7 Ide Bisnis dan Pekerjaan untuk Anak Muda yang Paling Menjanjikan!

7 Ide Bisnis dan Pekerjaan untuk Anak Muda yang Paling Menjanjikan

Memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi tentu menjadi impian bagi semua orang. Ada begitu banyak bisnis dan pekerjaan yang bisa kita geluti namun nggak semua bidang usaha dan pekerjaan bisa memberikan gaji dan pemasukan yang tinggi ya YOTers.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat seseorang menerima gaji yang lebih tinggi ketimbang profesi bidang lainnya. Nah, bagi YOTers yang ingin punya banyak cuan tapi bingung harus menjalani bisnis dan pekerjaan yang seperti apa, berikut Young On Top rangkum 7 ide bisnis dan pekerjaan untuk anak muda yang paling menjanjikan.

1. Content Manager

Kemajuan teknologi memang membawa pengaruh besar bagi kehidupan sehari-hari. Kini, aktivitas jual beli nggak lagi dilakukan secara langsung tapi juga bisa melalui media sosial. Namun, memasarkan produk melalui media sosial juga nggak semudah yang kita pikirkan.

Agar konten-konten lebih menarik dan terstruktur tentu sebuah perusahaan khususnya e-commerce membutuhkan jasa Content Manager. Di Indonesia sendiri, profesi Content Manager tidak jauh berbeda dengan pakar IT. Di mana kedua profesi ini disebut paling menjanjikan dan bergaji tinggi.

Bahkan, gaji yang ditawarkan bisa mencapai Rp20 juta untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman di atas 5 tahun, lho! Melihat dari prospek kerjanya, Content Manager bisa menjadi peluang dan ide pekerjaan yang menjanjikan untuk anak muda, nih!

2. Marketing

Bisa dibilang, hampir semua industri membutuhkan ahli sales dan marketing. Tanpa marketing, proses pemasaran tentunya nggak akan berjalan lancar. Walaupun sering dianggap sebagai pekerjaan yang sepele, namun ternyata gaji profesi ini bisa mencapai angka Rp10 juta per bulannya.

Menariknya lagi, seorang marketing masih bisa mendapatkan uang tambahan. Biasanya uang tambahan ini diperoleh dari bonus atas penjualan yang telah dilakukan. 

Nggak cuma marketing biasa, YOTers juga bisa menjajal profesi sebagai Digital Marketer. Ada begitu banyak potensi yang bisa kamu gali di bidang Digital Marketing ini.

Nggak cuma untuk perusahaan, tapi juga untuk individu yang ingin membuka bisnis usaha sendiri. Sebab, prospek karir Digital Marketing sangat menjanjikan di era yang serba digital, maka gak sedikit perusahaan atau pun bisnis butuh seseorang yang ahli di dunia digital khususnya marketing.

3. Penulis Teknis

Technical Writer atau Penulis Teknis adalah profesi yang bertugas untuk menyusun komunikasi teknis dan umumnya di tulis dalam bentuk buku panduan. Pekerjaan Penulis Teknis juga termasuk membuat instruksi manual dan mengawasi database instruksional.

Melansir dari Merdeka.com, seorang Penulis Teknis bisa mendapatkan gaji paling tidak sekitar USD 70.000 per tahun atau Rp978,6 juta (Rp81 juta per bulan). Melihat dari prospek pekerjaan dan gaji, tentunya Penulis Teknis bisa menjadi peluang dan ide pekerjaan untuk anak muda.

Baca juga: Ini dia Tips Menulis Kreatif untuk Kamu yang Hobi Nulis!

4. Jual Beli Domain

Pernah nggak sih kamu kepikiran untuk menjalani bisnis jual beli domain? Memang sampai saat ini belum banyak yang tertarik untuk membuka jasa jual beli domain, tapi tahu nggak sih YOTers? Di masa yang serba digital ini, setiap perusahaan maupun pengusaha membutuhkan situs web yang bagus demi kelangsungan bisnisnya.

Maka nggak heran kalau banyak perusahan yang rela membayar harga yang mahal untuk alamat web yang sempurna. Salah satunya adalah Tesla. Melansir dari Katadata, alamat domain perusahaan milik Elon Musk ini menjadi salah satu nama domain paling mahal dan dibeli dengan harga $11 juta atau setara Rp 156 miliar.

Jadi gimana? Apakah kamu kepikiran menjadikan peluang ini untuk ide bisnis ke depannya?

5. Konsultan Keamanan Siber

Setiap perusahaan yang memiliki website tentunya membutuhkan keamanan yang tinggi. Sebab, data-data di dalamnya sangat krusial. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang akhirnya membutuhkan jasa Konsultan Keamanan Siber demi meminimalisir pencurian data dan demi memproteksi data-data konsumen.

6. Data Analyst

Permintaan terhadap tenaga kerja data analyst terus meningkat setiap tahunnya. Gimana enggak? Di zaman sekarang ini, para perusahaan di berbagai bidang tentunya membutuhkan tenaga kerja yang mampu membaca dan menganalisis data yang tersedia untuk keberlangsungan perusahaannya.

Seperti namanya, seorang Data Analyst memiliki tanggung jawab mengolah dan menerjemahkan data yang ada ke dalam suatu laporan agar nantinya mudah dipahami oleh manajemen perusahaan.

Bagi YOTers yang memiliki kemampuan menganalisis yang baik, Data Analyst bisa menjadi ide pekerjaan yang menjanjikan terlebih untuk masa yang akan datang.

7. Penguji Game

Pernah nggak sih kamu kepikiran untuk bermain sambil bekerja? Meski terkesan konyol, nyatanya profesi ini beneran ada, lho! Sebagai penguji game, kamu bertugas untuk bermain video game, memeriksa bug, alur permainan, dan memberikan feedback kepada pengembang agar mereka dapat meningkatkan kinerja dan struktur permainan.

Baca juga: Keren! Ini Dia Gamers Cewek Jagoan Indonesia!

Meski terkesan mudah, namun untuk menjadi seorang penguji game dibutuhkan pengalaman yang cukup mengenai berbagai game. Kalau kamu tertarik menggeluti profesi ini, mulai sekarang coba latih kemampuanmu untuk menganalisa kekurangan pada game yang dimainkan. 

Nah itu dia 7 ide bisnis dan pekerjaan untuk anak muda yang paling menjanjikan! Kira-kira YOTers tertarik menggeluti bidang apa nih?

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan inspirasi seputar karir maupun bisnis, kamu bisa nih ikutan acara W-Summit (Women Summit).

Event yang diselenggarakan khusus untuk perempuan Indonesia ini akan menghadirkan perempuan-perempuan hebat dari berbagai bidang. Mereka akan sharing ilmu dan pengalamannya. Mulai dari pengalaman berkecimpung di dunia entertainment, wanita karir, pemimpin perusahaan, wirausaha, dan masih banyak lainnya.

Menarik banget kan? Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan W-Summit dan subscribe YouTube Young On Top  terlebih dahulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung aja klik gambar di bawah ini ya!

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karier, bisnis, dan dunia perkuliahan untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *