Investasi yang Bisa Dilakukan Selagi Muda

Berbicara tentang investasi tentu related kaitannya dengan dunia finansial yaitu suatu proses penanaman modal. Namun investasi yang dimaksud disini bukan seperti yang disebutin diawal ya. Banyak pertanyaan  yang timbul dibenak anak-anak muda saat ini khususnya bagi mereka yang masih menempuh pendidikan di bangku perkuliahan atau mereka yang berusia di kisaran 18-20 tahunan serta belum memiliki pekerjaaan dengan pendapatan tetap.

“Aku pengen belajar investasi nih, tapi investasi apa ya yang cocok? “. Tenang guys, ada kok model investasi yang bisa dilakuin sama kalian anak-anak muda, yuk simak penjelasannya ya.

  1. Investasi Dalam Hal Pengembangan Diri

Menurut Abd. Chayyi Fanani (2003:31), pengembangan diri adalah pengembangan atas segala potensi yang kita miliki sebagai bentuk usaha guna meningkatkan potensi berpikir dan berprakarsa serta meningkatkan kapasitas intelektual melalui berbagai aktivitas.

Investasi pengembangan diri bagi kalian anak-anak muda adalah penting, kalian harus mampu memaksimalkan waktu untuk meningkatkan potensi dan kualitas diri kalian. Aktivitas pengembangan diri dapat dilakukan melalui pendidikan formal (SD,SMP,SMA, dan Kuliah di perguruan tinggi) dan pendidikan non formal (kursus bahasa asing, kursus keterampilan dll).

  1. Investasi Dalam Hal Hubungan Dengan Orang Lain

Zoon Politicon, itulah sebutan Ariatoteles untuk menggambarkan manusia. Zoon politicun berarti manusia adalah makhluk sosial. Dimana dalam memenuhi kebutuhannya manusia tidak dapat lepas dari peran orang lain, sehingga dapat disimpulkan bahwa manusia selalu berhubungan dengan manusia yang lain.

Lalu apa pentingnya investasi dalam hubungan bagi anak-anak muda, jika sejak dahulu manusia memang selalu berhubungan? Interaksi atau hubungan itu bentuknya bermacam-macam ya guys.

Investasi hubungan yang dimaksud adalah, selagi kalian muda coba perluas dan perkuat networking kalian. Tujuannya supaya kalian bisa membangun relasi yang baik dengan orang disekitar, bisa mendapatkan banyak ilmu-ilmu baru dari pengalaman teman-teman relasimu, kamu juga bisa berkesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan mudah, dan yang paling penting kalian bisa mendapatakan peluang kerja atau bisnis akibat jejaring networking  yang kalian bangun dengan baik.

Cara memperluas networking dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti, bergabung dengan komunitas/ organisasi baik didalam maupun diluar kampus, mengikuti program volunteering, membuat kegiatan dengan berkolaborasi, dan masih banyak lagi ya.

  1. Investasi Dalam Hal Kesehatan

Menjaga kesehatan kalian sejak dini merupakan investasi penting bagi masa depan loh, khususnya ketika telah memasuki usia tua. Segala hasil jeri payah di usia muda, dapat kalian nikmati ketika tua, ketika kalian dalam kondisi yang sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh kalian untuk berinvestasi kesehatan yaitu:

    1. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi
    2. Luangkan waktu untuk berolahraga ditengah kesibukan kalian
    3. Perbanyak minum air putih
    4. Istirahat yang cukup
    5. Jangan lupa bahagia ya, dengan bahagia kita bisa mengurasi tingkat stres akibat beban berat yang kita pikul.

Nah, itu dia beberapa contoh investasi yang bisa kalian lakukan selagi muda. Jadi investasi tidak melulu tentang saham, obligasi, emas seperti yang kamu kira ya. Investasi bisa berupa cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat kualitas diri kalian menjadi lebih baik. Ingat kualitas diri kalian memiliki peran penting dalam kesuksesan di masa depan. Bangun kualitas diri kalian selagi muda, dengan berinvestasi pada hal-hal di atas.

@besty.dyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *