Hati-Hati! 6 Penyakit Ini Sering Mengintai Pekerja Kantoran

penyakit pekerja kantoran

Nggak bisa dimungkiri bahwa kebanyakan pekerja kantoran biasanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan menatap layar komputer terlalu lama.

Meski terkesan nyantai dan nyaman karena tak perlu repot-repot bekerja di lapangan, nyatanya bekerja terlalu lama menatap layar dan duduk di posisi yang sama selama berjam-jam tentu bukan suatu hal yang baik ya YOTers!

Pasalnya, bekerja dalam posisi duduk selama berjam-jam akan berdampak buruk bagi kesehatan. Nggak cuma sekadar penyakit ringan, berbagai penyakit serius juga bisa mengintai kamu. Lantas, apa aja sih penyakit yang sering mengintai pekerja kantoran? 

1. Mengalami obesitas

Tahu nggak sih YOTers? Ternyata pekerja kantoran rentan mengalami penyakit obesitas, lho! Kok bisa? Yaps, duduk terlalu lama memang nggak bagus karena akan membuat pembakaran energi nggak bekerja dengan baik.

Saat pembakaran energi nggak berjalan maksimal, nantinya akan mengakibatkan penumpukan lemak pada bagian tubuh tertentu sehingga membuat pekerja kantoran rentan lebih besar risikonya mengalami obesitas atau berat badan berlebih.

2. Pekerja kantoran rentan terserang penyakit maag

Hayo YOTers ngaku siapa yang masih suka lupa makan kalau lagi asik kerja? Meski banyak deadline, bukan berarti kamu boleh melewatkan jam makan, ya!

Perlu YOTers ketahui bahwa sering menunda jam makan hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan. Alhasil kamu jadi mudah merasakan nyeri perut khususnya lambung. Tentu kamu nggak mau hal ini terjadi kan? Makanya, usahakan untuk tetap menjaga waktu makan meski harus menghadapi deadline.

3. Nyeri punggung dan leher

Penyakit pekerja kantoran yang paling sering terjadi yaitu nyeri punggung dan leher. Hal ini terjadi karena sehari-hari para pekerja menyelesaikan tugas kantornya sambil duduk.

Nah, posisi duduk yang kurang tepat bisa memicu penyakit punggung dan leher. Sakit punggung ini bukan hanya memengaruhi otot punggung, melainkan juga bisa mempengaruhi tulang punggung dan postur tubuh. Makanya jangan lupa untuk meregangkan otot-otot dan berganti posisi saat bekerja, ya!

Baca juga: Mengenal Hustle Culture dan Dampak Negatif Bagi Kesehatan

4. Risiko terserang penyakit jantung

Nggak cuma bikin sakit leher dan punggung, orang bekerja dalam posisi duduk yang lama setiap harinya juga rentan terserang penyakit jantung, lho!

Pasalnya, duduk berlama-lama dalam posisi yang sama ini akan memperlambat proses peredaran darah dalam tubuh sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan otot dalam membakar lemak. Apabila lemak dalam tubuh nggak dibakar secara optimal, maka dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada jantung.

5. Menurunnya tingkat kesuburan

Penyakit pekerja kantoran lainnya yang bisa mengintai yaitu menurunnya tingkat kesuburan. Pasti YOTers bertanya-tanya “Apa hubungannya kerja di kantoran dengan menurunnya tingkat kesuburan?” Jadi gini YOTers, banyak dari pekerja terlebih laki-laki yang rela untuk overtime.

Meski dapat menambah penghasilan, nyatanya hal ini justru bisa memicu gangguan kesuburan seperti disfungsi ereksi hingga penuruan jumlah sperma.

6. Sakit mata atau mata lelah dan tegang

Mata tegang dan lelah menjadi salah satu penyakit pekerja kantoran yang paling sering terjadi. Secara nggak langsung mungkin kamu gak sadar akan masalah yang satu ini, terlebih ketika kamu sibuk dengan tugas-tugas yang numpuk.

Saat mata merasa lelah, biasanya kamu akan merasakan pandangan kabur, sakit kepala,  mata memerah dan mata terasa kering. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya hindari menatap layar komputer secara berkala dan jangan lupa untuk mengistirahatkan mata, ya!

Nah itu dia YOTers sederet penyakit yang sering mengintai pekerja kantoran. Tentu kamu nggak mau kan mengalami penyakit ini? Oleh karena itu, sering-seringlah melakukan peregangan otot selama bekerja, ya!

Ingin mendapatkan inspirasi seputar karir maupun bisnis? Yuk gabung dan ikutan acara W-Summit (Women Summit).

Event yang diselenggarakan khusus untuk perempuan Indonesia ini akan menghadirkan perempuan-perempuan hebat dari berbagai bidang. Mereka akan berbagi ilmu dan pengalamannya. Mulai dari pengalaman berkecimpung di dunia entertainment, wanita karir, pemimpin perusahaan, wirausaha, dan masih banyak lagi.

Menarik banget kan? Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan W-Summit dan subscribe YouTube Young On Top  terlebih dahulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung aja klik gambar di bawah ini ya!

Lebih banyak artikel menarik seputar karier, bisnis, dan dunia perkuliahan untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *