Bangga! 5 Brand Lokal Terbaik Ini Sukses Mendunia

5 Brand Lokal Terbaik Ini Sukses Mendunia

Sampai saat ini, nggak sedikit orang yang beranggapan kalau produk luar negeri memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk lokal atau buatan dalam negeri. Padahal kalau diliat-liat, produk karya anak bangsa nggak kalah keren dan berkualitasnya dari produk impor.

Buktinya, kini banyak brand lokal dengan kualitas terbaik yang sukses mendunia. Nggak cuma terkenal di kancah Asia, brand lokal terbaik ini juga sampai terkenal ke Eropa.

Mungkin beberapa YOTers menyangka kalau brand ini buatan luar negeri, padahal brand lokal terbaik ini 100% karya anak bangsa, lho! Apa aja sih brand lokal yang mendunia? Yuk kepoin!

Baca juga:

Keren! Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion

5 Brand Lokal yang Rilis Produk Masker Kain saat Pandemi, Unik dan Inspiratif!

Mengapa Brand Butuh Branding

1. Indomie

Popularitas Indomie emang udah nggak diragukan lagi. Bisa dibilang, Indomie menjadi salah satu brand lokal yang sukses mendunia. Selain karena rasanya yang enak, Indomie memiliki cita rasa yang khas dan pastinya bikin para foodies ketagihan.

Nggak cuma terkenal di pasar Asia, brand lokal yang satu ini pun mampu bersaing hingga pasar Internasional. Kalau kamu pergi ke luar negeri seperti Amerika atau Australia, pasti kamu akan dengan mudah menemukan kelezatan mie Indomie. Tapi biasanya, rasa dan kemasan Indomie akan disesuaikan dengan lidah masyarakat sana. 

2. The Executive

Saat mendengar kata The Executive mungkin kamu akan mengira kalau brand fashion yang satu ini berasal dari luar negeri. Hmm.. sepertinya kamu salah besar nih! Meski menggunakan penamaan bahasa Inggris, nyatanya The Executive berasal dari Indonesia, lho!

Bagi yang belum tau, produk lokal ini berasal dari Bandung yang juga karya dari Johanes Farial. Nggak cuma jadi andalan para pekerja kantoran Indonesia, negara-negara di Asia pun kerap kali menggunakan produk The Executive.

3. Polygon

Siapa yang masih mengira kalau Polygon merupakan brand sepeda asal luar negeri? Kamu salah besar! Sebab, ternyata Sidoarjo lah yang menjadi asal produksi brand Polygon.

Tapi memang dulunya produk sepeda ini pertama kali dipasarkan di luar negeri. Setelah cukup terkenal, barulah Polygon kembali dipasarkan di dalam negeri.

Fakta menarik lainnya, salah satu produk sepeda Polygon pernah digunakan di UCI DH World Cup tahun 2013 oleh tim Internasional UR Team. Patut bangga nih kita!

4. J.CO Donuts and Coffee

Pasti YOTers udah nggak asing dengan brand yang satu ini. Yaps, brand ini memang banyak tersebar di mall-mall. Meski penamaan dan penyebutannya seperti bahasa Inggris, nyatanya brand yang memproduksi donat dan aneka kopi ini berasal dari dalam negeri.

J.CO Donuts and Coffee menjadi salah satu bisnis milik Johnny Andrean Group yang sukses di kenal dunia. Bahkan, cabang J.CO sudah tersebar di beberapa negara Asia, seperti Malaysia, Filipina, Tiongkok, dan Singapura.

5. LEA Jeans

Hayo, siapa yang menyangka kalau LEA jeans berasal dari Amerika? Emang sih kalau diliat sekilas warna logo LEA jeans hampir mirip dengan bendera Amerika. Tapi sebenarnya, LEA jeans merupakan produk lokal lho! Produk jeans yang telah dipasarkan sejak 1970-an ini  diproduksi oleh PT Lea Sanent yang bertempat di Tangerang. Jadi, jangan salah sangka lagi, ya!

Nah itu dia brand lokal terbaik yang sukses mendunia. Kita patut bangga nih karena produk lokal nggak kalah keren dan berkualitas dari produk luar. 

Yuk Tes Pengetahuanmu! Seberapa Tahu Kamu Tentang Brand?

Kuis ini terdiri dari 10 pertanyaan dan tanpa batas waktu. Selamat menguji pengetahuanmu mengenai brand!

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif  seputar dunia perkuliahan, karir, dan bisnis untuk anak muda? Yuk kunjungi YouTube Young On Top.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *