Mau Sukses? 5 Kebiasaan Orang Jepang Ini Patut Kamu Tiru!

kebiasaan orang jepang

Tahukah YOTers? Jepang dikenal sebagai salah satu negara paling maju di dunia. Salah satu faktor yang mendukung kemajuan negara Jepang yaitu karena masyarakat Jepang dikenal mempunyai segudang kebiasaan baik, salah satunya tingkat kedisiplinan yang begitu ketat.

Selain itu, ada beberapa keunikan dan kebiasaan orang Jepang yang perlu kamu tahu nih. Apa saja? Berikut kebiasaan orang Jepang yang patut  dicontoh orang Indonesia.

Baca juga: 

1. Orang Jepang Memiliki Minat Baca yang Tinggi

Negara Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki minat baca yang tinggi. Nggak heran kalau kamu ke Jepang, kamu akan melihat sebagian besar masyarakat Jepang selalu menghabiskan waktu untuk membaca buku.

Bahkan, terkadang mereka nggak segan-segan membaca buku di mana pun dan kapan pun, contohnya membaca di transportasi umum. Bukan tanpa sebab, kebiasaan baik orang Jepang ini memang udah diterapkan sejak usia dini karena bagi mereka wawasan dan pengetahuan menjadi hal penting dalam kehidupan.

2. Selalu Menjaga Budaya dan Tradisi Leluhur

Nggak sedikit negara tetangga yang salut dengan masyarakat Jepang yang selalu menjunjung dan menjaga budaya maupun tradisi leluhur. Bahkan, banyak orang Jepang yang nggak lancar berbahasa Inggris karena sangat menjunjung tinggi bahasa lokalnya.

Kendati demikian, masyarakat Jepang tetap terbuka dan menerima kebudayaan Barat. Mereka pun nggak segan-segan mencontoh hal-hal positif dari kebudayaan negara lain. 

3. Bekerja Keras dan Mandiri

Selain disiplin, masyarakat Jepang juga dikenal sebagai individu yang pekerja keras dan mandiri. Para orang tua di Jepang memang sudah mendidik dan membiasakan anak-anaknya untuk hidup mandiri sejak kecil. Bahkan dalam keseharian, mereka diajarkan untuk merapikan alat makannya, dan mencucinya sendiri.

4. Lebih Memilih Transportasi Umum

Orang Jepang memiliki keunikan tersendiri dibanding negara kebanyakan. Gimana enggak? Untuk berpergian, masyarakat Jepang lebih memilih menggunakan transportasi umum dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Meskipun harga kendaraan di Jepang relatif murah, tapi mereka tetap lebih memilih naik transportasi umum.

5. Disiplin dan Taat Peraturan

Kalau poin ini sih sudah menjadi rahasia umum ya YOTers kalau orang Jepang dikenal disiplin dan taat peraturan. Kalau kamu ke Jepang, pasti kamu akan melihat budaya disiplinnya orang Jepang yang cukup ketat. Mereka nggak akan yang namanya berani menerobos walaupun keadaan segenting apapun. Sebab bagi mereka, hidup harus sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Nah, itu dia YOTers kebiasaan orang Jepang yang bisa kita contoh. Apabila ingin sukses, kamu bisa menerapkan kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari.

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif  seputar dunia perkuliahan, karir, dan bisnis untuk anak muda? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *