negara Eropa, salah satu negara yang berada di kawasan Asia ini tepatnya di Hongkong juga memiliki universitas dengan arsitektur bangunan yang menakjubkan. The Hongkong University of Science and Technology merupakan salah satu kampus megah dengan dominasi arsitektur modern yang dapat memanjakan mata.

Tau nggak sih YOTers? Gedung kegiatan akademik The Hongkong University of Science and Technology berada di atas perbukitan, lho!

7. University of Catania, Mediteranua

University of Catania yang berlokasi di pulau Mediterania Sisilia ini juga ternyata menyimpan pesona yang tak kalah indahnya. Menariknya, University of Catania juga menjadi kampus pertama yang didirikan di pulau Mediterania.

Dengan sejuta keindahan, bangunan utama kampus ini didesain dengan gaya Renaisans dan lantainya pun bermotif mozaik ala abad pertengahan.

8. Shoolini University of Biotechnology and Management Sciences, India

Kebayang nggak sih gimana rasanya berada di atas pegunungan Himalaya? Pasti indah dan asri banget ya. Nah, bagi YOTers yang ingin kuliah dengan pemandangan kampus yang indah nan asri, Shoolini University of Biotechnology and Management Sciences ini patut masuk daftar kampus pilihan.

Berkat pemandangannya yang mampu menyegarkan mata, kampus berhasil mendapat predikat sebagai kampus terhijau karena menghasilkan 2 kali lipat energi lebih banyak dibandingkan energi yang mereka gunakan.

9. Monterrey Institute of Technology, Meksiko

Monterrey Institute of Technology merupakan universitas swasta terbaik se-Mexico yang berdiri sejak 1943 silam. Salah satu yang paling ikonik dari bangunan kampus ini yaitu menara CETEC yang dibangun dengan struktur kaca dan batu besar yang terlihat seolah menancap ke tanah.

Nggak cuma itu, gedung rektorat Monterrey Institute of Technology juga dihiasi mural karya seniman Jorge González Camarena.

Baca juga: 4 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Supaya Gak Salah Ambil Jurusan Kuliah

10. Katholieke Universiteit (KU) Leuven, Belgia

Kampus yang sarat akan sejarahnya ini merupakan universitas katolik tertua di dunia dan berhasil dinobatkan sebagai universitas terindah di dunia. Berdiri sejak tahun 1425, Katholieke Universiteit mengusung nuansa ala Eropa abad pertengahan. Nah, bangunan utamanya sendiri juga bergaya Renaisans yang dikelilingi oleh jalan berbatu serta taman-taman hijau.

Nah itu dia YOTers 10 universitas terindah di dunia. Setiap universitas punya ciri khasnya masing-masing. Kira-kira kamu tertarik sama universitas yang mana nih?

Ingin mendapatkan lebih banyak konten inspiratif dari narasumber berpengalaman? Yuk, segera daftarkan diri kamu menjadi Premium Member Young On Top. Di sini kamu bisa mendapatkan berbagai kisah inspiratif dari para ahli, tips dan trik seputar karir, bisnis, dan masih banyak pembahasan menarik lainnya.

Menariknya lagi, konten-konten YOT Premium dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari artikel, video, hingga podcast. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung aja daftar di sini!

Atau, langsung aja klik gambar di bawah ini ya!

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karier, bisnis, dan dunia perkuliahan untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *