Yuk Simak 3 Tips Melewati Tahap Wawancara Dalam Organisasi!

Tips Melewati Tahap Wawancara Dalam Organisasi

Halo opportunity seekers! Apakah kamu tahu, kalau untuk bisa bergabung dalam suatu organisasi kamu akan menjalani beberapa tahapan loh! Kebanyakan dari tahap tersebut adalah seleksi berkas, Leaderless Group Discussion (LGD), dan kemudian tahap akhir adalah interview atau wawancara.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa kamu lakukan pada saat tahap wawancara agar kamu dapat terlihat lebih menarik daripada kandidat lainnya!

1. Menunjukkan sikap yang baik

Tips Melewati Tahap Wawancara Dalam Organisasi
Sumber Foto: Pexels/cottonbro

Menunjukkan attitude atau sikap yang baik dapat membuat kamu menjadi lebih menarik loh di antara kandidat lain loh! Dimana dengan menunjukkan sikap yang baik, kamu juga menunjukkan bahwa kamu memiliki kepribadian yang baik. Menunjukkan sikap yang baik ini dapat kamu implementasikan dengan berbagai cara, yaitu:

Sopan Santun

Banyak sekali indikator yang kamu lakukan dalam menerapkan sopan santun dalam melakukan suatu wawancara, seperti menggunakan pakaian yang rapi, mengucapkan terima kasih pada saat memulai dan mengakhiri wawancara, berada di situasi yang kondusif minim gangguan, dan juga menjawab segala pertanyaan dengan sebaik mungkin.

Jangan Terlambat

Ini merupakan salah satu indikator penilaian yang sangat penting pada saat wawancara organisasi. Jika kamu datang terlambat tanpa adanya pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap penilaian kepribadianmu, bahwa bisa saja kamu dinilai tidak mempunyai manajemen waktu yang baik.

Situasi yang Kondusif

Karena pandemi sedang melanda, kebanyakan tahapan seleksi organisasi dilakukan secara daring. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu agar bisa berada di situasi sekondusif mungkin. Banyaknya gangguan pada sesi wawancara juga dapat berpengaruh terhadap penilaianmu. Last but not least, pastikan internet kamu juga berada dalam kondisi baik ya! Karena hal ini menjadi sangat penting ketika melakukan aktivitas daring salah satunya adalah melakukan wawancara.

2. Gunakan metode S.T.A.R

Tips Melewati Tahap Wawancara Dalam Organisasi
Sumber Foto: Pexels/Fauxels

Metode STAR ini merupakan metode yang cukup sering digunakan oleh kebanyakan orang pada saat melakukan tahap wawancara. Berikut adalah penjelasan mengenai metode STAR:

“Situation”

Dalam tahapan ini kamu dapat menjelaskan situasi yang sedang kamu hadapi dalam suatu pengalaman tertentu seperti kondisi pekerjaanmu, kondisi lingkungan hal yang kamu kerjakan, dan sebagainya. Tidak perlu terlalu detail namun setidaknya kamu menjelaskannya secara garis besar. 

“Task”

Pada tahapan ini, kamu diharapkan dapat menjelaskan apa yang menjadi tugas serta tanggung jawabmu pada situasi tersebut. Kamu bisa menjelaskan kepada pewawancara mengenai poin-poin yang menjadi tanggung jawabmu.

“Action”

Tahap ini berkesinambungan pada poin sebelumnya, di mana pada poin action ini kamu diharapkan menjelaskan apa aksi yang kamu lakukan dalam menjalani tanggung jawab yang kamu dapatkan. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki peran yang aktif dalam suatu situasi yang kamu alami.

“Result”

Pada bagian ini, kamu dapat menjelaskan hasil akhir dari situasi tanggung jawab yang kamu terima sejak awal. Hal ini bisa berupa pencapaianmu dalam menjalankan tanggung jawab peranmu dalam situasi tersebut.

3. Ajukan pertanyaan kepada pewawancara

Tips Melewati Tahap Wawancara Dalam Organisasi
Sumber Foto: Pexels/Sora Shimazaki

Pada dasarnya, wawancara adalah tahap komunikasi dua arah antara pewawancara dan yang diwawancara. Pada saat wawancara berakhir pewawancara biasanya akan memberimu kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, diharapkan kamu sebagai kandidat yang sedang melakukan wawancara untuk mengajukan suatu pertanyaan.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap organisasi yang kamu minati. Tetapi harus dipastikan juga pertanyaan yang kamu ajukan berkesinambungan dengan ruang lingkup organisasi serta pertanyaan yang juga berbobot.

Demikianlah tips yang dapat penulis sampaikan terhadap tips bisa menjadi kandidat yang menarik pada tahap wawancara. Tips ini tentunya dapat kamu terapkan juga loh untuk pada tahapan wawancara seleksi untuk menjadi member AIESEC in USU.

Perlu diketahui bahwa AIESEC in USU akan segera membuka rekrutmen untuk calon anggota baru pada tanggal 15 September 2021. Semoga dengan membaca tips di atas kamu dapat menerapkannya pada saat melakukan tahap wawancara nanti ya!

AIESEC in USU juga rutin nih membagikan tips untuk membangun karakter kamu yang tentunya berkaitan dengan pengembangan jiwa kepemimpinan melalui konten-konten yang bisa kalian lihat di Official Line@ AIESEC in USU dan juga Instagram! Banyak sekali hal-hal yang bisa menambah insight kita sebagai anak-anak muda. 

Yuk add akun media sosial Official LINE@ kita di @gyy4304 serta jangan lupa juga untuk follow Instagram kita yaitu @aiesecusu ya.  See you there!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *