Tips Membuat Motivation Letter Beasiswa yang Baik dan Benar

Tips Membuat Motivation Letter Beasiswa yang Baik dan Benar

Tak hanya dilihat dari prestasi akademik dan non akademiknya aja, beberapa lembaga penerima beasiswa biasanya juga melihat penilaian calon penerima beasiswa dari motivation letter yang dibuat kandidat. Bahkan, kini tak sedikit lembaga penerima beasiswa yang menjadikan motivation letter sebagai salah satu syarat penerimaan beasiswa.

Mungkin di antara YOTers masih banyak yang asing dengan dan bingung bagaimana bagaimana membuat motivation letter yang baik dan benar. Tenang YOTers! Di artikel ini, kita bakal kasih tips membuat motivation letter beasiswa yang baik dan benar. Let’s check this out!

Baca juga:

Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL dan IELTS

Dapat Beasiswa Ke Luar Negeri Gampang Kok

Manfaat TOEFL dan IELTS untuk Karir Ataupun Pendidikan

Terungkap Penyebab Banyak Pelajar Gagal Raih Beasiswa ke Luar Negeri!

Ingin Menunda Kuliah? 5 Kegiatan Produktif Ini Bisa Kamu Lakukan Selama Gap Year

Apa itu motivation letter?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kamu tahu dulu nih apa sebenarnya motivation letter itu. Melansir dari edunation, motivation letter adalah surat yang berisi penjelasan mengapa kamu (kandidat penerima beasiswa) merupakan orang yang tepat untuk menerima beasiswa tersebut.  

Bentuk motivation letter ini biasanya berupa esai atau uraian mengenai kelebihan dan tujuan hidup kamu. Di sini kamu bisa menceritakan siapa diri kamu pernyataan bahwa kamu memiliki ketertarikan dan layak untuk mendapatkan beasiswa. 

Selain dokumen prestasi akademik dan non akademik, motivation letter juga kerap menjadi bahan pertimbangan bagi lembaga yang melakukan seleksi untuk meloloskan atau tidaknya seorang kandidat ke tahap selanjutnya.

Tips membuat motivation letter

Pada dasarnya tidak ada aturan khusus dalam pembuatan motivation letter. Sebab, isi motivation letter dibuat untuk medeskripsikan pribadi secara personal yang memang umumnya berbeda-beda. Namun sebelum membuatnya, ada beberapa tips membuat motivation letter dan contoh motivation letter beasiswa yang perlu kamu tahu.

1. Jangan lupa gunakan pembuka yang memukau

Saat menulis sebuat surat, termasuk surat motivasi penting untuk mengawalinya dengan pembukaan. Di bagian ini, kamu harus membuat pemberi beasiswa terpukau padamu.

Buatlah paragraf awal semenarik mungkin agar pemberi beasiswa memiliki hasrat untuk melanjutkan membaca motivation letter yang telah kamu buat. Di bagian ini, kamu bisa perkenalkan nama, asal sekolah, universitas, dan kegiatan aktif yang sedang kamu geluti saat ini.

2. Uraikan bagian isi secara sederhana dan bermakna

Setelah tuntas dengan bagian pembuka, kamu bisa menjabarkan mengenai pengalaman kamu selama di kampus atau kalau kamu pernah bekerja sebelumnya dan relevan dengan beasiswa yang diambil juga tak jadi masalah. 

Jangan lupa juga untuk kemampuan dan keahlian kamu agar peluang memperoleh beasiswa semakin besar. Agar bukti semakin kuat, kamu mencantumkan sertifikat keahlian atau kompetisi secara terpisah untuk digunakan sebagai bukti. 

Apabila kamu mengambil jurusan yang berbeda dengan latar belakang pendidikan sebelumnya, uraikan alasan yang kuat mengenai ketertarikan kamu dan jelaskan bahwa jurusan tersebut akan bermanfaat bagi masa depan atau bagi pekerjaan yang saat ini sedang kamu lakukan.

3. Beri kesan baik pada penutup

Pada bagian ini, kamu bisa menyampaikan rencana masa depan kamu secara jelas. Sampaikan harapan kamu jika diterima dan hal apa saja yang akan kamu lakukan setelah menerima beasiswa. Tunjukkan bahwa kamulah kandidat yang tepat jangan terkesan “mengemis” ya! Ingat bahwa kamu punya kompetensi yang memang layak untuk mendapatkan yang terbaik. 

Buatlah closing statement secara singkat namun tegas untuk menunjukkan bahwa kamu lah orang yang tepat untuk mendapatkan beasiswa.

4. Proofreading

Proofreading wajib dilakukan sebelum kamu mengirim motivation letter-mu. Sekalipun kamu sudah percaya diri banget, jangan pernah ngelewatin tahapan proofreading yaa YOTers. Proofread berguna banget untuk memeriksa kembali seluruh tulisan kamu dan kamu langsung bisa perbaiki kalau ada kesalahan dalam ejaan, tata bahasa, tanda baca, dan tipografi.

Sudah tahu kan poin-poin apa saja yang harus dicantumkan pada motivation letter beasiswa? Semangat untuk YOTers 

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *