Etika yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Resign

Saat kamu memutuskan untuk resign atau keluar dari pekerjaanmu, perlihatkanlah etika yang baik. Sama halnya saat kamu pertama kali masuk kerja, pastinya kamu memiliki dan memperhatikan etika yang seharusnya dimiliki oleh seorang profesional, meskipun kamu seorang fresh graduate. Etika apa saja yang harus kamu perhatikan saat kamu ingin resign? Berikut ini penjelasannya:

  1. Jangan Berhenti Kerja Secara Mendadak

Saat kamu memutuskan untuk resign, pastikan jangan mendadak ya. Waktu yang ideal untuk mengajukan permohonan resign adalah dua minggu sampai satu bulan sebelumnya. Karena, perusahaan tempatmu bekerja juga pastinya membutuhkan waktu untuk mencari penggantimu dan kamu juga bertanggung jawab untuk transfer knowledge mengenai pekerjaanmu kepada penggantimu nantinya.

  1. Hindari Drama

Drama yang dimaksud adalah kamu mengajukan resign sambil menangis, memohon sama HRD atau atasan kamu karena kamu sudah gak tahan berada di kantor. Kalau ada masalah, ada baiknya kamu selesaikan dengan baik-baik daripada kamu resign dengan membawa masalah baru. Kamu harus ingat YOTers, kalau tekanan bekerja pasti akan ditemukan di mana saja. Maka dari itu, pikirkan baik-baik pula saat kamu memutuskan ingin resign, jangan berdasarkan emosional semata ya.

  1. Menyelesaikan Tanggung Jawab

Jangan sampai kemu resign dengan meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya kamu selesaikan. Pastikan semua pekerjaanmu selesai dengan benar dan tepat waktu. Bukan karena kamu mau resign, lalu kamu bekerja secara asal-asalan. Buatlah kesan yang menarik saat kamu ingin resign, tetap tunjukkan kontribusi terbaikmu dalam bekerja.

  1. Berterima Kasih dan Menjaga Hubungan Baik

Etika lain yang gak boleh kamu lupakan adalah mengucapkan terima kasih kepada atasan dan rekan kerjamu. Sangat penting untuk bisa menjaga hubungan baik dengan rekan kerjamu. Meskipun sudah gak satu lingkungan lagi, kamu tetap harus menjaga komunikasi dengan mereka. Karena, gak menutup kemungkinan kamu akan bekerjasama lagi dengan mereka.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *