5 Langkah Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Halo YOTers !!

Perjalanan jarak jauh sering sekali kita lakukan bareng keluarga, pasangan, ataupun teman kita baik dengan tujuan untuk berlibur, mudik, mengunjungi keluarga, mengurus keperluan bahkan bekerja yang mengharuskan kita untuk bepergian ke luar kota. Nah, sering banget nih YOTers kita melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor ataupun mobil yang mengharuskan kita berkendara selama berjam-jam untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Maka dari itu diperlukan tubuh yang sehat dan fit untuk melakukan perjalanan tersebut. Tidak hanya bagi supir yang memerlukan tubuh yang sehat dan fit, tetapi para penumpang juga perlu menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit agar perjalanan yang ditempuh dapat lancar dan aman sampai tujuan. Berikut langkah-langkah persiapan fisik yang dapat YOTers persiapkan:

  1. Olahraga Yang Cukup

Olahraga sangat perlu dilakukan ketika kita melakukan perjalanan jauh. Seperti yang kita ketahui ketika melakukan perjalanan jauh sangat menguras tenaga dan mental. Dengan melakukan olahraga maka akan menambah stamina, meningkatkan kebugaran tubuh, menjadikan tubuh tidak mudah sakit, serta menjernihkan pikiran sehingga ketika berkendara tidak mudah untuk tersulut emosi.

  1. Istirahat Yang Cukup.

Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk melakukan perjalanan jauh. Istirahat diperlukan untuk menjaga kewaspadaan dan konsentrasi ketika berkendara. Melakukan tidur dimalam hari selama tujuh sampai delapan jam saat sebelum melakukan perjalanan. Ketika melakukan perjalanan pun tetap dibutuhkan istirahat maksimal setiap empat jam sekali untuk peregangan serta menghirup udara sehingga tubuh kembali bugar. Diperlukan juga untuk melakukan peregangan dimulai dari kepala, tangan, badan sampai kaki secara berurutan sambil menghirup udara segar.

  1. Minum Vitamin, Minum Air Putih Secukupnya, dan Makan Makanan Yang Sehat.

Minum vitamin sebelum melakukan perjalanan jauh sangatlah penting untuk menghindari mudah letih dan sakit yang mana ketika bepergian jauh sangat dibutuhkan daya tahan tubuh yang prima. Memakan makanan yang sehat juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah imun dan menjaga daya tahan tubuh. Tidak lupa juga penuhi asupan cairan YOTers dengan meminum air sebanyak 8 gelas perhari agar konsentrasi dalam berkendara tidak terganggu. YOTers bisa juga meminum air jahe hangat untuk mencegah masuk angin dan mengurangi iritasi pada dinding lambung, yang mana mabuk perjalanan berhubungan erat dengan lambung bukan karena pusing.

  1. Mempersiapkan Obat-Obatan Pribadi.

YOTers harus mempersiapkan obat obatan untuk menemani YOTers dalam melakukan perjalanan jauh. Sehingga ketika YOTers berada didaerah yang sangat jauh dari apotik, YOTers sudah tenang. Obat-obatan yang perlu dipersiapkan adalah obat anti mabuk, obat mencegah masuk angin, serta minyak angin.

  1. Hindari Pola Hidup Tidak Sehat

Untuk melakukan perjalanan yang aman sampai tujuan, hendaknya YOTers menghindari pola hidup tidak sehat seperti begadang, merokok terlalu banyak, minum minuman keras serta pola makan yang tidak teratur. YOTers juga sebaiknya menghindari untuk memaksakan berkendara sendiri ketika berada dalam keadaan mabuk dikarenakan dapat membahayakan keselamatan YOTers selama dalam perjalanan.

 

Written by: Windi Ayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *