Biar Nggak Rugi, Yuk Ikuti 5 Tips Investasi untuk Pemula!

Tips Investasi untuk Pemula

Beberapa waktu belakangan, banyak anak muda yang akhirnya tertarik untuk terjun ke dunia investasi. Alasannya karena investasi merupakan salah satu upaya untuk mencapai kebebasan finansial demi terjaminnya masa depan.

Tapi sayangnya, nggak sedikit investor pemula yang justru merugi karena kurangnya pemahaman ilmu investasi. Nah, buat YOTers yang ingin mulai investasi, yuk ikuti 5 tips investasi untuk pemula berikut ini!

Baca juga:

Tips Mengelola Keuangan untuk Generasi Millennials

3 Jenis Investasi yang Tepat untuk Anak Muda di Tengah Pandemi

5 Investor Muda Indonesia, Apakah Kamu yang Selanjutnya?

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Lima Financial Advisor yang Wajib Kamu Follow di Instagram!

1. Punya Dana yang Cukup

Investasi itu emang penting YOTers. Tapi sebelum berinvestasi, pastikan kebutuhanmu sudah tercukupi semua. Jangan sampai punya dana pas-pasan dan kamu memaksa untuk investasi nantinya justru malah berujung menderita karena kebutuhan yang lainnya ngga terpenuhi. Jadi sebelum investasi, pastikan dana untuk kebutuhan sehari-hari maupun dana darurat sudah terpenuhi. 

2. Tau Tujuan Investasi

Kamu mau investasi, tapi tau nggak apa tujuan kamu investasi? Ingin mencapai kesuksesan finansial atau cuma karena ikut-ikutan aja? Nah, sebelum investasi ada baiknya kamu tau dulu tujuan investasi itu apa. Entah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Misalnya untuk membeli rumah atau sekadar untuk tabungan jangka panjang aja. 

Berbeda tujuan, beda juga risikonya. Apalagi jenis investasi yang diambil pun juga akan beda. Jadi pastikan kamu sudah tau tujuan  supaya tak salah langkah saat berinvestasi.

3. Komitmen

Emang sih tujuan kita investasi itu untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya. Tapi.. layaknya menanam buah, investasi juga butuh proses. Artinya, hal yang wajar kalau kamu baru mulai investasi dan belum mendapatkan hasil atau keuntungan yang maksimal.

Tips investasi untuk pemula yang paling penting itu komitmennya. Jadikan investasi sebagai rutinitas bulanan yang jangan sampai terlewat. Kamu bisa berinvestasi sesuai dengan kemampuanmu.

Untung sedikit nggak masalah. Sebab yang namanya investasi itu sifatnya naik turun. Nggak selalu di bawah dan nggak selalu di atas juga. 

4. Pilihlah Produk Investasi yang Sesuai 

Setelah tau tujuan investasi, kamu bisa memilih produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuanganmu. Misal kamu berinvestasi dengan tujuan untuk membeli rumah, kalau dilihat dari jangka waktu untuk mencapai tujuan di atas, produk investasi yang sesuai dan cocok yaitu reksa dana pendapatan tetap dan/atau reksa dana pasar uang. 

Nah selain melihat dari tujuan investasi, kamu juga bisa menganalisis risikonya terlebih dahulu untuk menentukan produk investasi yang cocok.

5. Banyak Belajar

Tips investasi untuk pemula selanjutnya yaitu sebagai investor baru kita harus banyak belajar khususnya seputar investasi. Perlu YOTers ketahui bahwa ada banyak instrumen dan ilmu-ilmu yang harus kita pahami agar nggak salah langkah dalam berinvestasi. Belajar pun bisa dari mana aja, kamu bisa ikut webinar atau gabung dengan komunitas-komunitas.

Yang nggak kalah pentingnya juga, sebelum investasi kamu harus memastikan bahwa perusahaan tempat kamu investasi itu legal dan wajib sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, nantinya minim risiko kita mengalami penipuan.

Nah YOTers itu dia tips investasi untuk pemula. Bagi kamu yang ingin investasi tapi nggak punya banyak dana. Tenang! Kamu bisa lho mulai investasi hanya dengan mengeluarkan uang mulai dari Rp50 ribu aja. Caranya gampang, kamu hanya perlu download aplikasi Bizhare atau bisa langsung klik di sini, atau bisa langsung scan QR Code gambar di bawah dan jangan lupa untuk gunakan kode voucher YOTBIZ. Selamat berinvestasi calon investor muda!

Content YOT x Bizhare

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk  kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *