Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Badan Gemuk, Lho!

Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Badan Gemuk

Semua orang tentu ingin memiliki berat badan dan tinggi badan yang ideal dan seimbang. Tapi untuk mewujudkan itu pastinya nggak gampang ya, YOTers? Walau terkadang kita udah menerapkan gaya hidup sehat, seperti makan-makanan bergizi dan rajin olahraga, tapi terkadang ada aja kebiasaan yang sering dilakukan tanpa sadar justru dapat menaikkan berat badan.

Nah, agar berat badan nggak terus bertambah  kamu perlu hindari kebiasaan sepele yang bikin badan gemuk! Apa aja sih kebiasaan penyebab badan gemuk dan perut buncit?

Baca juga: 

6 Minuman yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Rekomendasi 5 Aplikasi untuk Jaga Kesehatan

4 Alasan Menyilangkan Kaki Buruk Untuk Kesehatan Kamu

1. Melewatkan Sarapan Pagi

Hayo ngaku siapa yang di sini masih sering menyepelekan sarapan? Mungkin sebagian orang berpikir “Ah gausah sarapan, lumayan kan nggak ada makanan yang masuk. Jadi berat badan pun nggak akan naik.” Kalau kamu punya pikiran gini, kamu salah besar! 

Melewatkan sarapan justru dapat memperlambat proses metabolisme tubuh, akibatnya tubuhmu akan cepat merasa lapar sehingga pada saat jam makan selanjutnya kamu akan makan berlebihan sehingga memicu berat badan naik. Jika dibiarkan, kebiasaan sepele ini bisa bikin badan gemuk, lho!

2. Kurang Tidur Bikin Badan Gemuk

Tau nggak sih YOTers? Kurang tidur bisa menjadi penyebab badan menjadi gemuk, lho! Sebab, tidak mendapatkan waktu istirahat yang baik dapat memengaruhi hormon leptin, hormon yang dibuat untuk mengendalikan nafsu makan. Saat hormon ini mengalami ketidakseimbangan, alhasil kamu akan merasa lapar walau sebenarnya tubuh dalam keadaan kenyang.

Nggak cuma kurang tidur, tidur berlebihan pun bisa bikin badan gemuk. Melansir dari detikhealth, Para peneliti dari Universitas Glasgow menemukan bahwa orang yang secara genetis cenderung mengalami kelebihan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas jika mereka tidur lebih dari sembilan jam dalam semalam.

3. Makan Terlalu Cepat Penyebab Badan Gemuk dan Perut Buncit

Kebiasaan makan cepat ternyata menjadi salah satu penyebab badan gemuk dan perut buncit, lho! Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu beberapa saat untuk memberi sinyal ke otak bahwa perut sudah kenyang.

Nah, apabila kamu makan terlalu cepat, maka kamu akan cenderung makan lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski terkesan sepele, kebiasaan ini bisa bikin badan gemuk.

4. Kurang Minum Air Putih

Nggak cuma mengantisipasi tubuh kekurangan cairan, minum air putih yang cukup secara teratur juga dapat menurunkan berat badan. Faktanya, minum air putih yang cukup dapat membantu sistem pencernaan berjalan lebih baik.

Di samping itu, rasa haus akibat kurang minum terkadang bisa disalahartikan sebagai rasa lapar atau keinginan makan oleh tubuh. Hal ini lah yang nantinya bisa membuat kamu merasa lapar dan memicu makan lebih banyak.

5. Jam Makan yang Nggak Teratur Bisa Bikin Gemuk

Terakhir, kebiasaan sepele yang bisa bikin badan gemuk yaitu jam makan yang nggak teratur. Nggak banyak orang yang tau kalau jam makan juga bisa bikin gemuk. Mengapa? Karena makan di waktu yang nggak teratur bisa memengaruhi ritme kerja jam internal tubuh.

Selain itu, orang yang makan di waktu yang nggak teratur seringkali membuat kita merasa lebih lapar sehingga akan makan lebih banyak. Kebiasaan sepele ini lah yang bisa bikin badan gemuk tanpa kamu sadari.

Nah itu dia YOTers, kebiasaan sepele yang tanpa kamu sadari justru bikin gemuk. Kalau nggak mau berat badan terus bertambah, hindari kebiasaan ini ya!

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif  seputar dunia perkuliahan, karir, dan bisnis untuk anak muda? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *