6 Tempat Wisata Gratis di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Gratis di Jogja

YOTers sudah tau belum liburan akhir tahun mau ke mana? Bagi kamu yang bingung mau liburan ke mana, kayaknya Yogyakarta bisa jadi pilihan kota yang wajib masuk list liburan kamu nih!

Pasalnya tak cuma menawarkan panorama alam yang menakjubkan, Yogyakarta juga memiliki segudang wisata sejarah yang sarat akan makna serta wisata kekinian yang cocok untuk kamu yang suka ber-selfie ria.

Menariknya lagi, kamu juga bisa lho menjelajah ke berbagai tempat wisata gratis di Jogja. Menarik banget kan? Kira-kira apa aja sih tempat wisata gratis di Jogja? Let’s check this out!

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Source: yoursay.suara.com

Warga Jogja mungkin udah nggak asing sama destinasi wisata yang satu ini. Yaps, Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak di kabupaten Bantul ini memang menjadi tempat wisata yang cukup unik dan mengundang banyak perhatian wisatawan. Gimana nggak? Pasalnya di seluruh dunia hanya ada segelintir gumuk pasir atau sand dune.

Nah, Jogja menjadi salah satu kota istimewa yang menawarkan keindahan ini. Menariknya, banyak hal bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menyaksikan sunset hingga bermain selancar pasir alias sandboarding. Seru banget kan! 

2. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog
Source: backpackerjakarta.com

Kalau kamu tertarik untuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo kamu bisa nih sedikit melipir ke Bukit Parang Endog. Lokasi destinasi wisata di Jogja ini memang letaknya nggak jauh dari Gumuk Pasir.

Di sini kamu bisa menikmati keindahan sunset dan juga kamu bisa melihat indahnya Pantai Parangtritis dari ketinggian sekitar 300 meter. Wih, kapan lagi kan melihat keindahan pantai dari ketinggian. 

3. Alun-Alun Kidul

Tempat Wisata Gratis di Jogja
Source: unycommunity.com

Tempat wisata gratis di Jogja yang wajib kamu kunjungi salah satunya Alun-Alun Kidul. Tempat ini tepatnya di halaman belakang Keraton Jogja.

Nah di sini kamu akan melihat pohon beringin kembar yang konon katanya yang bisa melewati kedua pohon raksasa tersebut dengan menutup mata berarti hatinya bersih dan lapang. Meski sekadar mitos, tetap banyak orang penasaran dan mencoba berjalan di antara dua beringin dengan mata tertutup.

4. Bukit Bintang

Tempat Wisata Gratis di Jogja
Source: suara.com

Ingin menikmati pesona keindahan Yogyakarta di malam hari? Kamu wajib ke Bukit Bintang nih! Dijamin kamu akan dibuat takjub dengan citylight Yogyakarta deh. Sambil menikmati keindahan citylight, kamu bisa mencicipi hidangan yang disajikan warung-warung pinggir jalan. Memang sih terlihat sederhana, tapi akan terasa semakin indah kalau ditemani orang tersayang.

5. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang
Source: Brisik.id

Nggak perlu mahal-mahal untuk menikmati berlibur sambil menikmati keindahan kota Jogja. Di Tlogo Putri Kaliurang, bisa berlibur tanpa merogoh kocek, lho!

Tempat wisata gratis di Jogja ini menyajikan berbagai wahana permainan yang mengasyikan. Nggak cuma itu aja, di sini pun ada embung atau kolam yang di dalamnya berisi beberapa bebek mainan.

Sambil merasakan sejuknya kota Jogja, di sini kamu pun bisa berkeliling sambil jalan santai di area tempat wisata ini.

6. Malioboro

Tlogo Putri Kaliurang
Source: Dream.co.id

Siapa sih yang nggak tau Malioboro? Hampir semua wisatawan lokal maupun luar negeri pasti selalu menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Malioboro ketika berada di Jogja.

Bisa dibilang, Malioboro tempat paling legendaris dan terkenal karena di sini pengunjung bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh. Mulai dari makanan sampai pakaian. Nggak cuma itu aja, kini di Malioboro juga banyak spot-spot foto yang menarik.

Nah itu dia tempat wisata gratis di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Kira-kira YOTers mau ke destinasi wisata yang mana dulu nih?

Ingin mendapatkan informasi seputar bisnis, karir, dunia perkuliahan, kesehatan, dan informasi menarik lainnya? Kamu bisa mengunjungi kami di:

Website: youngontop.com

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Youtube: Young On Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *