Nggak Disangka, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Otak Cerdas

Kebiasaan yang Bisa Bikin Otak Cerdas

Tau nggak sih YOTers? Tingkat kecerdasan manusia itu dapat berubah. Artinya, otak manusia masih bisa distimulasi melalui berbagai hal untuk meningkatkan ketajaman dan kecerdasannya.

Selain dari segi pendidikan dan pola makan, ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin otak cerdas, lho! Apa saja kebiasaan yang bikin otak cerdas? Cari tau di sini!

1. Sering Membaca

Kebiasan yang bisa bikin otak cerdas salah satunya yaitu dengan rajin membaca buku. YOTers pasti pernah mendengar bahwa buku adalah jendela dunia. Kamu pasti tau dong apa maksudnya? Yaps, dengan membaca buku maka akan menambah ilmu dan wawasan kamu.

Sebab, dari buku ada banyak sekali informasi dan pengetahuan yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Nah, kebiasaan membaca buku ini nantinya akan merangsang otak untuk berpikir sehingga sel-sel otak kita tetap aktif.

Selain itu, membaca juga akan membantumu mengenal kosakata baru, tata bahasa baru, dan penggunaan kalimat yang baik. Apabila kamu ingin semakin cerdas, lakukan kebiasaan membaca buku setiap hari untuk meningkatkan kecerdasan otak.

2. Bermain

Tau nggak sih YOTers? Tanpa kita sadari, beberapa permainan dapat meningkatkan kecerdasan otak, lho! Contoh permainan asah otak yang bisa kamu lakukan seperti, scrabble, teka-teki silang, atau puzzle. Permainan ini akan membantu otak dalam mengasah kemampuan terlebih otak sebelah kiri yang berfungsi dan berhubungan dengan logika, rasio, serta kemampuan berhitung. 

Walaupun terlihat mudah dan sederhana, nyatanya permainan asah otak dapat menstimulasi otak kita untuk bisa mencari strategi dalam memecahkan sebuah masalah.

3. Makan Makanan Sehat

Kebiasaan makan-makanan sehat ternyata juga berpengaruh untuk meningkatkan kecerdasan otak, lho! Faktanya, setiap makanan yang dikonsumsi berdampak besar pada struktur dan fungsi otak. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan fungsi otak bisa mendukung kinerja otak dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk meningkatkan kinerja otak, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi Beberapa jenis nutrisi yang direkomendasikan untuk meningkatkan fungsi otak adalah lemak omega 3, flavonoid, dan vitamin K. 

4. Melakukan Meditasi

Meningkatkan kecerdasan otak itu bisa dengan cara sederhana lho YOTers! Salah satunya dengan melakukan meditasi. Pasalnya, saat kita bermeditasi otak akan lebih tenang sehingga kamu pun bisa lebih fokus dan lebih mudah menyerap informasi yang didapat.

Selain menenangkan, meditasi juga mampu mengurangi gangguan kecemasan dan suasana hatimu pun akan menjadi lebih baik. Banyak banget kan manfaat yang didapat apabila kamu melakukan meditasi?

5. Bermain Instrumen Musik

Siapa nih di antara YOTers yang suka bermain instrumen musik? Selain membuat perasaan lebih bahagia, ternyata bermain instrumen musik juga bisa meningkatkan kecerdasan otak kamu, lho!

Faktanya, dalam otak, musik disimpan di sebuah area khusus yang terletak pada sistem limbik yang berhubungan dengan emosi, perilaku, dan memori jangka panjang. Nggak cuma itu aja, musik juga bisa memberikan rangsangan pada otak sehingga seluruh jaringan otak akan menjadi lebih aktif.

Nah itu dia, kebiasaan yang bisa bikin otak cerdas. Siapa sangka kalau kebiasaan sepele ini bisa meningkatkan fungsi kognitif otak.

Website: youngontop.com

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Youtube: Young On Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *