Tips Biar Gak Gugup Saat Presentasi

Presentasi memang jadi suatu momen yang menakutkan, apalagi untuk yang belum pernah melakukannya sama sekali. Gak jarang, banyak yang suka gugup hingga akhirnya berpengaruh terhadap hasil presentasinya itu sendiri. Terus, gimana tipsnya biar gak gugup saat presentasi? Berikut tipsnya:

  1. Lakukan Persiapan yang Matang

Kamu harus mempersiapkan diri kamu dengan berbagai pertanyaan yang kemungkinan akan diajukan saat kamu presentasi. Selain itu, siapkan juga baju yang akan kamu pakai. Pastikan rapi dan juga nyaman ya. Berbagai peralatan yang mendukung jalannya presentasi, seperti laptop, materi presentasi dan sebagainya juga harus kamu siapkan ya.

  1. Menguasai Materi dan Jangan Menghafal

Ada baiknya materi presentasi itu gak kamu hafalkan, tetapi kamu pahami. Karena, kalau menghafal ada kemungkinan kamu akan lupa. Hal itu dipengaruhi karena kamu gugup saat kamu ingin presentasi. Kalau kamu paham materinya, pastinya kamu akan lebih mudah untuk menyampaikan isi presentasi kamu.

  1. Minum Air Putih

Banyak khasiat yang bisa kamu rasakan dengan minum air putih, salah satunya untuk menghilangkan grogi. Minum air putih juga bisa membuat suaramu terdengar lebih lantang, jelas dan meyakinkan.

  1. Kenali dan Menyapa Audiens

Dengan mengenal audiens, kamu bisa menyesuaikan dan mempersiapkan diri kamu mengenai gesture, bahasa dan pola komunikasi apa yang mau kamu gunakan saat presentasi. Sebelum memulai presentasi, ada baiknya kamu menyapa audiens kamu untuk mengurangi rasa grogi.

  1. Datang Lebih Awal

Banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan dengan datang lebih awal, selain kamu bisa mengenal audiensmu, kamu juga bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kamu untuk presentasi nantinya. Selain itu, datang lebih awal juga bisa membuat kamu lebih fokus dibandingkan datang terlambat dan mempersiapkan semuanya dengan tergesa-gesa.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *