7 Pertanyaan Interview Kerja yang Paling Sering Ditanyakan HRD

Pertanyaan Interview Kerja yang Paling Sering Ditanyakan HRD

Interview atau wawancara kerja umumnya dilakukan setelah kamu berhasil lolos melewati tahapan awal seleksi penerimaan karyawan seperti seleksi berkas. Kalau kamu lagi cari kisi-kisi pertanyaan interview kerja, selamat! Artinya kamu berhasil melewati satu tahapan.

Walaupun ada rasa lega karena berhasil lolos seleksi berkas, tapi hal yang paling menegangkan justru saat kita dihadapkan dengan interview. Apalagi kalau kamu fresh graduate dan belum memiliki pengalaman interview kerja.

Pasti hatinya dag dig dug banget kan? Tenang! Di artikel kali ini Young On Top bakal kasih kamu tips dan kisi-kisi pertanyaan interview kerja. Hmm.. kira-kira apa saja yang akan ditanyakan HRD ketika interview

Baca juga:

Saat Gak Dapet Kepastian dari HRD Soal Lamaran Kerja

Kenapa Penampilan Menarik Jadi Syarat Penerimaan Karyawan? Ini Alasannya

Ini yang Bisa Kamu Katakan Ketika Ditanya “Apa Ada Pertanyaan” Saat Interview

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Hal paling utama saat interview kerja pastinya HRD akan menanyakan profil kandidat. Nah, saat mendapatkan pertanyaan ini, sebaiknya kamu jelaskan secara singkat tentang diri kamu dan latar belakangmu.

Misalnya, sebelumnya kamu pernah bekerja di bidang marketing, kamu bisa jelaskan berapa lama kamu di posisi tersebut, apa jobdesknya, dan apa kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki saat memegang posisi tersebut.

Ketika mendapat pertanyaan ini, kuncinya jawablah dengan ringkas namun tetap informatif dan jujur. Selain itu, sebisa mungkin jangan terlalu banyak menceritakan tentang riwayat kerjamu yang sudah tercantum di CV.

2. Kenapa Kamu Apply untuk Posisi Ini?

Pertanyaan interview yang paling sering ditanyain HRD yaitu “kenapa kamu melamar untuk posisi ini?”  Nah kisi-kisi untuk menjawab pertanyaan interview yang satu ini, kamu hanya perlu memberikan alasan yang kuat mengenai kompetensi dan kemauan untuk bekerja sebagai yang besar di bidang tersebut.

Yakinkan juga kalau kamu bisa berkontribusi aktif di perusahaan tersebut. Hindari jawaban karena ingin menambah pengalaman, ya! Karena kamu bukan lagi cari magang.

3. Apa Kekurangan dan Kelebihan Kamu?

Pertanyaan apa kekurangan dan kelebihan Anda memang menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan saat interview kerja. Biasanya HRD mengajukan pertanyaan ini karena pengen tau seberapa baik kamu melihat potensi dan kemampuan diri sendiri.

Saat ditanya “Apa kelebihan kamu?” YOTers bisa menjawabnya dengan kelebihan yang sekiranya juga sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Misal kamu melamar untuk posisi marketing, sebutkan kalau kamu mampu melakukan negosiasi dengan baik.

Nah untuk kekurangannya, jangan ragu untuk berkata jujur mengenai bagian dari diri kamu yang perlu diperbaiki lagi. Misal, kamu mudah gugup apabila berbicara di hadapan banyak orang, namun untuk menyiasatinya biasanya sebelum melakukan presentasi di depan khalayak, kamu akan melakukan latihan terlebih dahulu untuk mengurangi rasa gugup. Intinya, sertakan kekurangan beserta solusinya, ya!

4. Apa Rencana 5 Tahun ke Depan

Nah, pertanyaan interview yang satu ini memang sering banget ditanyakan. Bukan karena HRD kepo terhadap segala keinginanmu, tapi HRD cuma pengen tau sebenarnya kamu tipe perencana yang baik atau tipe yang mengikuti arus dan menjalani hidup tanpa tujuan.

Kalau HRD mengajukan pertanyaan ini, jangan sesekali bilang “Belum tau dan belum kepikiran, liat nanti aja”. Hmm.. kalau kamu jawab gitu, pastinya kamu auto ditolak deh! Terus, mesti jawab apa ya? Nih baca selengkapnya di sini biar gak salah jawab.

5. Kenapa Tertarik Bekerja di Perusahaan Ini?

Selain menanyakan ketertarikan kamu pada posisi yang kamu lamar, biasanya HRD juga akan menanyakan seberapa tertarik dan apa yang membuat kamu yakin untuk bekerja di perusahaan mereka.

Untuk menjawab pertanyaan interview ini, kamu bisa jawab kalau aspek perusahaan selaras dengan prinsip, tujuan, dan minatmu dan perusahaan tersebut juga sedang merekrut posisi yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Sebagai nilai tambah, jelaskan juga dengan semangat mengenai motivasi kamu dalam bekerja. Namun, sebelum menjawab pertanyaan interview yang satu ini, pastikan kamu sudah benar-benar menggali segala informasi dari perusahaan ini. Artinya, jawaban kamu nggak asal-asalan.

6. Kenapa Kami Harus Merekrut Kamu?

Pertanyaan interview yang satu ini memang terkadang membuat kita bingung harus jawab apa. Saat dihadapi dengan pertanyaan interview kerja, tentunya kamu harus memberikan jawaban yang meyakinkan. 

Jika kamu tahu kemampuan kamu sesuai dengan kriteria dan kebutuhan perusahaan tersebut, tidak ada salahnya untuk menyatakan hal tersebut. Jadi, jawab pertanyaan ini dengan memberi tahu apa skill kamu dan kelebihan kamu. Apabila kamu yakin dalam menjawab pertanyaan, tentu hal ini akan menjadi pertimbangan HRD. 

7. Berapa Ekspektasi Gaji yang Kamu Harapkan?

Sebagian jobseeker pasti pernah merasa bingung saat ditanya “Berapa ekspektasi gaji yang kamu harapakan?” Nah kuncinya sebelum kamu menjawab pertanyaan interview kerja yang satu ini, kamu sudah lebih dulu mencari tahu standar gaji yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Tentunya standar yang sudah berpengalaman dan belum berpengalaman akan beda. Lebih disarankan jika kamu memberi tahu kisaran gaji yang sesuai dengan posisi tersebut. Contoh: Dari pengamatan saya, untuk posisi A yang bekerja di kota B dengan pengalaman selama 1 tahun kisaran pembayaran berkisar di anga Rp5 juta – Rp7 juta.

Terus gimana dengan gaji fresh graduate? Fresh graduate boleh nego gaji nggak sih kalau nominal yang ditawarkan nggak sesuai? Cari tau jawabannya di sini

Nah itu dia sejumlah pertanyaan interview kerja yang paling sering diajukan HRD. Pastikan kamu yakin dalam menjawab setiap pertanyaan dan jangan lupa berdoa, ya!

Yuk, latihan interview HRD!

Interview Sekarang

Ingin mendapatkan lebih banyak konten inspiratif dari narasumber berpengalaman? Yuk, segera daftar Paket Muda Hebat yang dibuat oleh ekosistem Young On Top. Di sini kamu bisa mendapatkan berbagai kisah inspiratif dari para ahli, tips dan trik seputar karir, bisnis, dan masih banyak pembahasan menarik lainnya.

Menariknya lagi, konten-konten dari Paket Muda Hebat dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari artikel, video, hingga podcast. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung aja daftar di sini!

Atau, langsung aja klik gambar di bawah ini ya!

paket muda hebat

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif  seputar dunia perkuliahan, karir, dan bisnis untuk anak muda? Yuk kunjungi YouTube Young On Top.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *