Berbagai Jawaban yang Bikin Kamu Ditolak Interview Kerja

Berbagai Jawaban yang Bikin Kamu Ditolak Interview Kerja

“Kayaknya interview kerja kemarin lancar-lancar aja. Tapi, kok gak dipanggil-panggil lagi ya? Emangnya ada yang salah dari jawaban aku ya?”

Siapa nih dari kalian yang sering ngerasa kayak gini? Sering bingung kenapa setelah wawancara kerja kok gak ada kelanjutannya lagi, padahal pas wawancara lancar-lancar aja dan bisa ngejawab semuanya dengan baik. Nah, kalo kamu pernah, sedang atau sering ngerasa kayak gini, bisa jadi jawaban yang kamu kasih pas interview itu salah. HMMMM emang, jawaban apa aja yang bisa kamu ditolak kerja? Berikut ini daftar pertanyaannya dan jawaban yang SALAH serta yang benar.

  1. Pertanyaan: Kenapa Anda Resign dari Kantor Lama?

Jawaban yang Salah: Saya tidak sesuai dengan atasan dan lingkungan, Juga gaji saya

Jawaban yang Benar: Karena ingin mencari kesempatan baru dan memaksimalkan kompetensi yang saya miliki

Jangan pernah mengungkit keburukan kantor lama kamu, contohnya kayak jawaban di atas. Ini bakal ngaruh banget ke reputasi kamu. Kalo kamu jawab kayak gitu, udah pasti ngga akan diproses lebih lanjut ke tahap interview selanjutnya.

  1. Pertanyaan: Kenapa Kamu Ingin Bekerja di sini?

Jawaban yang Salah: Karena saya membutuhkan uang dan pekerjaan

Jawaban yang Benar: Karena reputasi perusahaan ini bagus dan juga inovatif

Jangan pernah ngungkit-ngungkit soal gaji ketika interview kerja. Kalo kamu jawab kayak gini, akan memberikan kesan kamu mengemis pekejaan dan terkesan ‘yang penting dapet kerja deh.’

  1. Pertanyaan: Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Jawaban yang Salah: Saya tidak punya kekurangan

Jawaban yang Benar: Saya memiliki kekurangan mengatur skala prioritas, tetapi saya memperbaiki kekurangan tersebut dengan mencatat to-do list di HP saya.

Jangan menjawab kalo kamu gak punya kekurangan, karena itu akan memberikan kesan kalo kamu orang yang tidak mau mengakui kesalahan. Setiap orang punya kekurangan, jadi jawab aja tapi kamu juga sertakan kalo kamu sedang berusaha memperbaiki kekurangan tersebut.

  1. Pertanyaan: Apa Kesan Anda Tentang Perusahaan Anda yang Sebelumnya?

Jawaban yang Salah: Tidak profesional, manajemennya buruk

Jawaban yang Benar: Saya banyak belajar dari perusahaan saya yang sebelumnya. Saya belajar dari berbagai lintas divisi.

Sama kayak nomor satu, jangan pernah mengungkapkan keburukan perusahaan kamu, meskipun memang kenyataannya banyak keburukannya. Tapi, jangan pernah ungkapkan hal tersebut saat interview kerja. Kamu bisa ambil sisi baik dari perusahaan lama kamu yang sebelumnya untuk diceritakan.

  1. Pertanyaan: Berapa Gaji yang Anda Minta?

Jawaban yang Salah: Terserah, saya menyesuaikan saja dengan perusahaan ini

Jawaban yang Benar: Sesuai dengan jabatan dan tingkatan pekerjaan yang saya lamar, saya menginginkan gaji di angka Rp 5.000.000

Jangan jawab terserah. Kamu harus punya standar mengenai gaji kamu. Kamu bisa cari tahu dulu dengan bertanya ke saudara atau teman kamu mengenai standar gaji ini.

  1. Pertanyaan: Apa Impian Kamu 5 Tahun Ke Depan

Jawaban yang Salah: Tidak ada, mengikuti kehidupan berjalan saja

Jawaban yang Benar: Mencapai jenjang karir yang sesuai dengan passion saya

Kalo kamu jawab kayak jawaban salah di atas, ya itu udah pasti mencerminkan kalo kamu itu orang yang pesimis dan gak mau berusaha. Ya gimana kamu mau berkontribusi buat pekerjaan kalo kamu pasrahan kayak gitu?

  1. Pertanyaan: Sesi Wawancara Sudah Berakhir. Apakah Anda Punya Pertanyaan?

Jawaban yang Salah: Tidak ada, terima kasih.

Jawaban yang Benar: “Bagaimana budaya perusahaan di sini?” atau “Apa project yang sedang dikerjakan oleh perusahaan ini?”

Nah, jangan pernah gak mengajukan pertanyaan ketika sesi wawancara berakhir. Dengan bertanya, kamu menunjukkan kalo kamu tertarik dan sangat antusias terhadap perusahaan tersebut. Kamu juga dianggap menghargai panggilan interview tersebut.

Nah itu dia jawaban yang bikin kamu ditolak kerja pas interview. Maka dari itu, persiapkan diri kamu sebaik-baiknya, termasuk juga dengan pertanyaan yang kemungkinan akan diberikan oleh HRD. Persiapan yang baik tentunya akan memberikan hasil yang baik juga. Semangat YOTers!

6+

2 thoughts on “Berbagai Jawaban yang Bikin Kamu Ditolak Interview Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *