Gaji 8 Juta untuk Fresh Graduate, Hmmm Gimana?

Gaji 8 Juta untuk Fresh Graduate, Hmmm Gimana?

Dari kemaren linimasa media sosial lagi rame ngebahas soal postingan lulusan fresh graduate Universitas Indonesia yang gak mau digaji 8 juta karena dia adalah lulusan salah satu perguruan tinggi Negeri terbaik di Indonesia tersebut. Dari kata-katanya yang dia posting di Instagram Story nya, dia gak mau digaji 8 juta karena dia adalah lulusan UI dan merasa kalo lulusan UI itu gak selevel dengan lulusan universitas lain. Karena lulusan UI itu levelnya bekerja di perusahaan Luar Negeri. Katanya, ya bisa aja sih kerja di perusahaan lokal, asalkan gajinya ‘cucok’. Mungkin maksudnya cucok tuh ya di atas 8 juta ya gajinya.

Ok kita bedah satu-satu deh. Dari soal status fresh graduate nya. Kalo nanya ke beberapa orang udah pasti jawabannya beda-beda. Mereka yang gak setuju ngasih alasan kalo fresh graduate itu harus terima dapet kerja apa aja, karena yang penting dapet pengalaman kerjanya untuk ke level pekerjaan berikutnya. Ada yang bilang fresh graduate itu kerja apa aja asalkan sesuai dengan minat dan passion nya. Kedua jawaban ini tentu akan mengarah ke satu poin yaitu, gaji gak usah dipermasalahin untuk pertama kali kerja. Jadi untuk fresh graduate, jangan dulu mikirin gaji deh pertama kali kerja.

Gaji 8 Juta

Curahan hati fresh graduate Universitas Indonesia tentang Gaji 8 Juta yang lagi viral

Dari soal status lulusan Universitas Indonesia, sebenernya lulusan manapun itu bukan jadi patokan kamu layak atau enggak digaji 8 juta untuk status fresh graduate. Karena, saat ini lulusan dari universitas mana bukan jadi penilaian utama, yang terpenting adalah kamu harus punya skill yang mumpuni dan attitude yang baik. Nah ternyata soal gaji fresh graduate UI sendiri ada penelitiannya dari Tracer Study Universitas Indonesia yang dirilis Career Development Centre di periode 2017-2018, rinciannya adalah:

Kurang dari Rp 3 juta = 7,7%

Rp 3 – 6 juta = 46,2%

Rp 6 – 9 juta = 25,5%

Rp 9 – 12 juta = 11,3%

Rp 12 – 15 juta = 3,5%

Rp 15 juta = 5,7%

Balik lagi, soal besarnya gaji itu disesuaikan dengan skill kamu. Kalo si lulusan UI yang mengeluh tadi memang punya skill yang tinggi atau berasal dari jurusan yang industrinya bakal ngegaji besar meskipun masih fresh graduate, seperti Kedokteran, IT, Teknik ya bakal digaji besar.

Jadi, kembali lagi ke diri kita. Kalo kita minta digaji besar, apakah kita sudah memenuhi kriteria yang diminta? Apakah kita layak untuk dapet gaji yang besar dengan kemampuan yang kita punya? Gak ada salahnya kok kalo kita punya standar gaji yang kita pengenin, tapi apakah itu sesuai dengan skill yang kita miliki? Apakah layak dengan attitude yang kita punya?

Pelajaran lain yang bisa diambil adalah hati-hati dalam ber-media sosial. Jangan sampe kayak postingan 8 juta ini, awalnya cuma mau share curahan hati malah akhirnya viral dan diomongin sama warganet. Ini juga berpengaruh sama reputasi diri kita terhadap perusahaan yang melihat. Hmm nanti yang ada bakal jadi daftar blacklist nya para HRD.

3+

2 thoughts on “Gaji 8 Juta untuk Fresh Graduate, Hmmm Gimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *