Menggambar atau Melukis Bisa Jadi Terapi Kesehatan Mental?

Halo Yoters!
Sebagai makhluk sosial pastinya seorang manusia tidak akan jauh dari apa yang namanya masalah. Terkadang masalah ini tuh bisa menjadi penyakit pada kesehatan mental kita loh. Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam meredakan penyakit pada kesehatan mental kita, akan tetapi disini kita akan mengupas cara meredakan kesehatan mental kita dengan menggambar ataupun melukis. Nah metode ini tuh disebut dengan metode visual art therapy.

Apa sih sebetulnya visual art therapy itu? Visual Art therapy merupakan sebuah bentuk dari psikoterapi dimana dalam prosesnya memanfaatkan media seni sebagai tempat berekspresi dan berkomunikasi. Visual art therapy ini adalah suatu bentuk psikoterapi yang berbeda loh dengan bentuk psikoterapi lainnya, karena dalam prosesnya kita dapat lebih memahami apa yang terjadi pada dirinya. Contoh dari visual art therapy ini ada dua bentuk diantaranya ada menggambar dan juga melukis.

Mengutip dari Marchiolodi tentang apa sih manfaat dari visual art therapy itu sendiri. Ada beberapa manfaat nih Yoters yang bisa kita dapatkan dengan kita melakukan visual art therapy itu sendiri yang diantaranya adalah:

  1. Dapat menuangkan segala pikiran, perasaan dan berbagai hal yang tidak bisa diungkapkan.
  2. Metode psikoterapi ini adalah suatu metode yang menyenangkan dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh diri kita.
  3. Visual art therapy ini membantu seseorang dalam mengatur perasaannya.
  4. Bisa mendapatkan suatu kebebasan pada dirinya karena dapat menuangkan segala kecemasannya.
  5. Dapat mengatasi sebuah trauma yang terjadi pada dirinya.

Jadi gimana nih Yoters setelah tahu apa manfaat dari visual art therapy ini?

Referensi: Sara, D. G. (2021). Pentingnya Visual Art Terapi dalam Konseling. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3936608

Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/V0FkvnJXzrY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *