7 Trik Psikologi Membaca Pikiran Orang, Coba Lakuin Deh!

trik psikologi membaca pikiran orang

YOTers, kamu pasti pernah deh ngerasain yang namanya penasaran dan pengen tau isi pikiran orang lain. Sebenarnya, untuk membaca pikiran orang kita nggak perlu punya kekuatan super, sebab dari kacamata psikologi pun kita bisa membaca pikiran orang. 

Melansir dari Bright Side, pikiran terkadang dapat dibaca melalui body language seseorang. Atau istilahnya, apa yang tampak secara gerak-geriknya kemungkinan merupakan dari apa yang terpendam di dalam diri.

Artinya, dari trik psikologi ini dapat membantu kamu membaca pikiran orang, mau dia sedang berbohong, cemas, marah, atau bahkan sedang sedih. Kamu pasti pernah mendengar kan “Mulut kamu bisa berbohong, tapi tatapan matamu nggak akan pernah bisa berbohong”.

Nah, ini lah salah satu trik psikologi dengan membaca body language seseorang. Selain trik tersebut, bagaimana cara membaca pikiran orang menurut psikologi? Buat kamu yang ingin mengetahui isi pikiran seseorang terhadapmu, beberapa trik psikologi membaca pikiran orang berikut bisa dilakukan nih!

1. Lihat dari Tatapan Mata

Salah satu trik yang bisa kamu coba untuk membaca pikiran orang yaitu lihatlah dari tatapan matanya. Hanya dari tatapan mata, kamu bisa melihat apakah lawan bicara kamu sedang berbohong atau enggak.

Melansir dari Bright Sice, apabila mata lawan bicara melihat ke kanan dan lurus ke atas, mereka cenderung berbohong karena sedang mengaktifkan imajinasi dan aktivitas memori kiri. Namun, jika mereka melihat ke kiri dan ke bawah maka mereka sedang mengingat fakta-fakta.

2. Perhatikan Intonasi dan Nada Bicaranya

Selain dari mata, trik psikologi untuk membaca pikiran orang bisa diketahui dari intonasi atau nada bicaranya. Apabila seseorang berbicara dengan nada dan intonasi yang lebih cepat, sebenarnya ada beberapa hal lain yang sedang dia pikirkan.

Nggak cuma itu, orang yang kebanyakan mengeluarkan kata “hmmm” saat berbicara itu menandakan kalau dia sedang dalam kondisi gugup dan gelisah.

3. Cari Tahu Lewat Senyuman Palsu

YOTers pasti kamu pernah berpikir kalau orang yang tersenyum saat berbicara sama kita menandakan bahwa dia antusias dengan percakapan tersebut. Padahal, nggak selamanya senyum itu mengartikan rasa ketertarikan, lho! Pasalnya, seseorang bisa aja secara sengaja maupun terpaksa memaksakan senyuman mereka karena alasan tertentu.

Kamu bisa mencari tahu dia tertarik atau enggaknya lewat senyuman berupa kerutan. Apabila kamu nggak melihat adanya kerutan pada permukaan wajah lainnya saat seseorang tersenyum, besar kemungkinan orang tersebut memasang senyuman palsu.

4. Perhatikan Ekspresi Wajah

Kalau kamu mau tau apa yang ada di pikiran seseorang, kamu bisa loh cari tau nggak hanya lewat body languange-nya aja tapi juga bisa dari ekspresi wajahnya.

Emosi atau perasaan akan terungkap dalam ekspresi wajah secara merata, jadi jika satu sisi wajah mereka lebih aktif dari yang lain, mereka mungkin sedang memainkan atau menutupi perasaan yang sebenarnya. Ibarat kata sih, ekspresi tersebut hanyalah topeng belaka.

5. Bisa Diliat dari Jarak Saat Ngobrol

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk membaca pikiran orang menurut psikologi yaitu dengan melihat jarak satu sama lain selama ngobrol.  Apabila saat berdiskusi teman bicaramu mundur ketika kamu mendekat, maka orang tersebut kemungkinan memikirkan sesuatu yang tidak nyaman mengenai hubungan kalian.

Lain halnya jika nggak ada indikasi jarak antara kalian berdua. Orang tersebut kemungkinan memandang hubungan kalian berdua sebagai hal yang positif dan saling menguntungkan.

6. Coba Pake Trik Menguap

Kamu lagi merasa diperhatikan dengan seseorang tapi masih ragu karena takut salah sangka? Coba deh pake trik menguap. Menguap menjadi salah satu trik psikologi untuk membaca pikiran orang yang paling mudah diterapkan. 

Caranya sederhana, kamu cukup mencoba pura-pura menguap. Nah, jika seorang yang kamu curigai sedang memperhatikanmu, Ia akan mengikutimu menguap. Jadi ketauan deh gerak-geriknya.

7. Kebiasaan Mengangguk Secara Berlebihan

Ketika berbicara dengan seseorang, kamu pasti penasaran kan sebenarnya lawan bicara kamu antusias terhadap obrolan kalian atau enggak. Nah, kamu bisa mengetahuinya dengan melihat gestur tubuhnya, lho!

Mungkin kamu berpikir bahwa saat kamu berbicarabdan lawan bicara mengangguk terlalu sering menandakan kalau dia benar-benar antusias dan menyanggupin omongan kamu. Padahal, seseorang yang mengangguk berulang kali  besar kemungkinan mereka sebenarnya nggak terlalu tertarik.

Pasalnya, mereka cenderung meragukan kemampuan untuk benar-benar mengikuti petunjuk sehingga memutuskan untuk banyak mengangguk aja daripada salah.

Nah, itu dia 7 trik psikologi membaca pikiran orang. Coba deh mulai sekarang perhatikan orang-orang di sekelilingmu sambil menerapkan trik-trik di atas.

Ingin mendapatkan informasi seputar bisnis, karir, dunia perkuliahan, kesehatan, dan informasi menarik lainnya? Kamu bisa mengunjungi kami di:

Website: youngontop.com

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Youtube: Young On Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *