Sebelum beriklan Google Ads, penting untuk kamu mengenal SEO & SEM dulu loh!

Halo Yoters!

Semoga kamu dan usahamu berjalan dengan lancar ya!

Mau pasang iklan Google Ads untuk usaha bisnismu? sebaiknya tahan dulu ya, penting untuk kamu mengenal istilah SEM & SEO dulu loh!

Memang apa sih bedanya? Lalu untuk bisnis dan penjualan lebih efektif yang mana nih? Kamu masih bingung ya? Tenang… sekarang akan di bahas secara simple kok disini!

Bagi kamu yang saat ini memulai atau sedang menjalankan bisnis online, mungkin pernah mendengar istilah SEO dan SEM namun kurang memahami apa perbedaan dari keduanya.

Mari kita mulai penjelasan arti dari SEO dan SEM secara mudahnya.

  • SEO singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya proses optimasi terhadap website agar peringkatnya diatas di mesin pencarian Google.
  • SEM singkatan dari Search Engine Marketing yang artinya bentuk pemasaran di internet melalui promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian Google

Jadi, perbedaan SEO dan SEM sebagai berikut :

SEO meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web itu muncul di peringkat pertama pada halaman hasil pencarian Google, sedangkan SEM adalah pemasaran melalui mesin pencari visibilitas web melalui hasil organik dan non organik.

Jadi SEM mencakup kegiatan SEO serta strategi pemasaran di mesin pencarian yang lainnya. Dan juga optimisasi mesin pencari (SEO) itu termasuk sebuah komponen dari pemasaran mesin pencari (SEM).

Lalu untuk bisnis dan penjualan lebih efektif yang mana nih?

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa disimpulkan SEO organik adalah cara pendekatan awal yang baik. Karena SEM nggak bisa berhasil sesuai target tanpa menggunakan strategi SEO organik.

Memang lebih cepat dan terlihat efektif untuk membuat kampanye pay per click. Dikarenakan kampanye ini membutuhkan waktu lebih cepat untuk melihat hasilnya kebanding dari aktivitas SEO, yang hasilnya nggak mungkin terasa secara singkat, perlu proses learning sistem.

Walaupun SEO organik membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menampilkan hasil, setelah di akumulasikan pada akhirnya akan lebih murah loh jika kamu bisa mengembangkan kredibilitas website kamu di mesin pencarian. Karena hasil SEO ini terasa dalam jangka panjang nantinya. Oh iya perlu kamu tahu, membangun kredibilitas website itu nggak bisa kamu buat dengan kampanye pay per click loh!

Jadi kesimpulannya sebaiknya kamu jalankan keduanya SEO dan SEM secara beriringan aja. Karena keduanya sama pentingnya kok. Lalu perihal waktu memulai yang mana duluan ya? penting untuk mengevaluasi kebutuhan spesifik bisnis kamu ya. Mau branding dulu atau langsung ke penjualan?

Perlu diingat kamu perlu sepenuhnya memahami perbedaan keduanya terkait target dan kepentingan bisnimu serta bagaimana kamu mampu untuk mempertahankan upaya kamu itu ya.

Jangan takut memulai bisnis! Karena omset dihasilkan bukan dari belajar namun langsung action loh! Semoga bisnismu lancar dan bisa membantu banyak orang. Semangat ya!

Sumber Picture : https://unsplash.com/photos/wD1LRb9OeEo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *