Kapan Kamu akan Paham untuk Memulai ?

Menjadi sebuah kebiasaan bagi setiap orang masih meragukan kapasitas dirinya untuk memulai sesuatu hal. Beberapa alasan yang sering aku dengar adalah karena umur, pengalaman, dan jenjang pendidikan. Tapi apakah begitu nyatanya? apakah artinya kita tidak bisa memulai lebih dulu?

“Resiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apapun. Di dunia yang berubah sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.” – Mark Zuckerberg

Resiko. Betul sekali, alasan yang menjadi dasar dari alasan-alasan sebelumnya.

“Umur ku belum cukup, nanti gagal lagi”

“Pengalamanku belum cukup, tunggu tamat dulu kali ya”

Pernah kah kita denger kata-kata ini muncul dari temen-temen kita? pastinya pernah. Bukan cuman pernah, tapi sering. Ketakutan akan resiko. Itu kunci dari semua alasan yang mereka paparkan. Kalau dibilang karena hasilnya kecil, menurutku memang ada faktor itu, tapi mayoritas, pasti karena ketakutan dari dirinya sendiri akan resiko yang didapat.

Tapi tau gak? ada hal yang lebih menarik untuk diketahui. Apakah itu? Semakin kita berumur, berpengalaman, dan lainnya, mimpi akan semakin memudar sampai kamu merasa tidak ada mimpi lagi untuk diperjuangkan KALAU kamu mengikuti alur saja dari muda sampai tua. Dan muncul lah quotes, “Akan indah pada waktunya”.

Aku berharap aku masih bisa tetap muda tapi tiap harinya mengejar mimpi yang mustahil sekalipun di era ini. Karena apa? karena aku gak mau tua nanti aku hidup tanpa bisa menciptakan satupun mimpi yang aku inginkan dan hanya bisa berdoa serta mengkonsumsi obat tenang dalam menjalani hari tua ku.

Apa yang aku lakukan? aku harus menganggap resiko adalah sarapan tiap hari yang harus diambil. Walau orang gak berani melakukannya, aku akan coba lakukan kalau tujuannya jelas. Kalau salah atau gagal, ingat kata-kata Henry Ford.

“Kegagalan hanyalah Kesempatan untuk memulai lagi, kali ini lebih cerdas.” – Henry Ford

Kalau bisa lebih dini untuk menyempurnakan langkah dari tiap kegagalan dari resiko yang sudah diambil, untuk apa tunggu hari tua yang belum pasti kamu bisa menyempurnakannya saat kamu tidak berapa lama lagi kamu bisa menjalaninya dengan kehidupan? Yuk kita generasi muda lebih dini untuk memulai. Pahami resiko, dan buatlah beberapa rancangan lalu kerjakan dengan maksimal. See you on top……….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *