Tips Memilih Tempat Magang

Tips Memilih Tempat Magang

Milih tempat magang itu sama kayak milih jodoh, harus selektif. Eeeaaa. Maksudnya, milih tempat magang itu gak boleh sembarangan, karena magang itu jadi modal pengalaman kamu sebelum bekerja. Dengan magang, kamu jadi ada gambaran dunia kerja nantinya akan seperti apa. Terus, apa aja sih pertimbangan dalam memilih tempat magang? Ini dia tipsnya:

  1. Tentukan Tujuan Magang

Kamu harus tentuin dulu tujuan kamu magang apa. Karena ada yang magang karena kewajiban dari kampus, ada juga yang pengen cari pengalaman bekerja atau mengasah skill. Nah kalo yang dari kampus tentunya kamu harus cari tempat magang yang sesuai dengan jurusan kamu. Kalo kamu mau cari pengalaman bekerja atau mengasah skill, kamu bisa nyari tempat magang yang nantinya kamu pengen kerja di industri tersebut atau yang sesuai dengan minat kamu.

  1. Lokasi Kantor

Kedua yang gak kalah penting adalah pertimbangan soal lokasi kantor. Jangan sampe kamu milih lokasi yang susah kamu jangkau alias jauh dari rumah ataupun dari kantor. Kalo udah jauh, nanti kamu juga beresiko dateng terlambat. Wah ini bahaya buat penilaian kamu nantinya soal kedisplinan waktu.

  1. Jadwal dan Masa Magang

Perhatikan jadwal magang, jangan sampe mengganggu waktu kuliah kamu dan juga masa magangnya berapa lama. Biasanya ada yang 2,3 atau bahkan sampe 6 bulan, tergangung kebijakan masing-masing perusahaan. Nah kamu harus menyesuaikan jadwal dan masa magang kamu ini dengaan waktu kuliah kamu ya, jangan sampe mengabaikan salah satunya, keduanya harus berjalan seimbang.

  1. Skill, Pengalaman dan Relasi

Terakhir yang gak kalah penting adalah pertimbangan apa yang bisa kamu dapatkan dan kamu bawa setelah magang, seperti skill dan juga pengalaman. Jangan sampe kamu menyia-nyiakan waktu magang kamu ya. Selain itu, relasi juga jadi bagian penting dalam magang. Karena relasi ini berguna banget untuk karir kamu nantinya.

Nah itu dia tips dalam memilih tempat magang. Inget ya YOTers, kamu harus gunakan waktu magang kamu dengan sebaik-baiknya. Asah skill kamu selama magang dan kenalan sama banyak orang. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya selama magang. Semangat buat kamu yang sedang magang maupun yang akan menjalani masa magang!

2+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *