5 Tradisi Perayaan Natal Unik, Cuma Ada di Indonesia Lho!

5 Tradisi Perayaan Natal Unik, Cuma Ada di Indonesia Lho!

Apa yang kamu ingat saat mendengar kata Hari Natal? Mungkin sebagian dari YOTers akan menyebut pohon natal. Padahal, Natal nggak hanya identik dengan pohon natalnya aja, lho!

Pasalnya, di Indonesia sendiri ada berbagai tradisi unik yang dilakukan umat kristiani saat menyambut Hari Natal. Keberagaman suku dan budaya di Indonesia membuat perayaan Natal yang dirayakan setiap 25 Desember ini memiliki keunikan tersendiri. Penasaran nggak sih apa aja tradisi perayaan natal unik di Indonesia? Let’s check this out!

1. Tradisi Perayaan Natal Unik Marbinda di Sumatra Utara

Tradisi unik perayaan Natal juga dilakukan oleh masyarakat Sumatra Utara. Saat Natal tiba, orang Sumatra akan merayakannya dengan tradisi Marbinda. Tradisi saat perayaan Natal ini hampir mirip dengan Idul Adha yakni dengan mengurbankan sejumlah hewan kurban.

Untuk menyambut Natal, biasanya beberapa bulan sebelumnya masyarakat atau beberapa anggota akan menambung bersama untuk membeli hewan yang akan disembelih.

2. Wayang Kulit Kelahiran Yesus di Yogyakarta

Sebagai kota yang dikenal sarat nilai budaya, Yogyakarta juga nggak kalah unik dan meriahnya untuk menyambut perayaan Natal. Di Yogyakarta, biasanya saat hari Natal tiba akan ada pertunjukan wayang kulit yang khusus mengangkat cerita kelahiran Yesus. Nggak cuma itu aja, tradisi keliling mengunjungi saudara atau tetangga juga dilakukan sebagai tanda bersilaturahmi.

3. Barapen di Papua

Tradisi barapen atau yang biasa disebut bakar batu merupakan perayaan Natal yang biasa dilakukan masyarakat Papua. Perayaan yang dilakukan setahun sekali itu sebagai ungkapan rasa syukur, kebersamaan, dan saling berbagi setelah pelaksanaan Misa atau ibadah Natal di gereja.

Nantinya batu yang sudah terbakar tersebut akan dijadikan sebagai tempat untuk memasak sayuran dan daging babi. Tradisi ini seolah mengingatkan umat kristiani di Papua mengenai lahirnya Yesus Kristus.

4. Tradisi Lovely Desember di Toraja

Setiap tahunnya, pemerintah Toraja selalu mengadakan festival budaya dan pariwisata bertajuk Lovely Desember. Tradisi ini sebagai bentuk syukur menyambut Natal masyarakat Toraja yang memang mayoritas di sana beragama Kristen. Menariknya, ada berbagai kegiatan dalam Lovely Desember. Salah satunya ritual mengarak babi atau yang kerap disebut lettoan.

5. Kunci Taon, Tradisi Natal Unik di Manado

Kalau di Toraja ada festival Lovely Desember, di Manado nggak kalah menariknya nih. Demi memeriahkan acara penutupan rangkaian perayaan Natal, warga Manado biasanya akan mengadakan tradisi kunci taon.

Tradisi yang dilakukan pada hari Minggu pertama di bulan Januari ini biasanya dimeriahkan dengan pawai Sinterklas keliling kampung yang dilakukan oleh para pemuda Manado sambil membagian hadiah kepada anak-anak. Seru dan unik banget kan?

Ngga nyangka ternyata ada banyak sekali tradisi perayaan Natal unik di Indonesia. Nggak lupa, Young On Top juga mengucapkan selamat Hari Natal bagi yang merayakan!

Ingin mendapatkan informasi seputar bisnis, karir, dunia perkuliahan, kesehatan, dan informasi menarik lainnya? Kamu bisa mengunjungi kami di:

Website: youngontop.com

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Youtube: Young On Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *