Bukan Disengaja, Ini Alasan Kenapa Tulisan Dokter Jelek atau Sulit Dibaca

Ini Alasan Kenapa Tulisan Dokter Jelek atau Sulit Dibaca

YOTers kamu sadar nggak sih, saat mendapat resep dari dokter biasanya tulisan mereka cenderung jelek. Dalam artian, nggak banyak yang paham dengan tulisan dokter karena tulisan mereka umumnya sulit dibaca.

Yaps, emang udah menjadi rahasia umum deh kalau tulisan dokter kerap menjadi misteri bagi orang awam karena sulit untuk dipahami. Kira-kira apa ya penyebab tulisan dokter jelek?

Faktanya, ada beberapa alasan kenapa tulisan dokter jelek. Hal ini bukan sebuah kebetulan apalagi kesengajaan lho YOTers. Penasaran apa alasannya? Yuk cari tau!

Dituntut Harus Serba Cepat

Alasan pertama kenapa tulisan dokter jelek karena pada dasarnya mereka dituntut untuk serba cepat dalam bekerja, termasuk dalam hal mencatat. Pada satu waktu, seorang dokter harus mencatat segala keluhan, gejala, diagnosis, hingga resep obat yang diberikan pada pasien.

Aktivitas itu mereka lakukan selama seharian penuh. Bukan nggak mungkin kan kalau otot-otot tangan pun semakin lemah dan kelelahan. Makanya nggak heran deh kalau tulisan dokter sulit dibaca.

Nggak Punya Banyak Waktu

Perlu YOTers ketahui nih kalau dalam sehari, biasanya ada banyak pasien yang harus ditangani oleh satu orang dokter. Kebayang nggak berapa waktu yang diperlukan dokter untuk memeriksa sekian banyaknya pasien?

Saking banyaknya pasien dan banyak hal yang harus dikerjakan, tentu dokter lebih memilih fokus untuk menjelaskan informasi penyakit kepada pasien daripada menyempurnakan tulisan mereka.

Bayangin aja kalau para dokter nulisnya lama demi mentingin keindahan tulisan, sedangkan di luar  ruangan para pasien udah pada antre. Yang ada si dokter malah jadi diprotes kan ujung-ujungnya jadi berabe.

Apoteker Sudah Paham

Bagi orang awam, tulisan dokter mungkin terkesan aneh seperti cakar bebek alias nggak bisa dibaca. Tapi bagi apoteker, hal ini sudah biasa bahkan mereka mengerti maksud dari tulisan tangan sang dokter.

Nggak cuma itu, beberapa dokter biasanya juga udah koordinasi dengan apoteker terkait resep obat yang diberikan. Jadi, dokter nggak perlu repot-repot mementingkan keindahan tulisan karena kebanyakan apoteker sudah mengerti.

Banyaknya Penggunaan Istilah Medis

Tau nggak sih YOTers? Salah satu alasan kenapa tulisan dokter jelek itu karena banyaknya penggunaan istilah medis. Loh apa hubungannya? Yaps, perlu kamu ketahui bahwa ada begitu banyak istilah medis yang sangat sulit untuk ditulis dengan tangan maupun dieja. Bahkan, ada beberapa istilah medis yang berasal dari bahasa latin.

Mungkin bagi kita tulisannya akan terlihat aneh dan nggak jelas. Tapi bagi apoteker, mereka akan tahu persis apa yang dimaksud oleh sang dokter. 

Nah itu dia beberapa alasan tulisan dokter sulit dibaca. Jadi, tulisan dokter jelek itu bukan karena merek malas tapi karena keterbatasan waktu dan para apoteker pun udah paham banget apa yang dokter maksud.

Ingin mendapatkan informasi seputar bisnis, karir, dunia perkuliahan, kesehatan, dan informasi menarik lainnya? Kamu bisa mengunjungi kami di:

Website: youngontop.com

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Youtube: Young On Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *