IPK Tinggi Lebih Mampu Menguasai Dunia Kerja?

IPK Tinggi Lebih Mampu Menguasai Dunia Kerja?

Hai YOTers! Saat kuliah, kita tentunya pengen punya nilai yang bagus dan lulus dengan IPK yang tinggi. Apalagi kalo bisa jadi lulusan cum laude. Wah pasti bangga rasanya, karena udah pasti nanti bakal gampang dapet kerja. Eh tunggu dulu, emangnya yakin kalo IPK tinggi itu lebih mampu menguasai dunia kerja dibanding yang IPK nya rendah?

Gini YOTers, IPK yang tinggi itu gak menjamin seseorang sudah siap kerja, alias gak bisa dijadikan perusahaan sebagai patokan kalo seseorang tuh punya kemampuan yang dibutuhkan sama perusahaan. Jadi, apakah IPK tinggi lebih mampu menguasai dunia kerja? Jawabannya tentu aja enggak.

“Terus, sebenernya mesti gimana sih? Aku harus gimana akutu?”

Jawabannya adalah, pastikan kalo kamu itu gak pasif saat kuliah alias rajin ikutan kegiatan atau organisasi. Kenapa gitu? Karena untuk melatih soft skill dan hard skill kamu. Apa perbedaan keduanya? Nih, lengkapnya kamu bisa baca di sini ya https://www.youngontop.com/read/4167/mengenal-soft-skill-dan-hard-skill/

Nah, dengan terpenuhnya soft skill dan hard skill kamu itulah yang mampu meyakinkan perusahaan kalo kamu itu emang sudah siap untuk kerja. Tentu aja, perusahaan saat dihadapkan oleh dua kandidat yang satu punya IPK tinggi tapi gak ada pengalaman organisasi dan IPK biasa aja tapi ada pengalaman organisasi, pasti perusahaan akan memilih yang kedua, si IPK biasa aja tapi punya pengalaman organisasi.

Hal lainnya yang gak kalah penting dan menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih pelamar kerja adalah mengenai attitude dan integritas. Selain itu, IPK juga ngga menjamin seseorang punya niat kerja yang tinggi. Apalagi kalo ngelamar kerja juga masih banyak salahnya. Mulai dari salah dalam membuat CV, cover letter sampai portfolio.

Eh, tapi setelah baca artikel ini jangan sampe akhirnya kamu punya pemikiran ‘yaudah ngga usah punya nilai bagus deh pas kuliah, IPK pas-pasan aja.” Gak boleh ya! Kamu tetep harus belajar yang rajin, dapetin nilai yang bagus. Artikel ini hanya mengingatkan kamu bahwa di luar dari IPK, ada hal lain yang harus kamu perhatikan untuk masuk ke dunia kerja.

4+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *