Ini yang Bisa Kamu Katakan Ketika Ditanya “Apa Ada Pertanyaan?” Saat Interview

Ini yang Bisa Kamu Katakan Ketika Ditanya Apa Ada Pertanyaan Saat Interview

YOTers khususnya yang sedang mencari pekerjaan pasti pernah merasa bingung ketika ditanya oleh recruiter saat interview mengenai “Apa ada pertanyaan?”. Saking bingungnya, sampe-sampe memilih untuk menjawab “Tidak ada pertanyaan yang ingin saya ajukan”. Hmm.. sayang banget kalau kamu menyia-nyiakan kesempatan bertanya. 

Padahal, momen ini bisa menjadi salah satu tolak ukur keseriusan kamu saat melamar pekerjaan. Lho kok gitu? Yaps, karena dengan bertanya, kamu akan terlihat sangat tertarik dengan perusahaan tersebut.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi seputar posisi yang kamu lamar sehingga saat diterima, kamu sudah memiliki sedikit gambaran terhadap pekerjaan yang akan dilakukan nantinya.

Lalu apa sih yang seharusnya ditanyakan kepada recruiter? Yuk simak jawabannya!

Bedakan pertanyaan untuk HRD dan user

Setiap perusahaan tentu memiliki standar dan proses penjaringan karyawan yang berbeda-beda. Namun umumnya, perusahaan akan mengadakan proses seleksi interview dengan HRD dan juga user. Interview HRD biasanya akan dilaksanakan di awal tahapan dan ketika kamu dinyatakan lolos interview HRD, selanjutnya kamu akan menghadapi interview user.

Nah, apabila kamu mendapat pertanyaan “Ada yang ingin ditanyakan?” kamu harus membedakan kedua hal ini.  Buatlah pertanyaan secara general untuk diberikan kepada HRD. Lalu, untuk wawancara user, kamu bisa mempersiapkan pertanyaan menyangkut posisi kerja yang dilamar. 

Pertanyaan untuk HRD

Saat kamu masih proses interview HRD, dan HRD memberikan kamu kesempatan untuk bertanya, maka kamu bisa mengajukan pertanyaan seperti berikut ini:

1. Budaya perusahaan

Tanyakanlah seputar budaya perusahaan. Dengan begitu, kamu tidak hanya akan terlihat antusias dan tertarik dengan perusahaan tersebut. Tapi kamu juga jadi lebih memahami budaya apa saja yang mereka terapkan. Artinya, apabila kamu dinyatakan lolos, maka kamu sudah nggak kaget lagi dengan budaya perusahaan itu.

2. Tanyakan jenjang karier

Siapa sih yang nggak pengen bekerja di kantor yang menjanjikan jenjang karier yang cemerlang? Nah, bagi kamu yang ingin terus meningkatkan karier, kamu bisa bertanya pada HRD adakah program pelatihan dan pengembangan karyawan di perusahaan tersebut.

 3. Alur penerimaan karyawan

Kamu pasti nggak pengen kan status lamaran kamu digantungin sama HRD? Makanya jangan sampai lupa untuk menanyakan bagaimana alur tes penerimaan karyawan di perusahaan tersebut.

Misalnya “Apabila saya dinyatakan lolos, apa tahapan proses penerimaan karyawan selanjutnya?” Dengan begitu, kamu bisa bersiap-siap jika lolos ke tahap selanjutnya. Selain itu, kamu juga bisa bertanya “Jika saya lolos ke tahap selanjutnya, kapan saya akan dihubungi kembali?”

Baca juga: Saat Gak Dapet Kepastian dari HRD Soal Lamaran Kerja

Pertanyaan untuk user

Jika kamu dinyatakan lolos wawancara HRD, maka tahap selanjutnya yaitu wawancara user. User di sini nantinya yang akan menangani kamu atau menjadi atasan kamu secara langsung. Saat interview, user akan melihat bagaimana kompetensi kamu. Nah apabila user memberikan kamu kesempatan untuk bertanya. Kamu bisa menanyakan hal-hal seperti berikut:

1. Detail job desk

Kamu bisa menanyakan detail job desk posisi yang kamu lamar. Di sini lah kamu akan memastikan bahwa pekerjaan yang akan kamu lakukan sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan dibutuhkan perusahaan.

2. Alur pekerjaan

Selain detail job desk, kamu juga bisa menanyakan alur pekerjaan yang akan kamu tangani nantinya. 

3. Keterikatan kerja sama dengan bagian lain

Jangan lupa juga untuk menanyakan dengan pihak mana kamu akan lebih banyak bekerja sama.

4. Tantangan yang akan dihadapi

Hal lain yang bisa kamu tanyakan lebih dalam yaitu terkait tantangan terbesar apa saja yang akan kamu hadapi jika diterima di posisi yang kamu lamar. Meski pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki tantangan tersendiri, tapi nggak ada salahnya menanyakan kembali hal ini.

Itulah beberapa  hal yang bisa kamu katakan apabila ditanya apakah ada pertanyaan saat interview. Jangan sia-siakan kesempatan ini, ya!

YOTers, ingin mendapatkan inspirasi dari berbagai narasumber hebat dan berpengalaman di bidangnya? Yuk ikuti W-Summit (Women Summit) 2021!

Event yang diselenggarakan khusus untuk perempuan Indonesia ini akan menghadirkan perempuan-perempuan hebat dari berbagai bidang. Mereka akan sharing ilmu dan pengalamannya. Mulai dari pengalaman berkecimpung di dunia entertainment, wanita karir, pemimpin perusahaan, wirausaha, dan masih banyak lainnya.

Menarik banget kan? Tunggu dulu? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan W-Summit dan subscribe YouTube Young On Top  terlebih dahulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

POSTER W SUMMIT

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karier, bisnis, dan dunia perkuliahan untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *