Pentingnya Membedakan Keinginan dan Kebutuhan, Jangan Sampai Salah!

Pentingnya Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa generasi milenial dikenal sebagai generasi yang memiliki pola hidup konsumtif. Nggak cuma itu aja, beberapa orang pun terkadang sulit untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Nah YOTers sendiri gimana? Sudah tau perbedaan keinginan dan kebutuhan? Supaya pengelolaan finansialmu nggak berantakan, yuk pahami perbedaan keinginan dan kebutuhan!

Baca juga:

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Biar Nggak Rugi, Yuk Ikuti 5 Tips Investasi untuk Pemula!

Kesalahan Millennials dalam Mengatur Keuangan

Keinginan VS Kebutuhan

Perbedaan kebutuhan dan keinginan bisa kita pahami dari pengertiannya. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang sangat diperlukan dalam hidup dan penting untuk keperluan sehari-hari. Sedangkan definisi keinginan yaitu sebagai segala sesuatu yang diharapkan dan sifatnya tidak begitu penting jika dibandingkan dengan kebutuhan.

Contoh keinginan dan kebutuhan misalnya, kamu ingin membeli makeup hanya karena toko kecantikan lagi mengadakan diskon besar-besaran. Jadi sebenarnya, tanpa mewujudkan keinginan untuk membeli makeup kamu akan tetap hidup. Kebutuhan pada setiap individu biasanya sering diartikan sebagai sandang  (pakaian), pangan (makanan), dan papan (rumah).

Di luar dari keempat tersebut, kita bisa mengartikannya sebagai keinginan. Namun, apabila bentuknya “urgent” dan harus dipenuhi barulah bisa disebut sebagai kebutuhan. 

Pentingnya Mengutamakan Kebutuhan Dibandingkan Keinginan

Dari pengertian di atas, kini kita sudah tahu kan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Menuruti keinginan itu nggak akan ada habisnya YOTers. Terlebih, kalau kita hanya berfokus pada keinginan aja nantinya bisa membuat kondisi keuangan jadi nggak sehat.

Oleh karena itu, penting banget untuk mengutamakan kebutuhan dibandingkan hanya menuruti keinginan yang nggak ada habisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *