Inilah Soft Skill yang Harus Kamu Dapatkan Saat Kuliah!

Inilah Soft Skill yang Harus Kamu Dapatkan Selama Kuliah!

Seperti yang udah pernah kita bahas, kuliah itu merupakan waktu transisi dari sekolah ke dunia profesional. Nah, makanya, kuliah itu jangan kuliah pulang-kuliah pulang alias jangan jadi mahasiswa kupu-kupu. Kamu harus ikutan berbagai kegiatan atau organisasi untuk mengasah soft skill kamu. Karena, soft skill ini jadi bekal buat kamu kerja nanti. Lalu, soft skill apa aja yang harus kamu dapatkan selama kuliah?

  1. Kerjasama Tim

Pertama adalah kerjasama tim. Karena, nanti pas kerja pastinya kamu gak akan kerja sendirian alias kamu akan kerja bareng tim. Nah, dengan ikutan organisasi pas kuliah, kamu bisa mengasah kemampuan kerjasama tim kamu. Kamu bisa memahami berbagai karakter di satu lingkungan, gimana cara menghadapi berbagai karakter tersebut dan tentunya juga belajar kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

  1. Kepemimpinan

Gak kalah penting adalah kepemimpinan. Gak ada yang tau kan kali aja nanti pas berapa bulan kerja, kamu ditunjuk sebagai project officer. Hmm di sini berarti kamu harus memimpin tim yang kamu punya nantinya supaya project-nya berjalan lancar. Makanya, ikutan organisasi waktu kuliah. Nah, kalo kamu ditunjuk jadi pemimpin di organisasi, kamu juga harus siap, jangan ragu apalagi takut. Justru di situlah waktu yang tepat untuk belajar dan melatih kepemimpinan kamu. Eh, kalo bisa sih gak usah pake ditunjuk dulu, tapi inisiatif mau jadi pemimpin 😀

  1. Manajemen Waktu

Gak semua orang punya kemampuan untuk mengatur waktu dengan tepat alias porsi yang seimbang. Kalo pas kuliah kamu juga ikutan organisasi, tentu ini akan menjadi poin plus ketika kamu melamar kerja nanti. Karena kamu dinilai mampu untuk membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Di mana kemampuan membagi waktu ini sangat diperlukan ketika bekerja, karena kamu pasti nantinya akan mendapatkan banyak tugas untuk diselesaikan dan kamu harus bisa membagi waktu antar pekerjaan.

  1. Public Speaking

Nah ini nih yang sering dilupain sama kebanyakan mahasiswa bahkan first jobber. Ngomong di depan temen-temen satu gank sih bisa. Nah, kalo ngomong di depan umum bisa gak? Kemampuan public speaking tuh penting banget lho, YOTers. Apalagi pas kerja nanti kamu akan bertemu banyak orang dan kamu bakalan presentasi di internal dan eksternal kantor. Hmm kalo kamu ikutan organisasi sih, udah pasti kamu udah lebih terlatih untuk ngomong di depan umum.

  1. Adaptasi

Kemampuan untuk menyesuaikan diri juga penting banget nih, YOTers. Karena pas kerja nanti kamu akan ketemu banyak orang baru. Kalo kamu gak bisa beradaptasi dengan cepat dan baik, pastinya juga akan ngaruh ke kerjaan kamu. Oh iya, beradaptasi itu gak cuma dengan lingkungan kerja aja, tapi juga dengan budaya perusahaan.

  1. Problem Solving

Kemampuan untuk menyelesaikan masalah juga sangat diperlukan saat bekerja nanti. Karena, nantinya kamu akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang ada dan kamu harus mengambil keputusan dengan cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Melatih kemampuan ini bisa dari organisasi pas kuliah, YOTers.

  1. Critical Thinking

Terakhir tapi gak kalah penting adalah berpikir kritis. Saat kerja nanti kamu dituntut untuk bisa menyampaikan pendapat alias kamu dituntut untuk aktif. Nyambung sama poin keenam, saat diminta untuk menyelesaikan masalah, kamu harus memikirikan jalan keluar dengan sebaik-baiknya. Nah, latih deh critical thinking kamu terhadap materi atau tugas yang diberikan dosen kamu di kelas.

Nah itu dia soft skill yang harus kamu dapatkan saat kuliah. Eits, tapi jangan lupain juga hard skill nya. Karena dua-duanya sama-sama penting dan diperlukan saat bekerja. Semangat YOTers!

5+

One thought on “Inilah Soft Skill yang Harus Kamu Dapatkan Saat Kuliah!

  1. Arif SW says:

    Saya dulu waktu kuliah sambil kerja. Jadi waktu buat organisasi sangat minim. Tpi namanya keinginan ya bisa juga berorganisasi..

    Dulu ikut UKM teater. Sangat bagus buat mengasah softskill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *